• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Membaca Buku untuk Otak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Membaca Buku untuk Otak

7 Manfaat Membaca Buku untuk Otak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 April 2022

“Membaca buku jadi salah satu kegiatan yang dapat menunjang kesehatan otak. Termasuk memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer, meningkatkan daya ingat dan kemampuan komunikasi, serta menurunkan risiko depresi.

7 Manfaat Membaca Buku untuk Otak

Halodoc, Jakarta – Membaca buku bukan hanya bisa dijadikan sebagai sarana hiburan saja. Kamu juga bisa memperoleh wawasan yang belum pernah diketahui. Kegiatan positif ini juga dapat menunjang kesehatan otak dalam jangka panjang. Lantas, apa saja manfaat baca buku bagi kesehatan otak?

1. Memperlambat Perkembangan Penyakit Alzheimer

Bagi pengidap Alzheimer, menjalankan pengobatan yang disarankan oleh dokter menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini. Namun, membaca buku dapat menurunkan risiko terbentuknya protein beta amyloid dalam otak yang meningkatkan risiko Alzheimer.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat baca buku selanjutnya adalah meningkatkan daya ingat. Ketika membaca, neurobiologis juga memproses gambar maupun ucapan yang muncul pada buku. Bagian otak yang mengatur penglihatan dan bahasa bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang kamu mengerti dan lebih mudah untuk diingat.

3. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi

Meningkatkan kemampuan konsentrasi jadi manfaat baca buku selanjutnya. Membaca mampu meningkatkan kemampuan konsentrasi menjadi lebih baik. Untuk mendapatkan manfaatnya, cobalah rutin membaca buku agar kemampuan konsentrasi semakin terasah dengan baik.

4. Menurunkan Risiko Stres dan Depresi

Manfaat baca buku selanjutnya adalah menurunkan risiko stres dan depresi. Membaca buku efektif dalam menurunkan stres dibandingkan berjalan kaki atau mendengarkan lagu. Jadi, tidak ada salahnya membiasakan diri untuk membaca agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik.

5. Hiburan Murah

Buku menjadi salah satu hiburan murah dan mudah ditemui. Tidak perlu mengeluarkan kocek tambahan, kamu bisa sesekali mengunjungi perpustakaan untuk mendapatkan buku yang kamu inginkan. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam jenis, seperti cerita fiksi, novel, hingga buku dengan cerita yang menarik.

6. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Meningkatkan kemampuan berkomunikasi jadi salah satu manfaat baca buku. Rajin membaca buku akan menambah kosakata yang dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Agar tampak lebih berwawasan, kamu juga bisa mengaplikasikan istilah-istilah baru untuk mengobrol dengan client dari kantor.

7. Menurunkan Risiko Demensia

Manfaat baca buku yang terakhir adalah menurunkan risiko demensia. Melansir dari JAMA Psychiatry, kegiatan membaca yang dilakukan setiap hari dapat menurunkan risiko demensia pada seseorang yang berusia di atas 65 tahun. Jika dilakukan lebih awal, kamu bisa saja terhindar dari risiko demensia di kemudian hari.

Itulah beberapa manfaat baca buku bagi kesehatan otak. Selain membaca, kamu juga bisa menunjang kesehatan otak dengan melakukan aktivitas fisik, memperbaiki pola makan, menjaga tekanan darah, dan menghindari rokok serta alkohol. Jika mengalami gangguan kesehatan tertentu, disarankan untuk segera memeriksakan diri di rumah sakit terdekat.

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silahkan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Bustle. Diakses pada 2022. What Does Reading Do To Your Brain? These 5 Effects Are Pretty Astounding.
Huffpost. Diakses pada 2022. Five Ways Reading Can Improve Health and Well Being.
The Best Brain Possible. Diakses pada 2022. 7 Ways Reading Benefits Your Brain.
Caring Everyday. Diakses pada 2022. The Benefits of Reading for The Brain.
JAMA Psychiatry. Diakses pada 2022. Association of Daily Intellectual Activities With Lower Risk of Incident Dementia Among Older Chinese Adults.