• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Resep MPASI yang Mudah Dibuat dan Sehat untuk Bayi 9 Bulan

8 Resep MPASI yang Mudah Dibuat dan Sehat untuk Bayi 9 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Memasuki usia 9 bulan, tekstur dan variasi makanan yang dikonsumsi Si Kecil bisa ditingkatkan untuk mencukupi kebutuhan gizinya dan melatih sistem otot dan sarafnya. Di usia ini, ia sudah bisa mengonsumsi makanan yang padat dan kebutuhan kalorinya pun semakin tinggi, yakni berkisar 750-900 kalori setiap hari. Namun, sekitar 400-500 di antaranya harus berasal dari ASI atau susu formula. 

Memikirkan menu makanan yang bernutrisi dan disukai Si Kecil mungkin dapat menyita waktu dan energi ibu. Nah, ide resep MPASI sederhana berikut ini mungkin bisa ibu coba:

Baca juga: Ikan Nila untuk Menu MPASI Si Kecil, Ini Cara Menyajikannya

1. Oatmeal

Oatmeal mungkin lebih cocok dikonsumsi Si Kecil untuk sarapan. Coba buat menu oatmeal tanpa pemanis dan campurkan dengan ASI, susu formula, air, atau bahkan jus. Untuk menambah gizinya, ibu bisa menambahkan irisan pisang atau buah lain yang sudah dihaluskan atau dikukus sendiri. 

2. Pancake atau Waffle

Selain oatmeal, pancake atau waffle juga bisa jadi menu sarapan Si Kecil. Ibu bisa mencampurkan adonan pancake atau waffle dengan pisang atau ubi yang sudah dihaluskan atau mencampurkannya setelah adonan matang. Hindari menambahkan sirup manis ke dalam pancake atau waffle karena tidak ada gizinya.

3. Telur Orak Arik

Telur adalah sumber protein baik untuk Si Kecil. Ibu bisa menambahkan keju di atas telur orak-arik untuk menambah rasa serta menambahkan sayuran lunak untuk menambah kandungan nutrisinya. 

4. Sandwich

Saat membuat sandwich untuk Si Kecil, pilih lah roti yang sangat lembut dan jangan lupa potong pinggirannya. Kemudian, ibu bisa mengoleskan selai kacang atau selai buah-buahan yang dibuat sendiri tanpa tambahan banyak gula. Untuk variasi lain, sandwich juga bisa diisi dengan telur orak-arik, alpukat, atau keju parut. 

Baca juga: Daging Halus sebagai MPASI, Ini Manfaatnya untuk Si Kecil

5. Sup

Rebus daging ayam untuk membuat kaldu sup. Setelah itu, tambahkan sayuran atau mie. Sajikan kepada Si Kecil selagi masih hangat tetapi tidak panas. Selain sayur dan mie, ibu juga bisa menambahkan kacang tumbuk, ayam suwir, atau daging cincang. 

6. Mashed Potato

Kupas kulit kentang lalu rebus hingga menjadi lembut. Kemudian, masak kentang dengan mentega dan campurkan dengan sayuran yang sudah direbus terpisah serta parutkan keju di atasnya. 

7. Spaghetti

Pilih spaghetti dengan ukuran lebih kecil. Setelah itu rebus spaghetti hingga sangat empuk. Untuk membuat sausnya, ibu bisa menggunakan tomat yang dihaluskan lalu campur dengan daging yang telah dicincang halus. Taburkan parutan keju di atas spaghetti. 

8. Lasagna

Mirip seperti pembuatan spaghetti, pastikan ibu memasak lasagna hingga lembut. Buat saus sendiri dengan tomat yang dihaluskan. Untuk isiannya, ibu bisa menggunakan daging yang dicincang halus, bayam dan keju. 

Baca juga: Bayam Bisa Jadi Menu MPASI, Begini Cara Mengolahnya

Itulah beberapa menu MPASI yang bisa ibu coba. Apabila ibu mendapati Si Kecil susah makan, ibu dapat menghubungi dokter anak lewat aplikasi Halodoc untuk mencari tahu solusinya. Lewat aplikasi Halodoc, ibu dapat menghubungi dokter anak kapan saja dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
Healthy Children. Diakses pada 2020. Sample Menu for an 8 to 12 Month Old.
Parents. Diakses pada 2020. Feeding Your 9- to 12-Month-Old.