08 June 2018

Aktivitas Ngabuburit Seru untuk Ibu Hamil

Aktivitas Ngabuburit Seru untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Mengisi waktu sambil menunggu berbuka puasa alias ngabuburit ternyata bisa dilakukan dengan banyak aktivitas yang seru, lho. Wanita hamil yang berpuasa pun bisa memetik banyak manfaat sehat dari kegiatan yang satu ini.

Tentu saja, hal itu hanya berlaku jika ibu mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat. Apa saja sih kegiatan seru dan bermanfaat yang bisa dilakukan sambil ngabuburit?

 

  • Membaca

 

Rutin membaca telah terbukti bisa memberi manfaat yang baik untuk ibu hamil maupun janin. Membaca bisa membantu menurunkan risiko ibu hamil mengalami stres. Sebab stres pada ibu hamil bisa memberi dampak yang cukup berbahaya.

Selain itu, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa rutin membaca dapat membantu menurunkan risiko Alzheimer. Termasuk pada orang yang sudah lansia. Nah, sambil menunggu waktu berbuka puasa, ibu bisa mencoba untuk membaca buku-buku favorit. Bisa juga mengisi waktu untuk membaca kitab suci Alquran.

 

  • Mendengarkan Musik

 

Selain membaca, ibu hamil juga bisa mengisi waktu dengan mendengarkan musik. Nyatanya, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan stres pada ibu hamil.

Saat seorang ibu hamil mengalami stres yang tinggi, maka risiko bayi lahir prematur, dan berat badan lahir bayi rendah pun semakin meningkat. Mendengarkan musik bisa membantu ibu merasa lebih rileks, apalagi setelah menjalani ibadah puasa. Selain itu, mendengarkan musik juga bisa merangsang kecerdasan janin, sebab bayi sudah mulai belajar bahkan sejak masih di dalam kandungan.

(Baca juga: Manfaat Mendengarkan Musik untuk Ibu Hamil)

 

  • Berolahraga

 

Ada beberapa jenis olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil. Salah satunya adalah berenang. Olahraga yang dilakukan di air ini ternyata bisa memberi banyak manfaat bagi wanita yang sedang hamil. Mulai dari melatih pernapsan, memperkuat kekebalan tubuh, meredakan nyeri punggung, hingga menjaga berat badan ibu.

Selain itu, ibu juga bisa melakukan jenis olahraga lainnya. Namun sebaiknya hindari melakukan olahraga yang terlalu berat karena bisa mengganggu puasa dan memicu masalah lain. Cobalah untuk melakukan jenis olahraga ringan seperti yoga atau jalan santai pada sore hari sebelum berbuka puasa.

(Baca juga: Manfaat Tersembunyi dari Olahraga Renang Bagi Ibu Hamil)

 

  • Memasak dan Belanja Santapan Berbuka

 

Ibu hamil juga bisa mengisi waktu menunggu buka puasa dengan berbelanja bahan makanan. Apalagi kalau ibu berniat untuk memasak hidangan buka puasa untuk keluarga. Pilihlah waktu yang tepat untuk pergi ke pasar dan mendapatkan bahan makanan yang dibutuhkan.

Sebagian orang mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk memasak sendiri di rumah. Tapi jangan khawatir, saat ini sudah banyak jajanan alias takjil yang dijual. Ibu bisa membeli takjil tersebut untuk dinikmati bersama keluarga. Manfaatkan waktu ngabuburit untuk mencari jenis makanan favorit yang diinginkan.

 

  • Berkebun

 

Selain mengisi waktu, jalan-jalan di kebun belakang rumah juga bisa memberi efek yang luar biasa bagi ibu hamil. Selain udara yang sejuk, melihat hijaunya rumput dan birunya langit juga sangat bermanfaat. Ibu juga bisa memilih untuk berkebun sambil mengisi waktu.

(Baca juga: 6 Tips Puasa Bagi Ibu Hamil yang Tidak Boleh Disepelekan)

Namun perlu diingat, pastikan untuk mengenakan perlengkapan berkebun dan utamakan keselamatan. Jika mengalami hal yang tak diinginkan, dan butuh obat segera, pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah beli obat dan produk kesehatan lain dengan layanan antar. Pesanan ibu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!