• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Sudah Berani Ikut Lomba? Ini 4 Manfaatnya!
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Sudah Berani Ikut Lomba? Ini 4 Manfaatnya!

Anak Sudah Berani Ikut Lomba? Ini 4 Manfaatnya!

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 Agustus 2022

“Ada beberapa manfaat dari mengikuti lomba 17 Agustus bagi anak. Salah satunya adalah membantu menstimulasi kecerdasan dan motorik anak.”

Anak Sudah Berani Ikut Lomba? Ini 4 Manfaatnya!Anak Sudah Berani Ikut Lomba? Ini 4 Manfaatnya!

Halodoc, Jakarta – Peringatan 17 Agustus Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 sudah di depan mata. Nah, di tahun ini, HUT kemerdekaan RI ke-77 dianggap akan berbeda bila dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya. Sebab, lomba Agustus-an kini sudah dapat dilaksanakan kembali. Namun, pelaksanaannya tetap perlu mengikuti protokol kesehatan mengingat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. 

Selain dapat memberikan kesenangan bagi banyak orang, nyatanya perlombaan pada 17 Agustus juga dapat memberikan manfaat bagi anak. Khususnya, anak usia 3-4 tahun ke atas. Penasaran apa saja manfaat tersebut? Yuk, simak informasinya di sini! 

Manfaat Lomba 17 Agustus untuk Anak 

Berikut adalah beberapa manfaat lomba 17 Agustus untuk anak: 

1. Membantu Menstimulasi Kecerdasan dan Motorik Anak 

Kegiatan lomba agustusan yang beragam dapat membantu anak untuk merangsang kecerdasan dan tumbuh kembang motorik anak. Misalnya seperti lomba memasukkan pensil ke dalam botol, balap bakiak, hingga membawa kelereng menggunakan sendok. 

Sebab, beberapa lomba tersebut membutuhkan koordinasi motorik mata, kaki, dan tangan. Semakin sering kecerdasan dan motorik distimulasi, maka semakin cepat anak dapat memiliki perkembangan kognitif yang signifikan. 

2. Melatih Anak untuk Mengambil Keputusan

Lomba 17 Agustus dapat menjadi momen untuk mengenalkan anak tentang arti menang dan kalah, serta perilaku baik menghadapinya. Nah, hal ini tentunya dapat membantu melatih anak untuk mengambil keputusan ketika ingin memenangkan lomba yang dijalani. 

3. Dapat Menjadi Ajang Sosialisasi untuk Anak

Beberapa jenis lomba Agustus-an seperti tarik tambang membutuhkan kerja sama tim. Nah, hal ini tentunya dapat menjadi kesempatan untuk melatih kemampuan anak berhubungan dengan orang lain dan lingkungan baru. Diharapkan, anak dapat menjadi pribadi yang mudah bergaul, mudah kompromi, dan dapat menghargai pendapat atau keputusan orang lain, ketika sudah beranjak besar. 

4. Mempererat Hubungan Anak dan Orang Tua

Manfaat dari mengikuti lomba Agustus-an selanjutnya adalah mempererat hubungan anak dan orang tua. Karena itu, orang tua tidak perlu ragu untuk mendampingi dan mendukung anak ketika berlomba. Hal ini tentunya dapat membuat anak menjadi semangat, karena merasa memiliki suporter yang setia mendampingi. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua 

Sebelum mendaftarkan anak ikut dalam sebuah perlombaan, sebaiknya orang tua juga memperhatikan hal-hal berikut: 

1.  Kenali karakter anak

Pikirkan apakah anak percaya diri untuk tampil di depan umum, atau ia adalah anak yang pemalu dan akan gugup ketika mengikuti lomba. 

2.  Pilih lomba yang sesuai

Pastikan untuk memilih lomba yang sesuai untuk usia dan kemampuan anak. Dengan demikian, anak akan lebih percaya diri dan menikmati mengikuti lomba tersebut. 

3.  Beri pemahaman

Jelaskan kepada si kecil mengenai peraturan lomba, durasinya, dan perlengkapan yang dibutuhkan. Memberi pemahaman dasar mengenai lomba dapat mencegah anak merasa takut atau gugup. 

4.  Mendukung penuh tanpa menuntut

Dukungan yang penuh dari orang tua akan sangat membantu anak untuk lebih percaya diri. Selain itu, berikan pengertian bahwa lomba ini bertujuan untuk memberi pengalaman dan melihat kemampuan dirinya sendiri. Bukan semata-mata hanya untuk meraih kemenangan. 

5.  Hindari membandingkan dengan anak lain

Pastikan untuk tidak membandingkan anak dengan anak lainnya untuk memicu jiwa kompetitifnya. Sebab, ibu dapat mencoba cara yang lebih efektif, yaitu memotivasi anak dengan cara memberi penghargaan dan pengakuan atas upaya terbaiknya.

6.  Bimbing anak ketika menang atau kalah

Setiap anak tentunya akan memiliki sikap berbeda terkait hasil lomba. Sebagai contoh, ada anak yang sombong ketika menang, sehingga orang tua perlu memberi pemahaman agar tidak sombong dan tetap mau mengembangkan kemampuannya. 

Itulah beberapa manfaat dari mengikuti perlombaan bagi anak. Mulai dari membantu menstimulasi kecerdasan dan motorik anak hingga mempererat hubungan anak dan orang tua. Jika ibu masih memiliki pertanyaan seputar manfaat perlombaan untuk anak, segeralah tanyakan pada psikolog. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa tanya psikolog anak tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 

Grid Health. Diakses pada 2022. HUT Kemerdekaan RI Sebentar Lagi, Kenali Manfaat Lomba Agustusan Bagi Kesehatan Anak. 
Tribun News. Diakses pada 2022. 5 Manfaat untuk Anak yang Ikut Lomba ‘Agustusan’, di Antaranya Melatih Percaya Diri dan Sportivitas.