Agar Sehat, Berapa Langkah Kaki yang Dibutuhkan dalam Satu Hari?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Agar Sehat, Berapa Langkah Kaki yang Dibutuhkan dalam Satu Hari?

Halodoc, Jakarta - Olahraga menjadi salah satu cara yang baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Tentunya, harus diimbangi dengan asupan makanan bergizi dan pola hidup yang sehat. Tidak perlu melakukan olahraga berat, karena kamu bisa tetap sehat meski hanya dengan berjalan kaki.

Pakar kesehatan menuturkan jalan kaki bisa membantu kamu menambah stamina, membuat jantung lebih sehat, dan membakar kalori. Berjalan menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan tanpa perlu usaha dan energi tambahan untuk dapat menurunkan berat badan. Namun, agar jalan kaki yang kamu lakukan menjadi optimal, sebenarnya berapa jumlah langkah kaki yang dianjurkan dalam sehari?

Anjuran Jumlah Langkah Kaki Harian

Sebagian besar ahli kesehatan menganjurkan untuk berjalan kaki hingga 10 ribu langkah setiap harinya untuk mendapatkan tubuh sehat yang optimal. Namun, Departemen Kesehatan Amerika Serikat tidak memiliki anjuran atau rekomendasi mengenai jumlah langkah kaki setiap hari yang dibutuhkan.

Di sisi lain, Physical Activity Guidelines dari Amerika menyarankan agar melakukan aktivitas aerobik selama 150 menit intensitas sedang atau 75 menit intensitas berat pada orang dewasa. Tetap saja, aerobik ini harus diimbangi dengan jenis olahraga lainnya. Jika dihitung, rekomendasi tadi sama dengan 7 - 8 ribu langkah kaki haruan.

Lalu, apakah anjuran 10 ribu langkah itu berlebihan? Nyatanya berjalan kaki untuk kesehatan hingga 10 ribu langkah akan memberikan manfaat yang lebih baik untuk tubuh. Studi menunjukkan seseorang yang memenuhi jumlah langkah kaki hingga 10 ribu cenderung memiliki tekanan darah yang lebih baik sekaligus meningkatkan jumlah glukosa dalam tubuh.

Meski begitu, tidak ada anjuran bahwa kamu harus berjalan kaki hingga 10 ribu langkah setiap hari. Cukup dilakukan secara rutin, berjalan akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Semakin banyak jumlahnya, semakin besar manfaat berjalan kaki bagi kesehatan.

Jadi, Sudah Berapa Langkah Jalan Kakimu Hari Ini?

Setiap orang rata-rata berjalan kaki antara 3 - 4 ribu langkah setiap hari. Namun, aktivitas ini tetap bergantung pada jenis aktivitas lainnya. Jadi, jika kamu ingin tahu sudah berapa banyak langkah kaki yang sudah kamu kumpulkan hari ini, kamu bisa mengunduh aplikasi pedometer di ponsel. Tidak hanya jalan kaki, aplikasi ini bisa menghitung jarak tempuh jika kamu berlari.

Ada banyak jenis aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan jumlah langkah kaki harian. Misalnya, kamu memilih berjalan ketika turun dari angkutan umum ke kantor dibandingkan menggunakan bus shuttle, memilih berjalan ketika berbelanja dibandingkan dengan menggunakan sepeda motor, memilih naik turun menggunakan tangga dan bukan dengan lift, dan masih banyak lagi.

Intinya, bukan seberapa banyak langkah kaki kamu hari ini, melainkan tetap konsisten agar tubuh selalu bergerak. Jika memungkinkan, kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan olahraga lain pada akhir pekan. Tentu saja, kamu juga harus mengimbanginya dengan gaya hidup sehat dan mengonsumsi vitamin.

Tidak perlu khawatir kalau aktivitas padat membuat kamu tidak sempat membeli vitamin. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc. Layanan Apotek Antar di aplikasi ini memudahkan kamu dalam membeli obat atau vitamin tanpa perlu keluar rumah. Jadi, download aplikasi Halodoc sekarang juga, ya!


Baca juga: