03 October 2018

Adakah Cara Menghilangkan Virus HPV?

adakah cara menghilangkan virus HPV?

Halodoc, Jakarta – Human Papillomavirus atau yang lebih dikenal dengan virus HPV adalah salah satu virus yang dapat menyebabkan tumbuhnya kutil di berbagai bagian tubuh. Biasanya, virus HPV hidup pada sel-sel kulit. Virus HPV memiliki 100 jenis virus yang berbeda. 40 jenis diantaranya dapat memicu penyakit kutil kelamin.

HPV disebut sebagai penyebab kanker serviks. Padahal, tidak semua virus HPV menyebabkan penyakit kanker bagi penderitanya. Ada beberapa jenis HPV yang tidak berbahaya, tetapi ada beberapa jenis virus HPV yang memang dapat menyebabkan penyakit cukup parah, seperti virus HPV 16 dan virus HPV 18. Menurut WHO, 70 persen kanker serviks disebabkan oleh kedua jenis virus HPV ini.

Nyatanya, virus HPV dapat diobati dengan beberapa metode. HPV bisa diobati sesuai dengan kondisi penyakit yang ditimbulkan oleh virus HPV.

1. Kutil Kelamin

Jika virus HPV menyebabkan kutil kelamin, kamu bisa menggunakan obat oles seperti asam salisilat dan asam trikloroasetat. Asam salisilat berfungsi mengikis lapisan kutil secara bertahap. Sedangkan asam trikloroasetat, berfungsi untuk membakar protein yang terdapat pada sel-sel kutil. Tidak hanya dengan obat oles, kutil kelamin juga bisa dihilangkan dengan menggunakan metode yang lain seperti bedah laser atau operasi pengangkatan kutil kelamin.

2. Kanker Serviks

Jika kutil kelamin sudah terdeteksi dan berkembang menjadi kanker serviks, tentu penangannya pun akan berbeda dengan penanganan pada kutil kelamin. Dokter akan memberikan perawatan medis yang sesuai dengan kebutuhan kondisi pasien. Namun, penanganan pertama adalah menjalani beberapa tes untuk mencegah penyakit menjadi lebih parah lagi.

Apakah Virus HPV Bisa Dihilangkan?

Meskipun beberapa penyakit yang muncul akibat virus HPV dapat diobati, tetapi virus HPV sendiri tidak akan bisa dihilangkan dari tubuh. Virus HPV tetap akan berada dalam tubuh dan bisa ditularkan ke orang lain meskipun beberapa penyakit dari virus HPV sudah dihilangkan. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan terhadap virus HPV. Salah satunya adalah pemberian vaksinasi. Ada beberapa vaksinasi yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyebaran virus HPV pada tubuh kamu. Biasanya, vaksin ini dianjurkan bagi remaja wanita yang berusia antara 10 hingga 26 tahun.

Selain vaksinasi, ada beberapa cara lain yang berguna sebagai pencegahan penyebaran virus HPV, seperti menjaga kebersihan diri dan juga area intim, hindari perilaku berganti-ganti pasangan, dan jangan lupa menggunakan kondom untuk mengurangi penularan virus HPV. Tidak ada salahnya, mengonsumsi beberapa makanan yang bisa menghindari kamu dari penularan virus HPV, sepert:

1. Sayuran

Sayuran, seperti tomat, selada, dan ubi jalar nyatanya kaya akan betakaroten yang dapat diubah menjadi retinol. Tentu kandungan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan HPV.

2. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang dapat melindungi tubuh dari virus HPV secara efektif.

3. Jamur

Jamur memiliki kandungan anti-virus yang dapat melawan efek buruk dari virus HPV.

4. Bawang Putih

Bawang putih nyatanya mengandung allicin. Allicin adalah senyawa yang akan melindungi tubuh dari patogen penyebab penyakit termasuk virus HPV.

Selain rajin mengonsumsi beberapa makanan tersebut, kamu juga perlu melakukan gaya hidup sehat agar kesehatan tetap terjaga. Tidak ada salahnya untuk bertanya kepada dokter mengenai pola hidup sehat atau cara mencegah virus HPV ini. Yuk gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung kepada dokter. Download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: