30 May 2018

7 Tips Atasi Nyeri Menstruasi

7 Tips Atasi Nyeri Menstruasi

Halodoc, Jakarta - Ketika menstruasi datang, semua wanita tentu ingin melakukan rutinitas tanpa merasa nyeri pada perut atau bagian tubuh lainnya. Namun terkadang, dismenorea atau nyeri menstruasi datang mengganggu.

Nyeri ini disebabkan kram otot perut yang dirasakan di bagian perut bawah dan dapat menjalar ke punggung maupun paha. Nyeri menstruasi ini dapat dialami sebelum dan saat menstruasi berlangsung. Rasa nyeri yang dirasakan pun mulai dari ringan hingga berat dan bahkan bisa mengganggu rutinitas. Umumnya, rasa nyeri ini bisa berlangsung selama 2-3 hari.

Dismenorea ini sangat umum dialami ketika menstruasi. Pada penelitian didapatkan hampir 90 persen wanita pernah mengalaminya. Penyebab dismenorea adalah kontraksi otot rahim pada saat menstruasi. Kontraksi ini menyebabkan pembuluh darah pada rahim dan organ sekitarnya mengalami penekanan sehingga pasokan oksigen ke otot rahim pun berkurang. Hal ini lah yang menyebabkan nyeri menstruasi pada perut bagian bawah.

Apa saja tanda dan gejala nyeri menstruasi?

  1. Nyeri pada perut bagian bawah.
  2. Nyeri dapat menjalar sampai ke punggung dan paha.
  3. Nyeri kepala.
  4. Mual dan muntah.
  5. Buang air kecil lebih sering.
  6. Diare terkadang dapat juga dialami.

Bagaimana cara meredakan nyeri menstruasi?

  1. Mengompres perut bagian bawah dengan botol panas. Hal ini dapat membantu mengurangi nyeri.
  2. Mandi dengan air hangat. Hal ini dapat membantu kamu untuk lebih rileks.
  3. Relaksasi dengan melakukan yoga terbukti dapat membantu mengurangi nyeri.
  4. Berolahraga ringan seperti bersepeda dan jalan santai dapat dilakukan dengan intensitas rendah.
  5. Menghindari rokok dan minuman beralkohol karena dapat memperparah nyeri haid.
  6. Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B1, vitamin B6, vitamin E, magnesium, dan omega-3 dapat membantu mengurangi nyeri.
  7. Mengonsumsi obat pereda nyeri. Paracetamol adalah pilihan yang paling aman karena dijual bebas dan memiliki efek samping yang relatif sedikit.

Namun, jika nyeri yang dirasakan tidak membaik juga, kamu bisa menghubungi dokter Spesialis Kandungan di Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!.