7 Tips Menghadapi Sakit Kepala Ketika Terkena Hujan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
7 Tips Menghadapi Sakit Kepala Ketika Terkena Hujan

Halodoc, Jakarta – Bila kamu mengalami sakit kepala, kamu akan malas untuk beraktivitas, selain itu kamu juga akan mudah marah dan terpancing emosi. Sakit kepala bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya karena kondisi cuaca.

Bukan hanya saat cuaca panas, cuaca hujan pun dapat menyebabkan sakit kepala. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tahu cara menghadapi sakit kepala ketika terkena hujan karena hal ini dapat menimpamu kapan saja.

Pertanyaannya adalah mengapa orang mengidap sakit kepala saat terkena hujan? Ketidakseimbangan serotonin, tingginya tingkat kelembapan pada tubuh, perubahan cuaca yang tiba-tiba, dan menurunnya daya tahan tubuh dapat menjadi faktor munculnya sakit kepala saat terkena hujan.

Nah, untuk menghadapi sakit kepala ketika terkena hujan kamu bisa melakukan 7 cara berikut:

  1. Gunakan Termometer

Sebaiknya kemampuan mengukur suhu tubuh menggunakan termometer dapat kamu miliki. Agar ketika dilanda sakit kepala, kamu pun bisa mengukur suhu tubuhmu sendiri. Coba pula untuk belajar mengukur suhu cuaca dengan termometer dinding saat kamu sakit kepala. Melalui smartphone pun hal-hal ini sudah bisa diketahui. Nah, jika sudah tahu, hindarilah untuk beraktivitas di luar ruangan pada cuaca mencapai suhu tersebut.

  1. Mulai Mencatat

Jika sudah tahu ukuran suhu cuaca dan suhu tubuhmu, catatkan hal-hal tersebut di daily note kamu. Catat pula berapa lama kamu mengalami sakit kepala tersebut. Dan apakah penanganannya berhasil atau tidak.

  1. Perhatikan Cairan Tubuh

Ketika cuaca sedang hujan, cairan tubuh juga akan ikut berkurang, apalagi disertai sakit kepala. Hal ini dikarenakan tubuh mengalami dehidrasi. Untuk mengatasinya, disarankan untuk minum air putih yang cukup minimal 2 liter atau setara 8 gelas per hari,  bahkan sebelum sakit kepala menimpamu.

  1. Segera Beristirahat

Jika sudah ada tanda-tanda sakit kepala, segeralah masuk ke dalam ruangan dan beristirahat. Hindari keluar rumah saat cuaca sedang hujan karena hal ini dapat memicu sakit kepala. Namun, jika kamu harus tetap keluar rumah, gunakan masker dan jaket tebal.

. Jaga Pola Makan

Selama kamu tetap menjaga pola makanmu bahkan pada cuaca yang tak menentu, kamu akan terhindar dari risiko sakit kepala saat terkena hujan.

  1. Gunakan Pakaian yang Tepat

Untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil, sebaiknya kamu memakai pakaian yang hangat, seperti sweater atau jaket kemudian lapisi dengan jas hujan. Apabila sudah terlanjut kehujanan, kamu sebaiknya segera ganti pakaian yang kering.

  1. Minum Multivitamin

Apabila musim hujan telah tiba, maka ada baiknya kamu mengonsumsi multivitamin untuk membantu mempertahankan daya tahan tubuhmu.

Jika kamu telah melakukan hal-hal di atas untuk menghadapi sakit kepala saat kehujanan dan masih saja mengalaminya, maka segera diskusikan hal ini ke dokter ahli di Halodoc karena bisa jadi ada masalah lain pada kepalamu. Di Halodoc, kamu akan dibantu oleh dokter ahli terpercaya yang telah terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan memanfaatkan  Video Call, Voice Call, dan Chat.

Selain itu, kini Halodoc juga memiliki fitur terbaru, yaitu Lab Service. Layanan baru ini memungkinkan kamu untuk melakukan pemeriksaan darah dan juga menentukan jadwal, lokasi, dan petugas lab yang akan datang ke tempatmu. Hasilnya pun bisa dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc.

Setelah itu, kamu bisa membeli langsung obatmu dan akan tiba di tempat tujuan kurang dari satu jam, sehingga kamu tidak perlu lagi repot dalam berobat dan membeli obat. Jadi tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play sekarang juga!

Baca juga: Jangan Salah Sebut, Ini 3 Perbedaan Migrain dan Vertigo yang Perlu Diketahui