31 August 2018

Adakah Manfaat Susu Kuda Terhadap Kesehatan?

manfaat minum susu kuda

Halodoc, Jakarta – Sebagian orang mungkin masih merasa ragu bila ditawarkan untuk meminum susu kuda, karena jenis susu yang biasanya diminum adalah susu sapi atau susu versi vegetarian seperti susu kacang atau susu almond. Namun kenyataannya, susu kuda juga tidak kalah sehat dibandingkan dengan susu sapi, lho. Banyak orang di beberapa negara sudah mengonsumsi susu kuda sejak zaman dulu. Penasaran apa saja manfaat susu kuda? Yuk, cari tahu lebih lanjut di sini.

Susu kuda yang paling terkenal di Indonesia berasal dari kuda liar yang ada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Itulah mengapa masyarakat Indonesia Timur sudah terbiasa mengonsumsi susu kuda liar. Menurut ahli gizi klinik FKUI-RSCM dr Samuel Oentoro, MS, SpGK, susu kuda liar memiliki kandungan yang hampir sama dengan susu sapi atau susu kambing. Itulah mengapa susu kuda sudah dijadikan sebagai pengganti susu sapi sejak abad ke-19. Berikut keunggulan dan manfaat dari susu kuda:

1. Memiliki Kandungan Gizi yang Sama Seperti ASI

Air susu ibu atau ASI diketahui memiliki nutrisi yang cukup lengkap, mulai dari karbohidrat, protein,  asam lemak (omega-3 dan omega-6), karnitin, sampai vitamin (A,C,D,E, dan K) dan mineral. Itulah mengapa ASI merupakan asupan terbaik untuk bayi yang baru lahir. Namun, tahukah kamu, ternyata susu kuda liar memiliki kandungan gizi yang hampir sama seperti ASI. Bahkan banyak rumah sakit bersalin di Perancis sudah memakai susu kuda sebagai pengganti ASI untuk meningkatkan kekuatan dan imunitas bayi yang baru lahir, terutama bayi yang lahir prematur.

2. Cocok Bagi Bayi atau Orang yang Punya Alergi Susu

Salah satu keunggulan susu kuda adalah memiliki kandungan protein kasein yang lebih rendah dibanding susu sapi. Dalam 100 gram susu kuda liar terdapat 0,8 persen protein sedangkan susu sapi mencapai 3,2 persen. Hal ini membuat susu kuda liar lebih mudah dicerna dibanding dengan susu sapi. Selain itu, kualitas protein susu kuda juga lebih baik daripada susu sapi karena susu kuda mengandung jenis asam amino yang lebih lengkap.  Jadi, bagi anak-anak atau orang dewasa yang memiliki alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, bisa meminum susu kuda sebagai penggantinya.

3. Tidak Bikin Gemuk

Diketahui dalam tiap 100 gram susu kuda liar mengandung 44 kalori. Jumlah ini lebih sedikit dibanding susu sapi yang mengandung sebesar 64 kalori.  Jadi, susu kuda sangat cocok buat kamu yang sedang diet atau menjaga berat badannya, karena tidak bikin gemuk. Selain itu, susu kuda juga mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh sehingga kadar kolesterol tetap terjaga.

4. Melancarkan Pencernaan

Susu kuda liar juga sudah lama digunakan sebagai obat alami yang ampuh mengatasi beragam masalah pencernaan yang disebabkan karena serangan bakteri jahat dalam usus seperti diare dan infeksi usus. Hal ini berkat kandungan lysozyme dan lactoferrin yang bisa menghentikan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus. Lysozyme adalah enzim yang berperan sebagai agen antimikroba, sedangkan lactoferrin adalah zat yang memiliki sifat antibakteri, antioksidan dan antiinflamasi yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Itulah mengapa susu kuda yang mengandung kedua nutrisi tersebut juga dapat bekerja sebagai probiotik yang dapat menstimulasi pertumbuhan bakteri baik seperti lactobacillus plantarum dan lactobacillus salivarius.

5. Baik untuk Kecantikan Wajah

Susu kuda juga sama baiknya seperti susu kambing dalam hal menjaga kecantikan kulit wajah. Kandungan laktoferin yang terdapat di dalamnya berkhasiat sebagai pelembab alami yang bisa membantu meregenerasi kulit dan memperlambat penuaan dini. Enggak hanya itu saja, susu kuda juga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi jerawat karena mengandung zat antibakteri di dalamnya. Menurut beberapa penelitian, susu kuda liar juga mampu membantu proses penyembuhan beberapa masalah kulit seperti eczema, psoriasis, dan neurodermatitis.

Bagaimana? Tertarik mengonsumsi susu kuda liar? Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar nutrisi makanan tertentu, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: