• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tips Mencegah Radang Tenggorokan setelah Lebaran
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tips Mencegah Radang Tenggorokan setelah Lebaran

7 Tips Mencegah Radang Tenggorokan setelah Lebaran

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Mei 2022

“Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah radang tenggorokan setelah Lebaran. Mulai dari cuci tangan secara teratur, minum air putih yang cukup, dan menghindari rokok.”

7 Tips Mencegah Radang Tenggorokan setelah Lebaran

Halodoc, Jakarta – Momen Lebaran setelah sebulan puasa selalu dimeriahkan oleh aneka hidangan lezat dan istimewa. Nah, penting untuk mengetahui cara mencegah radang tenggorokan agar kesehatan tubuh tetap terjaga setelah Lebaran.

Sebab, aneka hidangan Lebaran dapat menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi adalah radang tenggorokan. Yuk simak tips untuk mencegahnya!

Cara Mudah Mencegah Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan sering terjadi setelah Lebaran karena iritasi yang disebabkan oleh minuman dingin dan makanan yang terlalu pedas, asam, panas, atau dingin. 

Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan sembarangan, sehingga meningkatkan risiko kontaminasi bakteri penyebab radang tenggorokan.

Berikut ini beberapa tips mencegah radang tenggorokan setelah Lebaran:

  1. Cuci Tangan secara Teratur

Rutin cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, terutama setelah menggunakan fasilitas umum dan sebelum makan. Selain itu, cucilah tangan setelah  bersalam-salaman dengan orang lain. 

Risiko penularan bakteri penyebab radang tenggorokan bisa terjadi saat bersalam-salaman dengan banyak orang. Karena penyebab radang tenggorokan adalah infeksi kuman, seperti virus dan bakteri. Jadi, jangan lupa untuk cuci tangan secara teratur, ya.

  1. Jaga Kebersihan Rumah

Bersihkan barang-barang yang sering digunakan bersama di rumah. Selain itu, ada baiknya untuk tidak berbagi makanan, minuman, dan alat makan dengan orang yang tidak dikenal.

  1. Jaga Jarak dari Orang yang Sakit

Radang tenggorokan bisa menular dari orang ke orang. Jadi, untuk mencegah radang tenggorokan, kamu sebaiknya menjaga jarak fisik dari orang yang sedang sakit. 

  1. Jauhi Paparan Iritan

Paparan bahan tertentu bisa jadi pemicu radang tenggorokan. Misalnya asap rokok, sumber alergi, atau zat iritan lainnya. Jadi, penting untuk menjauhi paparan bahan yang bisa memicu, ya.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Tips lainnya untuk mencegah radang tenggorokan adalah dengan minum air putih yang cukup. Selain bisa menjaga kelembapan tenggorokan, minum air putih juga bisa membantu detoksifikasi tubuh dari kuman yang masuk.

  1. Hindari Kafein

Minuman berkafein seperti kopi, soda, dan sebagainya, dapat membuat tenggorokan kering. Jika dikonsumsi terlalu banyak, dapat membuat tenggorokan sakit, serta memicu dehidrasi.

  1. Jangan Merokok

Merokok berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan. Zat-zat berbahaya dalam rokok bisa mengiritasi pita suara dan menyebabkan rasa sakit di tenggorokan.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah radang tenggorokan setelah Lebaran. Selain itu, kamu perlu memastikan untuk menjaga tubuh tetap fit dengan cara berolahraga secara rutin, agar kekebalan tubuh terjaga dan kamu bisa terhindar dari banyak penyakit. 

Jangan biarkan radang tenggorokan terjadi mengganggu aktivitas harian, terlebih saat masih suasana lebaran. Kamu pasti masih ingin nyaman bersilaturahmi dengan keluarga lainnya bukan? Jadi, penting untuk menjaga terus kesehatan tenggorokan kamu.

Andaikan dirimu mengalami radang tenggorokan, pastikan untuk beristirahat, memperbanyak minum air putih dan cairan hangat. Kalau tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat.

Resep obat yang didapat dari dokter bisa kamu tebus dengan mudah melalui aplikasi Halodoc, lo. Jadi, jika mendapat resep dari dokter, segera download Halodoc untuk cek kebutuhan medis kamu, tanpa perlu keluar rumah.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Understanding Sore Throat — Prevention.
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Natural Remedies for Sore Throat.
Everyday Health. Diakses pada 2022. What Is a Sore Throat? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Prevention.
eMedicine Health. Diakses pada 2022. Laryngitis.