31 January 2018

Anak Pemalu, Ini Cara Tingkatkan Rasa Percaya Dirinya

Anak Pemalu, Ini Cara Tingkatkan Rasa Percaya Dirinya

Halodoc, Jakarta – Beberapa anak ada yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, tapi ada juga yang membutuhkan waktu karena malu. Sebenarnya, malu adalah perasaan yang wajar dimiliki oleh Si Kecil saat menghadapi lingkungan baru. Namun, jika rasa malu membuat Si Kecil menghindari pergaulan, orang tua perlu mencari cara untuk meningkatkan rasa percaya diri Si Kecil. Intip tips berikut ini, yuk!

Ajak Si Kecil Bicara

Penyebab munculnya rasa tidak percaya diri setiap orang berbeda-beda. Jadi, sebelum ibu melakukan sesuatu untuk meningkatkan rasa percaya diri Si Kecil, ibu perlu mengajaknya bicara. Dengan begitu, ibu bisa tahu kenapa Si Kecil menjadi kurang percaya diri agar bisa mengajak Si Kecil bekerjasama untuk mencari solusinya.

Hargai Ide Si Kecil

Anak kecil cenderung melihat dunia dari sudut pandangnya. Karena itu, ibu tidak perlu terkejut saat Si Kecil mengeluarkan ide-ide unik. Dengarkan dan hargai apa yang Si Kecil sampaikan, karena menertawakan ide Si Kecil bisa menurunkan rasa percaya dirinya. Akibatnya, Si Kecil akan takut menyampaikan pendapatnya lagi di kemudian hari.

Fokus pada Kelebihan Si Kecil

Setiap anak memiliki hobi yang berbeda-beda. Ada yang hobi menggambar, mewarnai, menari, bernyanyi, atau hobi lainnya. Karena itu, ibu bisa mencari tahu apa yang Si Kecil sukai dan bantu mereka mengasah hobi tersebut. Dengan begitu, hobi yang terasah bisa menjadi kelebihan yang dapat meningkatkan rasa percaya diri Si Kecil.

Beri Si Kecil Kepercayaan

Untuk meningkatkan rasa percaya diri, ibu bisa memberi Si Kecil kepercayaan. Mulailah dengan memberikan tugas sederhana, seperti membiarkan Si Kecil menyiapkan perlengkapan sekolah sendiri, memakai baju sendiri, dan sebagainya. Selain membangun rasa percaya diri, hal ini dapat membantu Si Kecil belajar mandiri. Namun, jangan lupa memberikan Si Kecil pujian setelah mereka selesai melakukan tugas tersebut.

Hindari Umpatan

Tanpa disadari, umpatan seperti “anak nakal”, “anak pemalas”, atau kata-kata umpatan lainnya bisa menurunkan rasa percaya diri Si Kecil. Jadi, daripada mengumpat Si Kecil dengan sebutan negatif, ada baiknya mengganti sebutan negatif dengan sebutan positif seperti “anak baik”, “anak pintar”, atau sebutan positif lainnya. Selain itu, hindari membanding-bandingkan Si Kecil dengan anak lainnya, karena bisa membuatnya merasa buruk tentang dirinya.

Hindari Menghukum Si Kecil

Daripada memberikan hukuman, ibu bisa mengajarkan Si Kecil tentang tanggung jawab dari kesalahan yang mereka perbuat. Bantu Si Kecil memahami bahwa kesalahan adalah bagian dari proses belajar dan perlu diperbaiki. Misalkan, jika Si Kecil tidak merapikan mainannya, jangan memarahi namun berikan contoh agar ia mau melakukan hal yang sudah menjadi kewajibannya itu.

Jika ibu memiliki keluhan dengan kesehatan Si Kecil, ibu bisa bicara ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya kapan saja dan dimana saja.

Atau, jika ibu penasaran dengan kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, ibu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Ibu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui ibu pada waktu yang sudah ditentukan. Ibu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan ibu di Halodoc. Ibu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan ibu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.