8 Sayuran Sehat Bantu Atasi Dehidrasi Saat Puasa

dehidrasi saat puasa

Halodoc, Jakarta - Tubuh membutuhkan nutrisi yang sangat beragam, terutama saat berpuasa. Tidak ada satu jenis makanan yang dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi tersebut. Maka itu, penting untuk selalu memperhatikan makanan sehat saat puasa. Terutama makanan yang dapat memberikan kekuatan untuk kamu saat berpuasa. Makanan yang dimaksud adalah jenis makanan yang dapat mengatasi dehidrasi.

Sayuran adalah makanan yang mengandung mineral, air, dan serat tinggi, sehingga baik untuk kamu konsumsi supaya kamu tidak cepat dehidrasi saat puasa. Selain itu, sayuran bermanfaat untuk menghindarkan kamu dari konstipasi atau sembelit selama puasa. Berikut adalah sayuran yang harus selalu ada dalam menu sahur supaya kamu terhindar dari dehidrasi.

1. Timun

Timun diketahui kaya akan vitamin C dan B, kalsium, serta asam kafeat yang dapat menghaluskan kulit. Kandungan air di dalamnya paling banyak pada bagian kulit. Karenanya, mengonsumsi sayuran satu ini dapat membantu kamu mengatasi dehidrasi saat puasa.

2. Tomat

Sayur berwarna merah ini sangat mudah kamu temukan di pasar. Tomat mengandung likopen yang bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena stroke dan kanker. Tomat juga mampu mencegah konstipasi dan membuat fungsi hati tetap optimal. Dengan mengonsumsi tomat akan membuat tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik selama puasa.

3. Kubis

Secangkir sayur kubis mentah mampu mencukupi kebutuhan vitamin K bagi tubuh. Kubis merah memiliki kandungan anti-radang. Kubis ungu atau merah juga memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak daripada kubis hijau.

4. Daun Selada

Kandungan serat sangat kaya di dalam daun selada. Di samping itu, mengonsumsi daun selada saat sahur dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Daun selada mengandung banyak air, sehingga kebutuhan cairan kamu akan tercukupi dengan mengonsumsi sayuran ini.

5. Wortel

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa wortel sebenarnya mengandung banyak air. Wortel merupakan sayuran yang memiliki warna jingga, kuning, dan hijau jadi satu yang kesemuanya merupakan sumber beta karoten yang baik.

6. Brokoli

Perlu kamu ketahui bahwa brokoli mengandung zat anti-kanker. Sayur ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi alergi dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin D kamu.

7. Seledri

Seledri biasanya hanya menjadi tambahan pada makanan yang kamu santap. Ternyata, sayuran satu ini bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi saat puasa berkat kandungan elektrolit di dalamnya. Dua atau tiga batang sayuran seledri mengandung banyak garam mineral, vitamin, dan asam amino. Seledri juga merupakan sayuran yang cocok untuk dikonsumsi setelah olahraga berat dan meremajakan kulit dan tubuh.

8. Lobak

Sayuran ini mengandung banyak sekali air dan sumber vitamin C yang baik. Lobak juga memiliki kandungan antioksidan dan antiradang. Selain itu, ternyata sayuran lobak juga kaya akan kalium yang dapat membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Itulah sayuran yang perlu selalu ada menjadi menu berbuka dan sahur kamu agar kamu terhindar dari dehidrasi saat berpuasa. Kamu bisa membuat menu sayuran tersebut secara bergiliran selama bulan puasa. Namun, apabila kamu mengalami dehidrasi yang cukup parah dan tidak dapat diatasi oleh sayur-sayuran di atas, sebaiknya segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga.