7 Makanan untuk Meningkatkan Jumlah Trombosit

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Trombosit, meningkatkan trombosit

Halodoc, Jakarta - Pernah alami gejala seperti kelelahan, tubuh mudah memar, dan gusi terus alami perdarahan? Beberapa gejala ini sebetulnya mengindikasikan bahwa kamu memiliki tingkat trombosit yang rendah.

Trombosit adalah sel darah yang fungsi utamanya adalah membantu proses pembekuan darah. Nah, di dalam dunia medis, kondisi saat jumlah trombosit yang rendah disebut trombositopenia.

Beberapa hal seperti infeksi, leukemia, perawatan kanker, penyalahgunaan alkohol, sirosis hati, pembesaran limpa, sepsis, penyakit autoimun, dan konsumsi obat-obatan tertentu adalah hal-hal yang bisa sebabkan seseorang alami trombositopenia.

Jika usai pemeriksaan di rumah sakit dan tes darah menunjukkan jumlah trombosit rendah (di bawah 150.000 trombosit per mikroliter), penting untuk segera mengunjungi dokter untuk mengetahui penyebab dan langkah perawatannya. 

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Kurang Darah & Darah Rendah

Makanan untuk Tingkatkan Jumlah Trombosit

Jika kamu memiliki jumlah trombosit yang sangat rendah, kemungkinan kamu memerlukan perawatan medis untuk menghindari komplikasi. Jika kamu mengidap trombositopenia ringan, kamu disarankan untuk meningkatkan jumlah trombosit melalui diet dan suplemen.

Melansir dari Healthline, berikut ini jenis makanan yang bisa meningkatkan jumlah trombosit, yakni: 

  • Gandum Utuh. Gandum dipercaya mampu dapat menaikkan jumlah trombosit. Gandum kaya nutrisi, serat, mineral, dan vitamin yang baik untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh.

  • Sayuran Hijau. Beberapa jenis sayuran hijau seperti kubis, selada, bayam, kangkung, dan brokoli adalah sumber vitamin K yang tinggi. Vitamin K memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah, sehingga mampu meningkatkan jumlah dan kekuatan platelet darah. Selain itu, sayuran hijau berperan dalam memisahkan sel trombosit yang saling menempel.

  • Kurma. Makanan ini biasanya disarankan untuk makanan berbuka puasa, tetapi untuk mereka yang alami penurunan kadar trombosit, kurma juga pilihan yang tepat. Kurma mengandung banyak mineral, vitamin, dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, adanya kandungan vitamin K pada kurma membuat buah ini dipercaya mampu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh.

  • Jambu Biji. Jambu biji mempunyai zat aktif di dalamnya yang disebut trombino. Zat ini mampu merangsang trombopoietin lebih aktif, sehingga dapat menghasilkan keping darah yang lebih banyak.

  • Buah Delima. Buah delima mengandung zat besi tinggi yang mampu meningkatkan kadar trombosit dalam darah dan sel darah merah. Tidak hanya itu, buah delima juga kaya akan mineral dan vitamin.

  • Buah Kiwi. Buah kiwi mengandung cukup banyak kandungan vitamin K. Vitamin ini berperan penting dalam proses pembekuan darah bersama dengan trombosit. Dengan adanya vitamin K dalam tubuh, maka dapat merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak trombosit.

  • Buah Jeruk. Salah satu penyebab turunnya trombosit dalam darah adalah kurangnya asupan folat atau vitamin B9. Nah, dengan mengkonsumsi buah jeruk, maka hal ini membantu meningkatkan jumlah folat dalam tubuh.

Baca juga: Perlunya Ubah Gaya Hidup untuk Cegah Trombositopenia

Sementara itu, ketahui beberapa jenis makanan yang mampu menurunkan jumlah trombosit seperti kina, yang bisa ditemukan dalam air tonik, alkohol, jus cranberry, dan susu sapi.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Jika tidak ditangani dengan baik, trombositopenia menyebabkan komplikasi serius. Segera periksakan diri ke rumah sakit jika kamu mengalami beberapa gejala yang semakin parah, seperti misalnya: 

  • Perdarahan yang berlebihan;

  • Terjadi perdarahan dari mulut atau hidung setelah menyikat gigi;

  • Sakit kepala karena cedera ringan;

  • Mudah memar dan semakin buruk dari waktu ke waktu.

Baca juga: Darah Berlebihan Saat Menstruasi, Benarkah Gejala Trombositopenia?

Gejala-gejala ini menunjukkan trombositopenia yang lebih parah yang hanya dapat diatasi dengan perawatan medis. Segera buat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2019. How can I Increase My Platelet Count Naturally?
Healthline. Diakses pada 2019. How to Naturally Increase Your Platelet Count.
Thrombocyte. Diakses pada 2019. 10 Foods That Increase Low Platelet Count.