• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Dilarang Berteman Bisa Jadi Pribadi Antisosial, Benarkah?

Anak Dilarang Berteman Bisa Jadi Pribadi Antisosial, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Pernah dengar tentang gangguan antisosial? Seperti namanya, antisosial adalah gangguan kepribadian yang ditandai dengan penyimpangan perilaku seperti mengabaikan dan melanggar hak orang lain, tidak memiliki rasa empati, dan manipulatif. Beberapa jenisnya adalah psikopat dan sosiopat. 

Seperti jenis gangguan kepribadian lainnya, antisosial juga tidak diketahui pasti apa penyebabnya, karena diyakini merupakan kombinasi dari berbagai faktor seperti genetik dan lingkungan. Lalu, apakah pola asuh anak seperti melarangnya berteman dengan orang lain bisa memicu gangguan kepribadian antisosial?

Baca juga: 5 Tanda-Tanda Gangguan Jiwa yang Sering Tak Disadari

Pribadi Antisosial Bisa Terbentuk Akibat Pola Asuh

Sebenarnya, kalau hanya dilarang berteman saja, belum tentu anak jadi pribadi antisosial. Terlebih jika di rumah ia punya banyak saudara, dan diberi perhatian serta stimulasi maksimal dari orangtuanya. Jika melihat dari sudut pandang yang lebih luas, melarang anak berteman dengan berbagai pertimbangan sebenarnya boleh saja. Misalnya jika lingkungan sekitarnya punya pergaulan yang buruk. 

Justru, menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Michigan, University of Pennsylvania, dan Michigan State University, anak yang kurang mendapat perhatian dan kehangatan orangtua, atau mendapat didikan yang terlalu keras, dapat membuatnya menjadi pribadi yang agresif dan antisosial. Pola asuh seperti ini juga memungkinkan anak tumbuh jadi orang yang kurang empati dan melanggar nilai moral. 

Kesimpulan itu didasarkan pada hasil penelitian terhadap 227 pasangan yang memiliki anak kembar identik. Lalu, para peneliti menganalisis pola asuh orangtua yang berbeda, di mana masing-masing anak kembar punya pengalaman berbeda dari prediksi perilaku antisosialnya. Anak kembar yang mendapat didikan sangat keras dan kurang kehangatan emosional dari orangtuanya, berpotensi lebih besar untuk bersikap agresif dan kurang simpati. 

Baca juga: Apakah Olahraga Dapat Meminimalisir Gangguan Kepribadian?

Bisakah Gangguan Kepribadian Antisosial Disembuhkan?

Karena ada banyak faktor yang bisa membuat seorang anak memiliki pribadi antisosial, menyembuhkan gangguan ini tentu saja tidak mudah. Hingga saat ini pun belum ada obat atau metode tertentu yang bisa menyembuhkan gangguan kepribadian antisosial.

Namun, pengobatan bukan berarti tidak bisa. Jika anak menunjukkan perilaku antisosial, orangtua sebaiknya segera membawanya ke psikolog untuk diperiksa lebih lanjut. Agar lebih mudah, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan psikolog di rumah sakit, dan ajak anak untuk menjalani pemeriksaan. 

Penanganan yang biasanya dilakukan untuk gangguan kepribadian antisosial adalah terapi perilaku atau psikoterapi, baik secara individu ataupun kelompok. Terapi ini bertujuan untuk mencegah perilaku yang dapat membahayakan orang lain dan diri pengidap sendiri, serta membimbing pengidap antisosial agar dapat hidup bermasyarakat dengan baik.

Jika ditemukan ada gejala gangguan mental dan emosional tertentu, dokter juga mungkin akan memberi obat-obatan. Misalnya, sulit meredam emosi atau dukungan untuk melakukan hal-hal buruk. Dokter biasanya akan memberi obat-obatan untuk menstabilkan mood dan obat penenang. 

Baca juga: Orangtua Berpotensi Memunculkan Gangguan Kepribadian Narsistik pada Anak

Dukungan dari orangtua sangat penting bagi anak yang mengidap gangguan kepribadian antisosial. Pastikan anak untuk menjalani setiap sesi terapi dan pengobatan lainnya dengan rutin dan disiplin. Jangan lupa untuk selalu mendampingi dan mendukung anak dalam kehidupan sehari-hari, agar bisa tetap sehat dan mengelola emosinya dengan baik. 

Referensi:
WXYZ. Diakses pada 2020. Study: Antisocial behaviors in children linked to parenting.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diseases & Conditions. Antisocial personality disorder.
Psych Central. Diakses pada 2020. Treatment for Antisocial Personality Disorder.
Psychology Today. Diakses pada 2020. Antisocial Personality Disorder.