30 January 2018

Agar Flawless, Lakukan Ini untuk Hilangkan Noda di Wajah

Agar Flawless, Lakukan Ini untuk Hilangkan Noda di Wajah

Halodoc, Jakarta – Bintik-bintik hitam pada wajah memang mengganggu karena dapat membuat wajah terlihat kusam dan kurang menarik.  Noda wajah ini juga biasanya bandel dan sulit dihilangkan. Kamu memang bisa menggunakan makeup untuk menutupinya, tapi tentunya kamu ingin wajahmu tetap terlihat cantik dan flawless tanpa makeup kan? Yuk perhatikan cara menghilangkan noda di wajah berikut ini.

Penyebab Noda Hitam Pada Wajah

Noda hitam adalah salah satu masalah kulit wajah yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Milenin dalam kulit bisa berkumpul di satu area pada wajah sehingga terlihat seperti noda hitam. Ada beberapa faktor yang merupakan penyebab munculnya noda hitam ini, yaitu:

  • Faktor alamiah tubuh. Ada beberapa orang yang tubuhnya memproduksi melanin dalam jumlah yang sangat banyak, sehingga membuat kulit wajahnya menjadi terlihat gelap.
  • Paparan Sinar Matahari. Sering beraktivitas di tempat terbuka yang terkena paparan sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya atau pelindung, bisa memicu timbulnya bintik-bintik hitam pada wajah. Selain itu, sering terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang lama juga dapat memecah kolagen dalam kullit, sehingga bisa menyebabkan penuaan dini dan timbul keriput.
  • Jerawat.  Jerawat yang dipencet akan menimbulkan bekas yang kemudian akan menjadi noda di wajah.
  • Obat-obatan. Beberapa kandungan dalam obat, seperti estrogen, sulfonamide, dan tetrasilin dapat membuat kulit wajah jadi lebih sensitive walaupun kamu tidak terpapar sinar matahari.
  • Perubahan Hormonal.

Cara Alami Atasi Noda Hitam pada Wajah

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena noda hitam pada wajah bisa diatasi dengan cara aman dan alami berikut ini:

  • Cuka Apel

Kandungan asam hidroksi dalam cuka apel dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit, sehingga kulit wajah pun akan semakin cerah. Cara menggunakannya adalah oleskan cuka apel ke bintik-bintik hitam pada wajah dengan bola kapas, dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

  • Bawang putih

Bawang putih ternyata tidak hanya berkhasiat untuk mengobati penyakit, tapi juga bermanfaat untuk kecantikan. Memiliki kandungan yang bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, bawang putih dapat membantu menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya, oleskan irisan bawang putih atau tumbukan bawang putih pada bintik-bintik hitam di wajah. Biarkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

  • Kentang dan Madu

Karena mengandung nutrisi yang cukup banyak, yaitu natrium, kalsium, magnesium, aluminium, besi, fosfor, dan kalium, madu bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang akan membuat kulitmu lebih cerah. Campurkan madu ke dalam kentang yang sudah ditumbuk, lalu oleskan campuran tersebut ke bintik-bintik hitam di wajahmu. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

  • Lemon

Lemon kaya akan kandungan vitamin C yang data menetralisir bakteri pada kulit. Jika dicampurkan dengan madu, maka akan memiliki manfaat yang besar dalam menghilangkan noda. Campur air perasan dari setengah butir lemon dengan dua sendok the madu, lalu oleskan campuran tersebut ke noda pada wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

  • Lidah Buaya

Tidak hanya untuk menyuburkan rambut gel lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah.

Jika kamu memiliki masalah kecantikan lainnya, jangan ragu untuk membicarakan kondisimu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter untuk bertanya-tanya seputar masalah kulit melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkanmu untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini memiliki fitur Lab Service yang memudahkanmu melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.