• Home
  • /
  • Alasan Anak Perempuan Lebih Dekat dengan Ayah

Alasan Anak Perempuan Lebih Dekat dengan Ayah

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Alasan Anak Perempuan Lebih Dekat dengan Ayah

Halodoc, Jakarta – I may find my prince someday, but my daddy will always be my king! Setiap anak perempuan membutuhkan role model dalam hidupnya. Tanpa bermaksud mengecilkan peran ibu, namun banyak penelitian yang mengatakan kalau anak perempuan lebih dekat dengan ayahnya.

Di awal perkembangan usia, kebutuhan tersebut diperolehnya dari lingkungan terdekat dan siapa lagi kalau bukan orangtua. Untuk anak perempuan, peran ayah sangat penting. Ayah adalah sosok pria pertama yang dikenal oleh anak perempuan dan menjadi gambaran yang bakal dipegangnya di masa depan mengenai pria ideal sesungguhnya.

Untuk lebih jelasnya lagi berikut adalah alasan anak perempuan dekat dengan ayahnya.

  1. Sosok Pria Pertama yang Dikenal Anak Perempuan

Sebagai sosok pria pertama yang dikenal anak perempuan, ayah menjadi acuan bagaimana seharusnya pria yang baik tersebut. Bagaimana cara ayah memperlakukan ibu kemudian pola asuh kepada anak-anaknya menjadi ingatan kekal yang menjadi kriteria menilai pria-pria lain ke depannya.

  1. Menyayangi dengan Cara Keren

Bukan berarti bersama ibu tidak nyaman tetapi bersama ayah, para anak perempuan akan mendapatkan pengalaman berharga yang unik. Misalnya dari cara ayah menyisir rambut si anak perempuan yang tidak sebagus ibu namun tetap keren. Bagaimana ayah selalu berhasil menemukan permainan-permainan “nyeleneh” tapi menyenangkan untuk dilakukan.

  1. Paling Bisa Memanjakan Anak Perempuannya

Bagaimana tidak anak perempuan dekat dengan ayah, soalnya ayahlah yang paling bisa memanjakan anak-anaknya. Kalau ibu menerapkan aturan, ayah adalah partner in crime anak perempuan dalam melanggar aturan. Ketika ibu menerapkan aturan tidur siang, ayah akan berkompromi supaya ada sedikit kelonggaran untuk jam tidur tersebut.

  1. Ayah Mengajarkan Anak Perempuannya untuk Menjadi Tangguh

Dalam perasaan sayang dan manja yang diberikannya, diam-diam ayah menyelipkan pesan untuk hidup tangguh kepada anak perempuannya. Ayah adalah sosok yang tidak mengungkapkan kekecewaannya secara eksplisit. Namun, ketika ayah menatap dalam anak perempuannya, semua kata-kata yang tidak mampu terucapkan akan terbaca jelas lewat sorot matanya. (Baca juga 5 Menu Sarapan untuk Hari Pertama Sekolah)

  1. Contoh Hubungan Romantis

Akan selalu ada moment ketika wanita dewasa mengenang bagaimana rumah-tangga ayah dan ibunya dulu dan membandingkannya dengan hubungan yang dijalaninya sekarang. Pengalaman masa depan inilah yang membuat anak perempuan dekat dengan ayahnya.

Linda Nielsen, profesor pendidikan di bidang psikologi anak dan remaja, melakukan penelitian mengenai dampak kedekatan hubungan ayah dan anak perempuannya terhadap kualitas hidup anak perempuan tersebut di masa depan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, terdapat beberapa catatan menarik bagaimana tumbuh kembang seorang anak perempuan menjadi wanita dewasa bergantung kepada kualitas hubungannya dengan sang ayah.

  • Ayah yang terlibat aktif dalam prestasi atau kegiatan akademik anak perempuannya akan membuat si anak tumbuh menjadi wanita yang lebih percaya diri dan pemimpin dalam lingkungan sosialnya.
  • Sifat ambisius ayah akan menular ke anak perempuannya sehingga bila ayah ambisius memiliki hubungan intens dengan anak perempuannya akan mendorong sang anak untuk lebih fokus mengejar cita-cita dan passion-nya.
  • Wanita yang memiliki kedekatan hubungan emosional dengan ayah ketika kecil lebih jarang patah hati dengan penjelasan ketika seorang anak perempuan memiliki role model yang tepat mengenai bagaimana sebaiknya pria memperlakukan wanita, maka dia akan lebih selektif memilih teman kencannya.
  • Tidak gampang stres wanita yang ketika kecil dulu memiliki kedekatan emosional dengan ayahnya cenderung tidak gampang stres ketimbang yang tidak.

Nah, buat kamu yang juga memiliki super dad, sebagai ungkapan rasa syukur, kamu bisa memberikan yang terbaik juga untuk ayah tercinta lewat layanan kesehatan Halodoc. Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali ayah kamu periksa kesehatan? Di Halodoc ada fitur Lab Service yang memudahkan kamu melakukan berbagai macam tes kesehatan tanpa perlu ke rumah sakit. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.