• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Mulai MPASI, Pilih Ubi sebagai Camilan

Anak Mulai MPASI, Pilih Ubi sebagai Camilan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Memasuki usia 6 bulan tentunya semua ibu akan bersiap untuk mengenalkan Si Kecil dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Berbagai menu dapat disiapkan untuk membuat anak mengenali berbagai rasa dan tekstur dari makanan, salah satunya adalah ubi. Ubi merupakan salah satu jenis umbi yang memiliki rasa manis sehingga baik untuk diberikan pada bayi yang baru memasuki usia MPASI.

Baca juga: Ketahui Jenis MPASI yang Paling Cocok untuk Si Kecil

Beragam menu dapat disajikan dengan bahan ubi, mulai dari makanan utama hingga camilan. Jangan ragu untuk memberikan camilan ubi pada Si Kecil karena banyak manfaat kesehatan yang akan didapatkan anak dengan mengonsumsi ubi. Tidak ada salahnya ibu ketahui beberapa manfaat dari ubi bagi Si Kecil.

Ketahui Beberapa Hal Mengenai MPASI

Pada usia 6 bulan pertamanya, sebaiknya bayi hanya mengonsumsi ASI atau susu formula saja. Hindari memberikan makanan pendamping terlalu dini pada bayi. Berbagai macam risiko gangguan kesehatan dapat dialami anak, seperti alergi atau tersedak.

Setiap anak memiliki tumbuh kembang yang berbeda. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, perhatikan beberapa ciri utama yang menandakan anak telah siap menerima makanan pendamping ASI, yaitu:

  1. Anak mampu meraih dan memasukkan makanan ke dalam mulutnya sendiri.
  2. Anak dapat duduk sendiri tanpa bantuan dan kepala tersanggah dengan baik oleh tubuh.
  3. Anak membuka mulutnya dan membungkuk ke depan saat ditawarkan makanan.  
  4. Anak memiliki kontrol kepala yang baik. 

Selain itu, perhatikan pula tekstur makanan yang akan ibu berikan. Beda usia tentunya memiliki tekstur dan jenis makanan yang berbeda pula. Saat anak baru masuk usia 6 bulan, pastikan ibu memberikan makanan dengan tekstur yang sangat halus untuk mengenalkan makanan pertama pada bayi.

Baca juga: 6 Makanan Sehat bagi Anak yang Mulai MPASI

Ubi Menjadi Pilihan Menu MPASI Anak

Ubi menjadi salah satu makanan yang kaya akan nutrisi dan sangat baik untuk diberikan pada bayi sebagai makanan pertamanya. Tekstur ubi yang dapat dijadikan puree atau mashed membuat makanan ini menjadi makanan yang cukup mudah dikonsumsi oleh bayi. Selain itu, rasanya yang manis membuat ubi menjadi salah satu favorit menu MPASI bagi bayi.

Melansir dari laman Parenting Firstcry, tidak hanya sebagai menu tunggal, ubi dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan lain, seperti oats atau jenis sayuran lain untuk menambah nutrisi serta gizi yang diperlukan oleh bayi.

Ibu perlu tahu, ubi memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin, mineral, protein, omega 6, serat, karbohidrat, dan kalori yang baik untuk tumbuh kembang bayi. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa manfaat ubi bagi bayi:

1.Mencegah Konstipasi

Saat mulai dikenalkan MPASI, tidak jarang bayi mengalami masalah konstipasi. Hal ini disebabkan sistem pencernaan bayi yang belum bekerja secara optimal. Memberikan anak ubi nyatanya menjadi salah satu cara yang bisa ibu lakukan untuk menghindari anak mengalami konstipasi karena kandungan serat yang cukup tinggi pada ubi.

2.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Umumnya, bayi belum memiliki daya tahan tubuh yang optimal. Melansir Being The Parent, sebaiknya ibu berikan ubi sebagai makanan pendamping atau camilan bagi bayi. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada ubi. Vitamin C nyatanya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi.

3.Ubi Kaya Akan Mineral

Memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh membuat metabolisme bayi menjadi lebih optimal. Nah, ubi menjadi salah satu makanan yang memenuhi semua kebutuhan mineral dalam tubuh. Ubi memiliki hampir semua mineral yang dibutuhkan, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium.

Baca juga: Resep MPASI untuk Bayi Usia 6-8 Bulan

Itulah manfaat yang bisa didapatkan oleh Si Kecil ketika mengonsumsi ubi sebagai makanan pendamping ASI. Jangan ragu untuk segera gunakan aplikasi Halodoc dan tanya langsung pada dokter anak mengenai MPASI yang akan diberikan oleh bayi agar sesuai dengan usia Si Kecil.

Referensi:
Mom Junction. Diakses pada 2020. Health Benefits of Sweet Potatoes For Babies
Being The Parent. Diakses pada 2020. 5 Nutritional Benefits of Sweet Potatoes For Babies
Parenting Firstcry. Diakses pada 2020. Sweet Potato for Babies – Benefits and Recipe
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. When, What, and How to Introduce Solid Foods