• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Ibu Hamil Usai Lebaran
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Ibu Hamil Usai Lebaran

8 Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Ibu Hamil Usai Lebaran

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Mei 2022

“Ibu hamil perlu asupan vitamin dan mineral yang cukup. Termasuk vitamin C, vitamin D, asam folat, kalsium, zat besi, dan lain-lain.”

8 Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Ibu Hamil Usai Lebaran

Halodoc, Jakarta – Momen Lebaran selalu terasa istimewa, salah satunya karena bisa menyantap aneka hidangan istimewa. Namun, bukan berarti ibu hamil boleh abai dengan asupan nutrisi, ya. Ada beberapa vitamin dan mineral penting yang harus tercukupi agar kehamilan selalu sehat.

Nutrisi ini sebenarnya bisa didapat dari makanan, seperti buah dan sayur. Selain itu juga bisa diperoleh dari suplemen prenatal tambahan. Lantas, apa saja vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil? Yuk simak!

Vitamin dan Mineral Penting untuk Ibu Hamil

Ada beberapa vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk tetap sehat, yaitu:

  1. Vitamin C

Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Selain itu, vitamin ini juga bisa membantu penyerapan zat besi, sehingga ibu hamil dapat terhindar dari anemia. Vitamin ini juga dapat melindungi sel dan jaringan tubuh ibu hamil dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Ibu bisa mendapatkan vitamin penting ini dengan memakan buah-buahan atau sayur-sayuran. Contohnya seperti jeruk, stroberi, mangga, pepaya, brokoli, tomat, kol brussel, paprika merah dan paprika hijau.

  1. Vitamin D

Kebutuhan vitamin dan mineral ibu hamil selanjutnya adalah vitamin D. Vitamin ini sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin yang masih dalam kandungan.  

Kekurangan vitamin D bisa memberikan dampak buruk pada tulang bayi sehingga tidak tumbuh secara maksimal. Jadi, pastikan ibu memenuhi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi ikan-ikanan seperti salmon dan sarden, telur, dan daging. Selain itu, berjemur di bawah sinar matahari juga bisa menambah asupan vitamin D yang dibutuhkan tubuh, lho.

  1. Vitamin E

Selama masa kehamilan, ibu membutuhkan asupan vitamin E untuk membantu pembentukan dan penggunaan sel darah merah dan otot. Vitamin ini bisa didapatkan dari minyak sayur, alpukat, kacang-kacangan, bayam, dan sereal.

  1. Vitamin B Kompleks

Ibu hamil juga perlu memenuhi berbagai macam vitamin B, mulai dari vitamin B1, B2, B3, B6, sampai B12. Masing-masing jenis vitamin B ini mempunyai manfaat yang berbeda. 

Mulai dari meningkatkan energi, menyehatkan sistem saraf, membantu pembentukan sel darah merah, dan lain-lain. Vitamin B kompleks bisa didapatkan dari makanan, seperti telur, ikan, seafood, daging, gandum, dan lainnya.

  1. Asam Folat

Vitamin dan mineral penting lainnya yang dibutuhkan ibu hamil adalah asam folat, atau nama lainnya vitamin B9. Vitamin ini bermanfaat untuk mencegah cacat lahir yang memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang bayi (cacat tabung saraf).

Setiap ibu hamil disarankan untuk mencukupi 400 mcg asam folat setiap hari, mulai dari sebelum pembuahan hingga 12 minggu pertama kehamilan. Beberapa makanan yang mengandung asam folat antara lain sayuran hijau, kacang polong, buah sitrus, dan makanan yang diperkaya. 

Meski asam folat bisa didapatkan dari makanan, ada baiknya ibu hamil mengonsumsi suplemen sebagai cadangan.

  1. Kalsium

Kalsium juga penting untuk ibu hamil. Ini dapat membantu mencegah ibu hamil kehilangan kepadatan tulang. Sebab, janin dalam kandungan menggunakan cadangan kalsium di tubuh ibu untuk pertumbuhan tulangnya sendiri.

  1. Yodium

Selain vitamin dan mineral tadi, yodium juga tak kalah penting. Mineral ini bermanfaat untuk menunjang fungsi tiroid ibu hamil. Kekurangan yodium dapat menyebabkan:

  • Keguguran.
  • Kelahiran mati.
  • Pertumbuhan fisik terhambat.
  • Cacat mental berat.
  • Ketulian.
  1. Zat Besi

Zat besi adalah mineral yang dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah merah. Sel-sel darah ini membawa oksigen ke janin, yang dibutuhkannya untuk berkembang.

Nah, itulah beberapa vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Pastikan untuk mencukupi semuanya setiap hari, ya. Jika mengalami masalah kesehatan, segera download Halodoc untuk buat janji dengan dokter kandungan di rumah sakit, ya.

Referensi:
NHS UK. Diakses pada 2022. Vitamins, Supplements and Nutrition in Pregnancy.
Grow by WebMD. Diakses pada 2022. Prenatal Vitamins.
Pregnancy Birth & Baby. Diakses pada 2022. Vitamins and Supplements During Pregnancy.