• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Hal yang Dibutuhkan Agar Hubungan Bersama Pasangan Sehat & Langgeng
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Hal yang Dibutuhkan Agar Hubungan Bersama Pasangan Sehat & Langgeng

8 Hal yang Dibutuhkan Agar Hubungan Bersama Pasangan Sehat & Langgeng

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Mei 2022

“Ada berbagai hal yang mesti dilakukan agar kualitas hubungan bersama pasangan senantiasa terjaga dan langgeng. Mulai dari tidak berbohong sekecil apa pun, hingga menghormati privasi masing-masing.”

8 Hal yang Dibutuhkan Agar Hubungan Bersama Pasangan Sehat & Langgeng

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak kepingin pernikahannya selalu bahagia dan harmonis? Namun, realitanya tidak sedikit pasangan suami istri yang bertengkar, bahkan hubungannya berubah  menjadi dingin. Wajar saja, sebab di dalam menjalani pernikahan, masalah dan tantangan pasti selalu ada. 

Namun, sebaiknya setiap masalah perlu dihadapi bersama-sama dengan baik agar hubungan dengan pasangan tetap langgeng. Pertanyaannya, bagaimana sih cara menjaga agar hubungan dengan pasangan  tetap sehat dan langgeng? Nah, berikut ulasan selengkapnya!

Tips Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan bersama pasangan agar hubungan kalian berdua tetap sehat dan langgeng selalu:

1. Hindari Berbohong Sekecil Apa pun

Retaknya suatu hubungan rumah tangga dapat terjadi bila kamu dan pasangan sudah mulai berbohong satu sama lain. Karena itu, usahakan untuk menghindari kebohongan sekecil apa pun itu. Ingat peribahasa sepandai-pandainya bangkai ditutupi, baunya pasti akan tercium juga. 

Serapih apa pun kamu menutupi sebuah kebohongan, suatu hari nanti pasti akan terbuka juga. Kunci utama di sini adalah dengan menaruh rasa percaya pasangan dan saling terbuka akan apa pun masalah yang kalian hadapi. 

2. Buang Jauh-jauh Sifat Egois

Menjaga hubungan tetap harmonis bukanlah hal yang mudah. Kamu dan pasangan harus rela mengesampingkan ego masing-masing demi kepentingan bersama. Bukan berarti harus selalu mengalah, tapi tidak segan untuk minta maaf bila melakukan kesalahan. Selain itu, jangan pula membesar-besarkan atau mengungkit kesalahan pasangan demi keharmonisan rumah tangga.

3. Bedakan Posesif dan Perhatian

Memberikan perhatian pada pasangan memang wajar dan sudah seharusnya, tetapi hindari terlalu mengekang pasangan (posesif). Saat perhatian yang diberikan sudah melewati batas wajarnya, pasangan pun akan merasa tidak nyaman, begitu juga sebaliknya. Bila pasangan sudah mulai posesif, ada baiknya kamu bicarakan berdua dan mulailah untuk berkomunikasi.

4. Sayangi Pasangan Seperti Kamu Ingin Disayangi

Seiring berjalannya waktu, perasaan cinta yang romantis di awal-awal pernikahan lama kelamaan akan berubah menjadi perasaan sayang dan kepedulian. Kamu tentu akan senang bila pasangan kamu peduli dan sayang kepada kamu bukan? Dirinya yang selalu ada saat kita membutuhkannya, menyemangati, dan memberikan perhatian pada kita. Dengan begitu, tips langgeng bersama pasangan adalah dengan mendengarkan pasangan, dan memberikan rasa peduli pada pasangan dapat dilakukan agar hubungan tetap harmonis.

5. Jaga Komunikasi Tetap Berkualitas

Tips lainnya agar hubungan bersama pasangan tetap langgeng, yaitu berkomunikasi paling tidak 10-15 menit sehari. Berdasarkan penelitian Wall Street Journal, konflik yang terjadi yang menyebabkan pasangan tidak bahagia adalah karena tidak adanya komunikasi yang baik. 

Oleh karena itu, kamu dapat melakukan cara komunikasi dengan cara:

  • Membicarakan masalah yang ada secara terbuka dan dengan rileks. Ingat, pasanganmu bukan cenayang yang sudah bisa mengetahui perasaan kamu lebih dulu sebelum kamu memberitahunya. Karena itu, ungkapkan dengan baik-baik dan rileks tentang apa yang tidak kamu sukai.
  • Jika memang harus berdebat, maka lakukan dengan baik untuk menghasilkan solusi.
  • Belajarlah untuk mendengarkan pasangan. Salah satu kunci hubungan yang langgeng bersama pasangan adalah dengan sedikit berbicara dan lebih banyak mendengarkan. Dengan begitu, kamu bisa lebih memahami perasaan pasangan kamu dan apa yang ia butuhkan. 

6. Menciptakan Waktu Romantis Berdua

Menciptakan dan meluangkan sedikit waktu demi mendapatkan momen romantis, merupakan tips langgeng bersama pasangan yang penting. Tidak semua orang mempunyai bakat untuk bisa menciptakan suasana yang romantis dengan pasangan. Namun, kamu dapat mencobanya dengan hal-hal kecil yang membuat hati pasangan senang, seperti misalnya memberikan senyuman yang tulus, mengungkapkan cinta melalui kata-kata, mengatur waktu berdua walaupun kamu dan pasangan mempunyai kesibukan masing-masing, dan mulai untuk merencanakan piknik bersama keluarga.

7. Hormati Batasan dan Privasi

Perkembangan teknologi yang pesat sekarang ini memudahkan kita untuk saling melacak dan terus berkomunikasi. Namun, membiarkan satu sama lain untuk memiliki privasi bisa meningkatkan keharmonisan dalam hubungan, karena hal itu membangun rasa saling percaya.

8. Bertengkar yang Sehat

Tips bersama pasangan bukan dengan menghindari konflik sama sekali. Justru konflik dibutuhkan untuk kesehatan hubungan. Namun, bertengkarlah secara sehat bila terjadi konflik. Bicarakan tentang fakta yang terjadi dan bagaimana perasaan kamu tentangnya.

Hindari mengkritik dan menyalahkan, sebaliknya berusahalah untuk memahami pasangan. Berbesar hatilah untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf dengan tulus bila kamu salah. Jangan mengungkit-ungkit masa lalu, sebaliknya, berfokuslah pada perilaku yang lebih baik di masa depan. Di akhir konflik, fokuslah untuk mengembalikan ikatan emosional yang tegang akibat konflik. 

Bila kamu mengalami masalah dalam pernikahan dan butuh teman bicara, hubungi saja psikolog melalui fitur  tanya dokter di aplikasi Halodoc. Melalui Voice/Video Call dan Chat, kamu bisa melakukan konseling pernikahan dengan mudah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2022. 12 Tips for Happy, Long-Lasting Relationships.
Reader’s Digest. Diakses pada 2022.7 Secrets to a Healthy, Long-Lasting Relationship