• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Langkah Efektif Atasi Kaki Bengkak setelah Melahirkan

8 Langkah Efektif Atasi Kaki Bengkak setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Setelah melahirkan, banyak wanita mengalami pembengkakan terutama di kaki dan wajah. Ini disebut pembengkakan pascapartum. Selama kehamilan, tubuh menahan air ekstra untuk menopang bayi, dan air ini secara bertahap dilepaskan melalui keringat dan buang air kecil.

Makan dengan benar, istirahat, dan tidur lebih banyak dari biasanya akan membantu tubuh kembali ke keadaan normal dan efektif mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Informasi selengkapnya mengenai kaki bengkak setelah melahirkan bisa dibaca di sini!

Langkah Efektif Atasi Kaki Bengkak Pasca Melahirkan

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh American Pregnancy Association, tubuh wanita menghasilkan darah dan cairan tubuh 50 persen lebih banyak selama kehamilan untuk mendukung perkembangan bayi.

Baca juga: Waspada, Ini Kelainan dalam Kehamilan

Tubuh wanita dapat mempertahankan lebih dari 3 kg cairan di seluruh tubuh. Bagaimana langkah efektif untuk atasi kaki bengkak setelah melahirkan? Berikut adalah rekomendasinya:

1.Cukupi Kebutuhan Cairan

Tetap terhidrasi dapat membantu menurunkan kadar air dalam tubuh. Soalnya ketika dehidrasi membuat tubuh menahan kelebihan air, mengonsumsi air dapat membantu mendorong produk limbah melalui ginjal, yang dapat menjaga kesehatan sistem tubuh dan mempercepat pemulihan setelah kehamilan.

2. Mengangkat Kaki 

Untuk mengurangi pembengkakan di kaki dan meningkatkan sirkulasi, luangkan waktu dengan mengangkat kaki di atas ketinggian jantung. Ini mendorong air mengalir ke seluruh tubuh. Cairan secara alami akan mengalir ke kaki saat seseorang berdiri, jadi mengangkat kaki dapat mengurangi pembengkakan untuk sementara.

Selain itu, hindari aktivitas menyilangkan kaki atau duduk dalam posisi tertentu yang memberikan penekanan pada kaki. Ini bisa tanpa disadari menghentikan aliran darah ke kaki.

Baca juga: Ini 5 Penyebab Keguguran dan Cara Menghindarinya

3. Lakukan Olahraga Ringan

Banyak orang menemukan bahwa olahraga ringan dapat mengurangi pembengkakan dan gejala terkait. Aktif bergerak dapat membantu melancarkan aliran darah dan sirkulasi, sehingga mencegahnya tergenang di satu area saja. American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan kegiatan seperti berjalan, yoga, berenang, dan pilates untuk dilakukan bumil.

4. Kenakan Stoking Kompresi

Memakai stoking kompresi membantu mengurangi pembengkakan dalam periode 24 jam setelah melahirkan. Stoking kompresi membantu meningkatkan aliran darah dengan mengurangi ukuran pembuluh darah di kaki. Ini mendorong pembuluh untuk mensirkulasi lebih banyak darah dalam waktu yang lebih singkat.

Informasi selengkapnya mengenai langkah efektif atasi kaki bengkak setelah melahirkan bisa ditanyakan langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: Begini Cara Menjaga Kehamilan Bagi Ibu yang Super Sibuk

5. Kenakan Pakaian yang Longgar

Pakaian yang ketat bisa memutus sirkulasi ke berbagai bagian tubuh. Hal ini dapat menghentikan tubuh menurunkan berat air dan mendorong cairan untuk tertahan di satu area saja.

6. Hindari Garam

Tubuh perlu menjaga keseimbangan natrium dan air. Jika kamu makan terlalu banyak natrium, atau garam, zat-zat ini akan menahan lebih banyak air. Sumber natrium yang biasa dikonsumsi adalah garam meja dan makanan olahan, seperti kue, keripik, makanan kemasan, dan minuman ringan. Memeriksa kandungan natrium pada kemasan makanan dapat membantu seseorang menjaga asupan garamnya dalam kisaran yang sehat dan mengurangi retensi air.

7. Makan Makanan Kaya Kalium

Tubuh membutuhkan keseimbangan natrium dan kalium. Mengonsumsi lebih banyak potasium secara alami menurunkan jumlah natrium dalam tubuh. Adapun makanan yang kaya kalium adalah aprikot, pisang, alpukat, bayam, kacang panggang, kacang-kacangan, yogurt, dan selai kacang.

8. Kurangi konsumsi kafein

Kopi dan produk berkafein lainnya dapat membuat tubuh kehilangan air serta meningkatkan risiko dehidrasi. Akibatnya tubuh memberikan respons dengan cara mempertahankan cairan. Gantilah minuman berkafein dengan teh herbal atau air putih agar tetap terhidrasi dan mengurangi pembengkakan setelah melahirkan.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Natural treatments for postpartum swelling
Momjunction. Diakses pada 2020. 12 Simple And Effective Ways To Cure Postpartum Edema