• Home
  • /
  • Anyang-Anyangan Jadi Tanda Infeksi Saluran Kemih?

Anyang-Anyangan Jadi Tanda Infeksi Saluran Kemih?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
infeksi saluran kemih

Halodoc, Jakarta – Banyak orang mengira anyang-anyangan atau terlalu sering ingin buang air kecil adalah pertanda dari infeksi saluran kemih (ISK). Ketika seseorang mengalami infeksi saluran kemih, gejala yang sering dirasakan berupa anyang-anyangan.

Namun, tidak semua anyang-anyangan disebabkan oleh penyakit tersebut. Infeksi saluran kemih melibatkan semua organ yang ada di dalam sistem kemih, sedangkan anyang-anyangan adalah gangguan saat buang air kecil. Lengkapnya, ini perbedaan keduanya.

Baca juga: Sakit saat Buang Air Kecil, Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya

Bedanya Infeksi Saluran Kemih dan Anyang-anyangan

ISK adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra mengalami infeksi. Infeksi yang terjadi di bagian atas kandung kemih, yaitu di ginjal dan ureter, disebut juga ISK atas. Sedangkan infeksi yang terjadi pada kandung kemih bagian bawah, yaitu kandung kemih dan uretra disebut ISK bawah.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, infeksi  saluran kemih paling sering terjadi pada wanita dibandingkan laki-laki. Alasannya, ukuran uretra wanita cenderung lebih pendek, sehingga bakteri dapat masuk dengan mudah ke kandung kemih.

Sementara anyang-anyangan adalah gangguan saat buang air kecil, seperti buang air kecil hanya bisa sedikit-sedikit dan tidak sampai tuntas, serta nyeri atau rasa panas saat buang air kecil. Kondisi anyang-anyangan sering disebabkan karena infeksi saluran kemih. Salah satu gejala ISK adalah anyang-anyangan. Itulah mengapa kedua masalah kesehatan ini sering dikaitkan.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, umumnya, penyebab infeksi saluran kemih terjadi karena infeksi bakteri Escherichia coli (E.coli) di saluran kemih. Bakteri ini sebenarnya ada di saluran pencernaan, tetapi bisa masuk ke saluran kemih dengan berbagai cara dan menyebabkan infeksi.

Pada wanita, ISK bisa terjadi bila kamu tidak membersihkan daerah dubur dengan cara yang benar setelah buang air besar. Akibatnya, bakteri E.coli bisa masuk ke saluran kemih melalui lubang kencing. Bila tangan atau tisu toilet yang digunakan untuk membersihkan anus secara tidak sengaja menyentuh lubang pipis, juga bisa membuat bakteri masuk dengan mudah ke saluran kemih.

Baca juga: Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Perlu Kamu Tahu dan Waspadai

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Anyang-anyangan tidak selalu disebabkan oleh ISK, tetapi bila anyang-anyangan disertai dengan rasa nyeri saat buang air kecil, maka hampir bisa dipastikan bahwa itu merupakan tanda infeksi saluran kemih.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, pengidap infeksi saluran kemih mengalami gejala lainnya, seperti:

  • Tidak bisa menahan rasa ingin buang air kecil;

  • Setelah buang air kecil, kandung kemih masih terasa penuh;

  • Nyeri saat buang air kecil;

  • Perut bagian bawah juga terasa nyeri;

  • Pada wanita, nyeri terasa pada bagian panggul, sedangkan pada pria, nyeri terasa di bagian rektum;

  • Urine mengeluarkan bau yang menyengat;

  • Warna urine keruh;

  • Demam;

  • Mual dan muntah;

  • Meriang atau tubuh terasa dingin dan menggigil;

  • Diare.

Nah, itulah gejala-gejala infeksi saluran kemih. Jika kamu mengalami tiga dari gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Infeksi saluran kemih biasanya bisa diatasi dengan mengonsumsi antibiotik. Namun, jenis antibiotik yang diresepkan dokter tergantung pada kondisi kesehatan pengidap dan jenis bakteri yang terdapat pada urine.

Gejala-gejala infeksi saluran kemih akan hilang setelah beberapa hari mengonsumsi antibiotik. Namun demikian, pengidap tetap dianjurkan untuk meminum obat tersebut sampai habis. Bagi pengidap ISK yang sering kambuh, dokter biasanya menganjurkan untuk minum antibiotik dengan dosis rendah setiap hari selama 6 bulan atau lebih.

Baca juga: Bahaya Infeksi Saluran Kemih yang Diabaikan

Jangan khawatir, ISK dapat dicegah. Menurut National Health Service UK, membersihkan area kelamin dengan benar dapat mencegah dari penyakit ISK. Bersihkan area kelamin, khususnya wanita dari depan ke belakang. Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air minum dan  jangan lupa untuk membersihkan area kelamin setelah berhubungan intim.

Referensi:
Center for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2019. Urinary Tract Infection
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease. Diakses pada 2019. Urinary Track Infection in Adult
National Health Service UK. Diakses pada 2019. Urinary Track Infection