10 February 2018

9 Cara Mengatasi Morning Sickness Ini Bisa Dicoba!

9 Cara Mengatasi Morning Sickness Ini Bisa Dicoba!

Halodoc, Jakarta — Diantara beberapa tanda kehamilan, yang cukup mengganggu adalah morning sickness. Morning sickness biasanya muncul di minggu ke-6 kehamilan dan berakhir di minggu ke-12. Mual yang dirasakan tidak selalu berujung pada muntah-muntah. Namun, rasa tidak nyaman ini bisa mengganggu aktivitasmu. Simak artikel ini untuk mengetahui tips mengatasi morning sickness.

Morning sickness sendiri tidaklah berbahaya bagi kamu ataupun bayimu. Tetapi, kalau kamu mengeluarkan semua makanan yang sudah dimakan, ada kemungkinan itu bukanlah morning sickness, melainkan hyperemesis gravidarum. Hyperemesis gravidarum yang cukup parah dapat membahayakan kamu dan si bayi. Kondisi ini mengurangi nutrisi makanan yang kamu konsumsi dan elektrolit di dalam tubuhmu menjadi tidak seimbang, terutama kalau tidak segera mendapat penanganan dari dokter.

Hal-hal yang dapat membantu mengatasi morning sickness:

  1. Makan lebih sering dengan porsi lebih kecil
  2. Minum air putih setengah jam sebelum dan sesudah makan, tapi jangan bersamaan ketika makan
  3. Perbanyak minum air putih sepanjang hari supaya tidak dehidrasi
  4. Minta orang lain untuk memasak untukmu. Menjauhlah dari tempat memasak agar baunya tidak mengganggu
  5. Istirahat yang cukup dan tidur siang
  6. Hindari tempat-tempat yang panas karena kepanasan dapat memicu rasa mual
  7. Hirup aroma lemon atau jahe, minum jus atau air lemon atau makan semangka untuk mengatasi rasa mual
  8. Konsumsi kentang goreng yang ditambahkan dengan taburan garam, karena kentang ini dapat mengisi perutmu hingga cukup kenyang sampai waktu kamu bisa makan lagi
  9. Lakukan olahraga untuk ibu hamil

 
Tidak semua wanita hamil merasakan morning sickness. Tapi bagi kamu yang mengalaminya, jangan sampai tanda ini membuatmu kesal dan melupakan indahnya saat mengandung. Daripada bingung, hubungi dokter ahli saja lewat aplikasi Halodoc melalui voice/video call dan chat. Di Halodoc juga bisa beli obat/vitamin dan cek laboratorium yang hanya menggunakan smartphone. Unduh Halodoc di App Store atau Play Store sekarang yuk!.