06 June 2018

7 Tips Mengatasi Anak Rewel Saat Bersilahturahmi di Hari Raya

7 Tips Mengatasi Anak Rewel Saat Bersilahturahmi di Hari Raya

Halodoc, Jakarta - Bagi Si Kecil, ajang silaturahmi itu enggak selamanya menyenangkan. Alasannya bisa beragam, mulai dari durasi yang terlalu lama, macet di perjalanan, terlalu banyak orang baru, dan lain sebagainya. Nah, inilah tantangan bagi ibu dan ayah agar mood anak terjaga dengan baik selama kunjungan tersebut.

Kata psikolog anak dan remaja, rangkaian persiapan agar anak enggak rewel saat bersilatuhrahmi, merupakan hal penting yang mesti diperhatikan. Apalagi bila anak masih balita, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan orangtua agar mood anak bisa terjaga sepanjang waktu.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan orangtua untuk mengatasi anak rewel agar mood tetap stabil:

(Baca juga: Biar Si Kecil Tetap Semangat, Ini Cara Menyiapkan Menu Buka Puasa)

 

  • Kenali Karakternya

 

Mengatasi anak rewel itu mudah asal orangtua tahu triknya. Setiap orangtua tentu sudah mengenal karakter Si Kecil, mulai dari jam tidur, makanan favorit, mainan favorit, dan lain sebagainya. Nah, rewel anak bisa jadi penanda apakah ini snack time atau jam tidur anak sudah tiba. Jadi, jangan terlalu fokus bersilaturahmi ya, perhatikan kondisi anak agar orangtua bisa mengatasi anak rewel tanpa  kerepotan.

  1. Jangan Lupakan Mainan Favoritnya

Bila Si Kecil memiliki mainan favorit seperti mobil-mobilan atau boneka, bawalah mainan tersebut untuk menghilangkan rasa penat di tengah perjalanan atau ketika tiba di tempat tujuan. Kata psikolog anak, sebaiknya bawalah mainan tersebut lebih dari satu agar dirinya enggak cepat merasa bosan. Lalu, berikan mainan itu satu persatu, bukannya sekaligus.

  1. Bawa Camilan Sehat

Namanya juga anak-anak, wajar saja bila masih sering memilih-milih makanan. Oleh sebab itu, ibu sebaiknya mempersiapkan makanan atau camilan sehat yang mereka sukai. Pasalnya, enggak menutup kemungkinan anak enggak merasa cocok dengan menu yang disiapkan oleh tuan rumah.

(Baca juga: Pilih Baju Lebaran Untuk Si Kecil, Ini yang Perlu Diperhatikan)

 

  • Bahas Situasi Sedetailnya

 

Agar anak punya gambaran mengenai kondisi yang akan dituju, cobalah beri tahu siapa saja yang akan mereka temui, berapa lama waktu perjalanan, hingga adakah teman sebaya di sana.

 

  • Jangan Memaksa Anak

 

Ibu dan ayah sebaiknya enggak perlu memaksa agar anak berbaur dengan para saudara. Yang perlu diketahui, anak biasanya akan menarik diri bila bertemu orang yang sudah lama tidak dijumpainya. Misalnya, menolak untuk diajak bersalaman.

Sayangnya, orangtua justru sering kali memaksa anak untuk melakukannya. Padahal, kata ahli, tidak mau bersalaman bukan artinya anak tidak menghormati atau semacamnya.

Alasannya simpel kok, anak cuma merasa belum nyaman atau malu dengan orang yang ditemuinya. Orangtua bisa kok memberikan pilihan pada anak. Misalnya, menyarankan dirinya untuk bersalaman ketika hendak pulang.

 

  • Kenalkan dengan Teman Sebaya

 

Agar anak enggak merasa bosan, cobalah untuk mengenalkan mereka dengan teman sebaya dari pihak keluarga lainnya. Dengan begitu mereka bisa menghabiskan waktu bersama untuk bermain. Enggak cuma itu, hal ini juga bisa mendukung kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi pada diri Si Kecil. Bermain dengan teman sebaya, bisa menjadi salah satu cara untuk membuatnya merasa tenang dan enggak rewel atau merengek minta pulang.

 

  • Pertimbangkan Jarak Tempuh dan Kegiatan Menyenangkan

 

Ingat, jarak yang jauh apalagi ditambah dengan kemacetan tentunya akan memengaruhi suasana hati mereka. Oleh sebab itu, ibu perlu menyiapkan berbagai aktivitas menyenangkan untuk mengisi waktu baik dalam perjalanan maupun ketika bersitirahat. Tujuannya, agar anak enggak merasa bosan selama perjalanan.

(Baca juga: 5 Tips Agar Anak Enggak Rewel Diajak Mudik)

Misalnya, mempersiapkan aktivitas seru yang bisa membuat dirinya antusias dan senang. Seperti menonton film atau video yang biasa mereka tonton atau membawa buku bacaan favoritnya.

Nah, bila selama perjalanan atau lebaran kamu dan anggota keluarga lainnya memiliki masalah kesehatan, ibu bisa mendiskusikan masalah tersebut dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!