23 February 2018

Agar Tidur Lebih Nyenyak, Coba Biasakan Senam Ini

Agar Tidur Lebih Nyenyak, Coba Biasakan Senam Ini

Halodoc, Jakarta – Sering susah tidur? Kalau iya, sebaiknya kamu perlu berhati-hati. Sebab banyak studi mengatakan kualitas tidur yang buruk berkaitan dengan berbagai risiko penyakit. Namun, kamu enggak perlu cemas. Sebab banyak cara kok untuk meningkatkan kualitas tidur, salah satunya lewat senam agar tidur lebih nyenyak.

Kamu enggak perlu bingung untuk memilih senam seperti apa, karena senam yoga menurut ahli cukup ampuh, lho, untuk meningkatkan kualitas tidur. Kok bisa? Yuk, simak ulasan pose yoga agar bikin mata kamu lebih cepat terlelap:

  1. Hastapadasana

Pose yoga yang satu ini dipercaya sebagai pose senam yang bisa bikin tidur lebih nyenyak. Seperti dilansir Health Me Up,  posisi ini membantu meluruskan otot punggung, membuat luang belakang lebih lentur, dan meningkatkan aliran darah. Menarik, bukan?

Kamu bisa berdiri tegak dengan kaki berdekatan untuk memulai pose awalnya. Lalu, letakkanlah tangan lurus di samping tubuh. Selanjutnya coba untuk buat berat badan seimbang di antara dua kaki. Nah, barulah tarik napas perlahan-lahan sambil menggerakan tangan ke atas.

Kemudian keluarkan napas dan gerakan tubuh ke arah depan (gerakan tangan mengikuti gerakan tubuh). Setelah itu, kamu perlu menggerakan tubuh dan tangan ke bawah hingga lurus dengan kaki, dan tahanlah posisi itu selama 20-30 detik sambil bernapas dalam-dalam.

  1. Janusirsasana

Manfaat pose senam agar tidur lebih nyenyak ini enggak sulit kok. Kamu bisa memulainya dengan kepala menunduk ke lutut, dan rasakan sensasi seolah-olah otak kamu “jatuh”. Pose ini dipercaya bisa mengilangkan rasa cemas dalam pikiran.

Gerakannya gampang kok. Kamu hanya perlu duduk dengan nyaman di lantai dan berselonjor. Lalu, kamu hanya perlu melipat salah satu kaki dan sentuhkan telapak kaki itu ke paha bagian dalam kaki yang lain.

Nah, setelah kaki terlipat dengan baik, lalu condongkan dada, leher, dan kepala menuju kaki serta tahanlah selama beberapa menit. Nah, ketika dalam posisi ini kamu perlu bernapas teratur. Pose ini bisa lho menghilangkan rasa kaku pada pundak secara perlahan.

  1. Paschimottanasana

Menurut para ahli seperti dilansir Telegraph, berlatih yoga setiap hari enggak hanya membuat kamu mudah tertidur, tapi juga dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Nah, salah satunya melalui pose yang satu ini.

Kamu hanya perlu menyelonjorkan kedua kakimu ke depan. Lalu, secara perlahan majukan badan bagian atas menuju kaki. Yang kamu perlu lakukan, buatlah dirimu rikeks, biarkan rasa stres menghilang. Lalu, tahanlah gerakan ini sembari bernapas secara teratur. Kamu bisa mengulanginya hingga tubuhmu berkeringat dan lebih segar.

  1. Goddess

Pose senam agar tidur lebih nyenyak ini dimulai dengan memposisikan tubuh dengan posisi terlentang. Lalu, dekatkanlah tanganmu ke area pinggul. Lalu, angkat kakimu, dan reganggkan bagian lutut ke luar. Selanjutnya, kamu hanya perlu membiarkan telapak kakimu menyentuh satu sama lain.

Bagaimana, tetarik untuk melakukannya? Yuk, senam agar tidur lebih nyenyak! Nah, bila kamu punya seputar pertanyaan mengenai senam dan masalah gangguan tidur, kamu bisa lho bicara ke dokter melalui aplikasi Halodoc

Mengatasi Gangguan Tidur

Salah satu manfaat yoga juga bisa mengatasi gangguan tidur seperti yang disebabkan oleh hipertiroid. Kelenjar  tiroid yang kelewat batas dan bekerja terlalu keras bisa menghasilkan hormon (tiroxin-triiodotironin) yang enggak terkendali. Alhasil, bisa membanjiri tubuh dan menyebabkan kekacauan metabolisme yang membuat pengidapnya merasa terlalu aktif dan kelebihan energi. Nah, sebagai hasilnya adalah gejala klasik, sulit tidur!

Yoga memang dikenal sebagai salah satu terapi sulit tidur yang sangat efektif. Salah satunya yang berhubungan dengan hipertiroid. Menurut pakar yoga dunia, BKS Iyengar, hampir seluruh asana membungkukkan badan ke depan memiliki efek mendinginkan tubuh, sehingga orang yang sulit tidur jadi lebih tenang.

Enggak hanya itu, pakar yoga itu juga menemukan asana duduk dengan membungkukkan tubuh ke depan, seperti Janusirsasana, bisa memindahkan sistem saraf sympathetic (yang membuat tubuh dalam kondisi tegang) ke saraf parasympathetic (pengontrol kerja organ tubuh dan identik dengan rasa nyaman). Nah, inilah alasannya pengidap insomnia bisa memasuki alam tidur dengan lebih mudah. Bagaimana, penasaran untuk mencobanya?

Kalau kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, kamu bisa menggunakan Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya kapan saja dan dimana saja. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.