23 May 2018

7 Tips Cegah Bibir Kering Saat Puasa

7 Tips Cegah Bibir Kering Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Bibir kering sering kali jadi masalah yang tidak bisa dihindari saat puasa. Pasalnya, tidak minum selama lebih dari 12 jam membuat tubuh jadi kekurangan cairan, sehingga kelenjar minyak di area bibir pun jadi berkurang atau malah habis sama sekali. Tapi jangan khawatir, ikuti saja tips-tips berikut untuk mencegah bibir kering saat puasa.

1. Kurangi Mengonsumsi Minuman Berkafein

Kebiasaan pertama yang bisa membuat bibirmu kering adalah minum terlalu banyak kopi atau teh. Pasalnya, kafein justru menimbulkan rasa haus setelah kamu meminumnya. Efek dehidrasi inilah yang dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah. Jadi, selama berpuasa, kamu sebaiknya kurangi minum minuman berkafein.

2. Banyak Minum Air Putih

Selama bulan puasa, mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sangat penting. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, cara ini juga bisa mencegah bibirmu menjadi kering. Jadi, minumlah minimal 8 gelas air putih per hari dengan pola seperti berikut, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, lalu 2 gelas saat sahur.

(Baca juga: Aturan Minum Air Putih saat Puasa)

3. Oleskan Bibir dengan Mentimun

Mentimun merupakan salah satu buah yang dikenal memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Selain itu, mentimun juga kaya akan kandungan vitamin C dan E, sehingga mentimun bisa digunakan untuk mencegah bibir kering saat puasa. Caranya, oleskan hasil parutan mentimun secara merata di permukaan bibir, lalu diamkan selama 10 menit. Kamu bisa melakukan perawatan bibir ini sebelum tidur atau saat sahur.

4. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Saat sahur dan berbuka, usahakanlah untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur-sayuran yang baik untuk kesehatan. Terutama buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, stroberi, jambu air, dan jeruk, karena dapat membantu mencegah bibir kering. Kamu juga bisa membuat smoothies bowl dengan yoghurt dan madu yang baik untuk meningkatkan kelembapan bibir.

5. Pakai Pelembap Bibir

Kurangnya asupan cairan, ditambah lagi dengan sinar matahari yang menyengat bisa memperparah bibir yang kering hingga mengelupas. Jadi, kamu disarankan untuk menggunakan lip balm atau lip moisturizer yang memiliki kandungan minimal SPF 15 untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari.

(Baca juga: Waspada 3 Lip Balm yang Dapat Merusak Bibir)

6. Eksfoliasi Bibir dengan Gula

Tahukah kamu, kulit bibir juga perlu melakukan eksfoliasi agar sel-sel kulit mati dapat terangkat dan bibir kembali lembut. Nah, salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengembalikan kelembutan bibir adalah gula. Caranya, campurkan dua sendok teh gula dengan satu sendok teh madu, lalu oleskan campuran tersebut ke seluruh permukaan bibir dengan menggunakan jari tangan. Diamkan selama beberapa saat, setelah itu, bersihkan bibir dengan air hangat. Lakukan eksfoliasi bibir minimal seminggu dua kali di malam hari sebelum tidur.

7. Hindari Terlalu Sering Menjilat Bibir

Bibir yang kering memang bikin kamu enggak nyaman dan ingin terus menjilatnya. Tapi usahakan untuk tidak melakukan hal tersebut, karena menjilat bibir dapat merusak pelindung pada bibir yang membuat bibir menjadi kering.

Itulah 7 tips mencegah bibir kering saat puasa. Kamu juga bisa lho membeli pelembap bibir lewat aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat fitur Apotik Antar, dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.