27 July 2018

8 Manfaat Positif dari Rutin Berenang

manfaat positif dari berenang, manfaat berenang, berenang untuk menjaga kesehatan

Halodoc, Jakarta – Selain menyenangkan, berenang juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Saat melakukan olahraga renang, seluruh organ tubuh akan bergerak. Tidak heran jika kamu rajin melakukan olahraga renang, kamu akan memiliki tubuh yang lebih sehat dan juga proporsional.

Baca juga: Berbagai Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Manfaat berenang tidak hanya dapat dirasakan oleh perenang profesional saja. Seluruh kelompok usia juga dapat merasakan manfaat dari olahraga ini jika dilakukan dengan rutin. Berikut adalah beberapa manfaat positif dari berenang yang bisa kamu rasakan.

1. Memiliki Tubuh Lebih Kuat dari Orang yang Jarang Berenang

Berenang nyatanya dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih kuat, karena pada dasarnya bergerak di dalam air membutuhkan tenaga yang lebih besar jika dibandingkan kamu melakukan olahraga di luar air. Selain itu, olahraga renang merupakan salah satu olahraga fisik yang mampu melatih seluruh otot yang ada pada tubuh. Mulai dari otot bahu, punggung, panggul, bokong, hingga kaki.

2. Membakar Kalori

Saat kamu berenang selama 1 jam, kamu bisa membakar sekitar 500-600 kalori. Jika kamu semakin rutin melakukan olahraga renang, kamu bisa membakar kalori lebih banyak lagi. Sehingga, kamu bisa menjaga berat badan kamu sesuai dengan yang kamu inginkan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Nyatanya, renang dapat membantu kamu menjaga kesehatan jantung. Olahraga renang dapat membantu sirkulasi jantung kamu menjadi lebih baik saat memompa darah yang digunakan untuk kehidupan kamu. Orang yang rutin melakukan olahraga renang akan memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa.

4. Mengurangi Resiko Asma

Jika kamu memiliki riwayat penyakit asma, sebaiknya lakukan olahraga renang secara rutin. Olahraga renang dapat membantu melatih pernapasan, sehingga paru-paru kamu menjadi lebih sehat dan kamu bisa terhindar dari risiko penyakit asma.

5. Melatih Keseimbangan dan Kelenturan

Saat kamu berenang, tentu kamu menggunakan otot kaki dan tangan. Sehingga, kamu akan memiliki keseimbangan dan kelenturan tubuh yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak menyukai olahraga renang.

6. Mencegah Berbagai Penyakit

Tidak hanya membuat tubuh menjadi segar dan bugar, dengan rajin melakukan olahraga renang kamu juga bisa mencegah berbagai penyakit, seperti stroke atau diabetes. Olahraga renang juga bisa menjadi salah satu pilihan olahraga pasca pemulihan seseorang dari penyakit stroke. Dengan melakukan olahraga renang secara rutin, nyatanya harapan hidup kamu bisa menjadi lebih panjang. Lakukan olahraga renang selama 30 menit setiap 3-5  kali dalam 1 minggu.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain menyehatkan tubuh, nyatanya melakukan olahraga renang dapat meningkatkan fungsi otak. Olahraga renang dapat mengaktifkan seluruh bagian otak, sehingga mampu meningkatkan fokus termasuk kemampuan belajar dan fungsi kognitif kamu.

8. Menjaga Kehamilan Tetap Sehat

Bagi kamu yang sedang hamil, jangan ragu untuk melakukan olahraga renang. Nyatanya, olahraga ini sangat baik untuk menjaga kehamilan kamu. Pada saat hamil, biasanya ibu hamil merasa pegal-pegal di beberapa persendian. Dengan berenang, kamu juga bisa menghilangkan rasa pegal-pegal yang dirasakan.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi dari Olahraga Renang Bagi Ibu Hamil

Tidak ada salahnya mencoba beberapa gaya renang agar kegiatan berenang kamu semakin menyenangkan. Jika kamu memiliki keluhan seputar kesehatan, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!