01 August 2018

8 Manfaat Tebu untuk Kesehatan Tubuh

manfaat tebu untuk kesehatan, manfaat tebu, manfaat rajin mengonsumsi tebu

Halodoc, Jakarta – Tebu adalah tanaman yang ditanam sebagai bahan baku pembuat gula. Tanaman tebu biasanya hanya dapat ditemui di daerah yang memiliki iklim tropis. Di Indonesia sendiri, tanaman tebu banyak ditemui di kawasan pulau Jawa dan Sumatra.          

Tebu memiliki manis alami pada batangnya, sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, tebu mengandung berbagai macam nutrisi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan antioksidan. Air tebunya sendiri mengandung serat yang cukup tinggi dan senyawa polifenolnya baik untuk kesehatan kamu.

Baca juga: 7 Macam Lalapan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Dengan berbagai macam kandungan yang ada pada tebu, nyatanya tebu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Di antaranya:

1. Merawat Kulit

Nyatanya, antioksidan yang terkandung dalam tebu dapat membantu kamu merawat kulit. Air tebu dapat membantu kamu meredakan infeksi kulit, memperbaiki penampilan kulit, dan mengurangi gejala penuaan dini.

2. Menghilangkan Bau Mulut

Banyak faktor yang membuat kamu merasa tidak nyaman dengan bau mulut kamu sendiri. Kamu bisa mengonsumsi air tebu untuk menghilangkan bau mulut. Tebu mengandung sumber mineral yang dapat membuat enamel gigi kamu tetap terjaga kebersihannya.

3. Memperkuat Tulang dan Gigi Kamu

Tebu mengandung kalsium yang cukup tinggi, sehingga cukup baik manfaatnya untuk menguatkan tulang maupun gigi kamu. Kamu bisa mengonsumsi air tebu atau bahkan mengunyah batang tebu yang sudah dibersihkan dan dipotong kecil-kecil. Dengan begitu, kamu akan semakin bisa merasakan manfaat dari tebu.

4. Menghidrasi Tubuh

Saat cuaca panas, sebaiknya kamu mengonsumsi air tebu. Pasalnya, air tebu bermanfaat untuk menghidrasi tubuh kamu. Air tebu yang memiliki banyak manfaat nyatanya dapat menambah cairan pada tubuh kamu, sehingga kamu terhindar dari dehidrasi.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Jika kamu rajin mengonsumsi air tebu tentu akan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu di antaranya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada tebu dapat membuat kamu terhindar dari beberapa penyakit serius, seperti kanker prostat dan kanker payudara.

6. Penambah Energi yang Alami

Air tebu mengandung glukosa yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan energi tubuh kamu. Tebu mengandung glukosa alami yang dapat mendorong metabolisme dalam tubuh.

7. Membuat Tubuh Menjadi Rileks dan Mengurangi Stres

Air tebu mengandung asam amino yang dapat membuat tubuh kamu terasa lebih rileks dan mengurangi kadar hormon stres. Asam amino juga dapat membantu kamu memiliki waktu tidur yang lebih berkualitas, sehingga tidur kamu lebih nyenyak dan pikiran kamu menjadi lebih tenang.

8. Menjaga Kesehatan Kuku

Terkadang penampilan kuku bisa menjadi indikator kesehatan tubuh seseorang. Jika asupan nutrisi kurang, kuku akan berubah menjadi kurang cerah. Kandungan mineral dalam tebu dapat membantu kamu merawat kesehatan kuku, sehingga baik untuk kamu konsumsi.

Baca juga: 5 Makanan yang Dapat Membantu Kesehatan Kulit

Nah, itu adalah beberapa manfaat dari tebu yang baik untuk kesehatan kamu. Jika kamu mau tahu lebih lanjut mengenai manfaat tebu untuk tubuh kamu, kamu bisa menghubungi Halodoc. Caranya, download Halodoc di App Store dan Google Play. Kamu bisa mendapatkan informasi yang kamu butuhkan mengenai kesehatan tubuh kamu.