• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Anjing Peliharaan

7 Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Anjing Peliharaan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sebagai pemilik anjing, tentu kamu ingin memberikan makanan terbaik, lezat, dan bergizi. Apalagi anjing adalah salah satu hewan yang suka makan. Hanya saja, ada beberapa makanan yang perlu diperhatikan sebelum memberikannya pada anjing. Karena beberapa jenis makanan sebaiknya dihindari diberikan pada anjing peliharaan.

Banyak makanan, seperti buah-buahan dan sayuran yang dapat merusak tubuh anjing dan menyebabkan masalah kesehatan yang parah. Sebelum memberikan makanan untuk anjing, pelajari makanan apa saja yang aman dikonsumsinya. Selalu perhatikan makanan tersebut aman dan bermanfaat untuk anjing kesayanganmu. 

Baca juga: 8 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Stres

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Anjing Peliharaan

Inilah beberapa makanan yang sebaiknya tidak kamu berikan pada anjing peliharaanmu:

  • Bacon dan Daging Berlemak

Makanan berlemak tinggi seperti bacon, ham, atau potongan daging yang terlalu banyak bisa menyebabkan pankreatitis pada anjing. Makanan ini biasanya mengandung banyak garam yang bisa menyebabkan anjing sakit perut. 

  • Makanan Asin

Makanan bergaram bisa menyebabkan kondisi yang disebut keracunan ion natrium, rasa haus dan buang air kecil yang berlebihan. Gejala terlalu banyak makan makanan asin yaitu muntah, diare, suhu tubuh tinggi, kejang, dan kembung. Garam bisa berakibat fatal pada anjing, jadi sebaiknya kurangi atau hindari makanan asing bagi anjing peliharaan kamu. 

  • Bawang Putih dan Bawang Merah

Kombinasi bumbu dapur ini dapat menyebabkan iritasi pada mulut dan saluran pencernaan. Hal yang perlu diwaspadai, bahwa bawang dapat menghancurkan sel darah merah anjing, yang menyebabkannya anemia jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

Tetap waspadai kandungan bawang baik dalam porsi kecil ataupun besar. Gejala yang dapat terjadi yaitu kelemahan, muntah, sesak napas, dan kehilangan nafsu makan.

Baca juga: 5 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Alergi

  • Alpukat

Alpukat mengandung zat yang disebut persin. Zat ini bisa menyebabkan muntah atau diare pada anjing. Kandungan persin ada di daun, biji, kulit, dan daging alpukat. Sebaiknya hindari memberikan buah ini pada anjing. 

  • Daging dan Ikan Mentah

Daging dan ikan mentah dapat mengandung bakteri yang menyebabkan keracunan makanan pada anjing. Beberapa ikan seperti salmon, memiliki parasit yang menyebabkan keracunan. Pemberian daging mentah juga berisiko terjadinya infeksi salmonella dan E.coli

Sebagian besar infeksi terjadi pada anjing dengan sistem kekebalan lemah ataupun sehat. Meskipun kondisi ini bisa diobati, namun sebaiknya dihindari. Gejala yang dapat terlihat yaitu muntah, demam, dan kelenjar getah bening yang membesar. Jadi sebaiknya masak daging hingga matang sebelum diberikan ke anjing kesayangan. 

  • Cokelat

Cokelat cukup berbahaya bagi anjing. Jumlah dan jenis cokelat yang dikonsumsi menentukan gejala dan tingkat keracunan yang akan dialami anjing. Gejala keracunan cokelat berupa muntah, diare, rasa haus meningkat, perut tidak nyaman, lesu, tremor otot, detak jantung tidak teratur, suhu tubuh tinggi, dan kejang. 

Semakin pekat cokelat, maka semakin berbahaya bagi anjing. Cokelat juga diketahui mengandung kafein yang tinggi yang menyebabkan toksikosis pada anjing. 

Baca juga: Pentingnya Memberikan Vaksin pada Anjing Peliharaan

  • Produk Susu (Keju, Es Krim)

Perlu diketahui bahwa tubuh anjing tidak mampu memproses susu sapi. Meskipun beberapa anjing mampu mencerna produk susu, tapi kebanyakan anjing tidak toleran terhadap laktosa. Produk susu seperti keju dan es krim menyebabkan anjing muntah, diare, atau penyakit gastrointestinal. Kandungan lemak yang tinggi dapat menyebabkan pankreatitis, seperti halnya daging berlemak. 

Itulah yang perlu kamu ketahui mengenai makanan yang sebaiknya dihindari oleh anjing peliharaan. Jika anjing kesayangan kamu mengalami masalah kesehatan setelah makan makanan yang tidak seharusnya diberikan, sebaiknya hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan penanganan. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Human Foods Dogs Can and Can’t Eat
Hill’s. Diakses pada 2021. Human Foods That Are Dangerous for Your Dog
WebMD. Diakses pada 2021. Slideshow: Foods Your Dog Should Never Eat
Dogtime. Diakses pada 2021. 10 Foods That Are Bad For Dogs