11 June 2018

Agar Anak Tidak Mudah Sakit Saat Mudik

Agar Anak Tidak Mudah Sakit Saat Mudik

Halodoc, Jakarta – Membawa mobil pribadi menjadi salah satu pilihan transportasi mudik yang cukup diminati. Apalagi kalau kamu memiliki waktu yang cukup panjang dan ingin menikmati perjalanan bersama keluarga. Membawa mobil sendiri juga dinilai lebih praktis, terlebih kalau anak-anak ikut dalam perjalanan.

Sah-sah saja jika kamu dan keluarga memutuskan untuk membawa Si Kecil dalam perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi. Tapi pastikan untuk tidak abai dan memperhatikan hal-hal yang cukup penting, salah satunya adalah kondisi kesehatan anak. Sebab anak-anak umumnya masih memiliki sistem pertahanan tubuh yang belum sempurna. Sehingga Si Kecil cenderung mudah terserang sakit. Agar perjalanan mudik lancar dan anak tidak sakit, yuk perhatikan beberapa hal berikut!

 

  • Jangan Terlalu Lelah

 

Perjalanan mudik akan menjadi hal yang menyenangkan bagi Si Kecil. Hal itu juga bisa membuatnya lebih aktif bermain dan terkadang terlalu bersemangat. Nah, orangtua sebaiknya menghindari hal ini. Sebab jika tubuh terlalu lelah, maka ancaman serangan penyakit pun akan semakin meningkat.

 

  • Ambil Waktu Istirahat

 

Agar terhindar dari hal yang tak diinginkan, pastikan untuk mengambil waktu istirahat di tengah perjalanan. Jika kamu mengendarai mobil bersama anak, biasakan untuk menepi dan berhenti setiap tiga atau empat jam sekali. Hal ini penting untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Pasalnya terlalu lama berada di dalam mobil yang memiliki suhu dingin bisa memicu masalah tersendiri. Gunakan waktu tersebut untuk mengajak anak pergi ke kamar kecil, atau sekadar berjalan untuk “meluruskan badan”.

(Baca juga: Hindari Lakukan Ini agar Tak Mabuk Perjalanan)

 

  • Makanan Sehat

 

Meski sedang di tengah perjalanan, usahakanlah untuk tetap menjaga pola makan yang sehat. Yaitu dengan tidak terlambat makan atau mengonsumsi sembarangan makanan. Kesehatan tubuh tetap sangat dibutuhkan agar sampai dengan selamat di kampung halaman. Maka penting untuk selalu mengonsumsi makanan sehat yang memiliki nutrisi seimbang.

 

  • Bawa Mainan

 

Salah satu cara untuk menghindari anak rewel selama perjalanan mudik adalah membawa serta mainan favorit dari rumah. Hal ini penting untuk menghindari rasa bosan pada anak sehingga ia bisa lebih tenang dan menikmati perjalanan.

Membawa serta mainan selama perjalanan juga bisa digunakan sebagai “teman” Si Kecil sehingga ia tidak merasa kesepian. Namun usahakan untuk membawa mainan yang tidak terlalu besar agar tidak memakan banyak tempat dan malah membuat mobil terasa penuh.

(Baca juga: Mual Saat Mudik, Coba Atasi dengan Cara Ini)

 

  • Siapkan Obat-obatan

 

Jangan lupakan kotak obat untuk teman perjalanan mudik. Pastikan untuk mengisinya dengan jenis obat-obatan sederhana yang bisa menjadi pertolongan pertama saat anak sakit. Misalnya obat batuk, obat demam, dan obat diare. Sebab ketiga penyakit tersebut cukup sering menyerang selama perjalanan, terutama flu dan pilek.

Anak-anak lebih rentan mengalami flu, pilek, dan batuk akibat kurang tidur, dan tubuh yang terlalu lelah karena perjalanan. Maka pastikan Si Kecil selalu mendapatkan istirahat yang cukup selama menempuh perjalanan mudik kali ini.

(Baca juga: 5 Tips Agar Anak Enggak Rewel Diajak Mudik)

Saat persediaan obat-obatan yang dibutuhkan habis, tidak perlu panik! Pakai aplikasi Halodoc untuk belanja obat, suplemen vitamin, dan produk kesehatan lain. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirm dalam waktu satu jam. Gratis ongir, lho! Jangan lupa download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sebelum mudik.