24 May 2018

Alasan Kolesterol Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Alasan Kolesterol Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Halodoc, Jakarta - Selama ini kamu tentu sering mendengar tentang kolesterol tinggi. Namun, apa sih sebenernya kolesterol tinggi itu?  Nah, perlu kamu tahu jika sebenarnya kolesterol terdiri dari 3 komponen. Masing-masing komponen mempunyai fungsinya sendiri. Yuk, cari tahu berikut ini:

  1. LDL atau low density lipoprotein atau yang sering dijuluki sebagai lemak jahat. LDL ini membentuk timbunan pada pembuluh darah terutama arteri. Timbunan lemak ini semakin lama semakin tebal dan mengeras, sehingga dapat menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Kadar optimal LDL adalah di bawah 100 mg/dl.
  2. HDL atau high density lipoprotein atau si lemak baik. HDL ini dapat membersihkan dan mengangkut timbunan lemak pada pembuluh darah. Penyebab HDL yang rendah adalah kurangnya aktivitas fisik, terlalu gemuk, dan merokok. Kadar optimal HDL adalah di atas 60 mg/dl.
  3. Trigliserida terbentuk jika kamu mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan. Jika kamu makan dengan porsi yang besar dan tidak diimbangi dengan aktivitas yang cukup, maka kadar trigliserida ini akan meningkat. Kadar optimal trigliserida adalah di bawah 150 mg/dl.

 Apa saja yang bisa kamu lakukan agar kadar kolesterol optimal?

  1. Ketahui dulu kadar kolesterol dalam tubuh. Rutinlah check up 2 kali dalam setahun untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh.
  2. Jaga berat badan berada pada angka yang ideal. Penelitian membuktikan bahwa obesitas mengganggu metabolisme tubuh dalam memecahkan lemak tubuh.
  3. Berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Rutin berolahraga kurang lebih 30 menit per hari dengan frekuensi 3-4 kali per minggu, dapat meningkatkan kadar HDL..
  4. Konsumsi lebih banyak sumber lemak nabati untuk meningkatkan HDL. Sumber lemak nabati contohnya dari kacang-kacangan, minyak zaitun, dan buah alpukat.
  5. Hindari junkfood karena jenis makanan ini mengandung LDL. Hindari juga makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Hindari aneka jeroan serta daging olahan.

Nah, kalau ingin tahu lebih banyak mengenai gangguan kesehatan khususnya penyakit jantung, yuk tanyakan pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!