02 August 2018

7 Pilihan Menu MPASI dengan Baby Led Weaning

baby lead weaning, menu mpasi, mpasi

Halodoc, Jakarta - Metode baby led weaning atau BLW dalam memberikan makanan pengganti ASI untuk anak kini tengah digemari, terlebih untuk ibu modern. Cara ini membebaskan Si Kecil untuk makan apa saja yang ia inginkan. Kabarnya, baby led weaning membuat sang buah hati lebih menikmati makanannya, karena ia akan belajar bagaimana memasukkan makanan ke dalam mulut, mengunyah, dan menelannya. Anak pun akan belajar berbagai bentuk, tekstur, dan rasa makanan dengan metode ini.

Nah, apabila Si Kecil sudah siap untuk bereksplorasi dengan makanan pertamanya, ibu bisa menyiapkan beberapa menu MPASI berikut ini.

1. Brokoli Kukus

Ketika mengenalkan MPASI pertama untuk sang buah hati, tidak sedikit ibu yang memilih brokoli. Tidak hanya bergizi tinggi, brokoli juga memiliki bentuk yang mudah digenggam oleh anak. Rasanya pun sangat lezat. Agar anak tidak kesulitan mengunyah, sebaiknya ibu merebus brokoli hingga empuk, tetapi tidak terlalu lembek. Namun, sebaiknya tunda pemberian menu ini apabila anak memiliki perut sensitif, karena brokoli mengandung banyak gas dan bisa memicu terjadinya perut kembung.

2. Jagung Manis

Butiran jagung yang berukuran kecil tentu menarik minat anak untuk menggenggamnya. Terlebih lagi jika ketika dimasukkan ke mulut, butiran ini cenderung berjatuhan. Namun, jagung manis menjadi menu MPASI berikutnya yang tepat diberikan untuk anak dengan metode baby led weaning, karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat anak mudah mengunyah dan menelannya.

3. Alpukat

Buah alpukat mengandung berbagai lemak baik yang berperan penting dalam mengoptimalkan kinerja otak anak. Buah ini juga memiliki tekstur yang lembut dan mudah digenggam oleh anak, sehingga menjadi menu MPASI yang baik bahkan untuk anak yang belum memiliki gigi. Rasanya juga enak, dan bisa menjadi menu yang dihancurkan atau pun dimakan dalam bentuk potongan.

Baca juga: Tips Menyiapkan MPASI pertama untuk Si Kecil

4. Irisan Mangga

Mangga adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan A, sehingga buah ini bisa menjadi alternatif pengganti wortel untuk menunjang kesehatan mata Si Kecil. Buah ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk, sehingga mudah dikunyah oleh bayi. Supaya lebih mudah memegangnya, ibu bisa memotong buah ini tanpa menghilangkan bagian kulitnya.

5. Telur Rebus

Saat memberikan menu MPASI ini dengan metode baby led weaning, pastikan ibu merebus telurnya benar-benar matang. Setelah itu, irislah telur tadi menjadi empat irisan dan pisahkan bagian putih dan kuningnya. Telur menjadi sumber protein hewani yang sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan anak.

6. Daging Ayam

Daging ayam menjadi menu MPASI pertama yang disarankan untuk anak. Tekstur daging ayam jauh lebih lembut dibandingkan dengan daging sapi, sehingga ibu bisa memberikan daging sapi ketika Si Kecil sudah mulai mahir mengunyah. Selain telur, sumber protein hewani yang lain bisa ibu dapatkan dari daging.

7. Pisang

Pisang juga menjadi menu MPASI favorit ibu untuk Si Kecil yang sedang disapih. Buah ini mengandung karbohidrat yang baik untuk sumber tenaga. Buah ini juga bisa dikonsumsi dengan dilumatkan supaya lebih mudah ditelan.

Baca juga: Ingin Beri MPASI, Ikuti Dulu Tips Ini

Itu tadi beberapa jenis makanan MPASI pertama Si Kecil yang bisa diberikan dengan metode baby led weaning. Ibu perlu tetap mendampingi anak ketika ia makan supaya ia tidak mudah tersedak saat makan sendiri. Apabila ibu mendapati adanya gejala aneh pada sang buah hati, segera download dan buka aplikasi Halodoc. Pilih layanan Tanya Dokter dan utarakan apa yang sedang ibu alami. Aplikasi Halodoc juga bisa ibu pakai untuk membeli obat atau vitamin melalui layanan Apotek Antar.