15 May 2018

Agar Anak Semangat Puasa, Ibu Bisa Lakukan Ini

Agar Anak Semangat Puasa, Ibu Bisa Lakukan Ini

Halodoc, Jakarta – Mengajarkan anak berpuasa memang perlu dilakukan sejak dini. Namun, tidak seperti orang dewasa yang sudah terbiasa berpuasa, anak-anak lebih sulit menahan rasa lapar dan dahaga. Oleh karena itu, sebagai orangtua, ibu wajib memberikan semangat kepada Si Kecil agar dapat menjalankan ibadah puasanya dengan baik. Apakah ibu berencana melatih Si Kecil untuk berpuasa di tahun ini? Berikut tips yang bisa ibu lakukan untuk membuat anak semangat puasa.

 

  • Tumbuhkan Keinginan Berpuasa dalam Hati Si Kecil

 

Alangkah baiknya bila Si Kecil berpuasa bukan karena dipaksa oleh ibu, melainkan atas dasar keinginannya sendiri. Namun, bagaimana cara menumbuhkan keinginan berpuasa dalam hati anak-anak? Ibu bisa meluangkan waktu lebih banyak untuk mengajarkan pendidikan agama pada Si Kecil, seperti mengajaknya bersama-sama membaca Al-Quran, memberikan pemahaman mengenai kewajiban Muslim untuk menjalankan ibadah puasa, dan sebagainya. Dengan cara tersebut, ibu tidak hanya bisa membuat anak semangat untuk berpuasa, tapi Si Kecil juga dapat menjalankan ibadahnya dengan sungguh-sungguh.

 

  • Beri tahu Si Kecil Manfaat Berpuasa

 

Selain sebagai perintah agama yang harus dijalankan, Si Kecil juga harus tahu bahwa puasa juga merupakan kegiatan yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Beri tahu anak bahwa berpuasa dapat meningkatkan kekebalan tubuhnya dan menghindarkan dirinya dari berbagai penyakit. Dengan cara ini, mungkin anak akan lebih semangat dalam menjalankan ibadah puasa.

(Baca juga: Anak Enggak Boleh Puasa? Inilah 5 Manfaat Puasa Untuknya)

 

  • Isi dengan Kegiatan Menyenangkan

 

Cara yang satu ini mengandalkan kreativitas dari ibu agar anak tidak merasa berat ketika menjalani hari-harinya selama berpuasa. Ibu bisa mengajak Si Kecil membaca buku, menonton film, bermain permainan kesukaannya, dan lain-lain. Namun, hindari mengajak anak main di luar rumah saat cuaca panas atau melakukan kegiatan yang bisa membuatnya haus dan kelelahan. Buatlah puasa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan istimewa untuk Si Kecil agar dia bersemangat dalam berpuasa.

 

  • Beri Pujian

 

Puasa merupakan kegiatan yang penuh tantangan bagi Si Kecil. Jadi, bila anak masih belum bisa menahan rasa lapar dan hausnya sampai waktu yang ibu tentukan, jangan memarahinya. Memarahi Si Kecil justru bisa membuatnya merasa rendah diri dan enggan berpuasa. Namun sebaliknya, ibu disarankan untuk memberikan Si Kecil pujian untuk setiap kemajuan yang ia lakukan. Dengan cara tersebut, ibu secara tidak langsung akan membesarkan hatinya dan memacunya untuk lebih semangat lagi berpuasa.

 

  • Beri Rewards

 

Cara lain yang juga efektif agar Si Kecil lebih termotivasi menjalankan ibadah puasa adalah dengan memberikannya reward. Berikan hadiah berupa alat tulis, mainan, memasakkan makanan kesukaannya, atau mengajaknya jalan-jalan, agar Si Kecil terpacu untuk melakukan puasanya dengan maksimal. Reward ini tentu saja baru bisa Si Kecil dapatkan bila ia bisa dengan disiplin bangun untuk sahur, menjalani puasa, salat 5 waktu, hingga salat taraweh. Namun, ibu sebaiknya tidak memberikan reward yang yang terlalu mahal atau berlebihan. Cara ini bisa merusak mental anak dan membuat ia berpuasa hanya karena ingin mendapatkan reward.

Bila Si Kecil sakit, ibu bisa membeli berbagai macam suplemen dan produk kesehatan lewat aplikasi Halodoc, lho. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Apotek Antar dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!