16 December 2017

Apa Saja Penyebab Tangan & Kaki Kesemutan? Berikut Jawabannya

Apa Saja Penyebab Tangan & Kaki Kesemutan? Berikut Jawabannya

Halodoc, Jakarta – Kesemutan adalah kondisi yang sering terjadi pada tubuh manusia, yang bisa dialami  oleh tangan maupun kaki. Kesemutan terjadi karena posisi duduk atau tidur terlalu lama pada posisi yang tidak berubah sehingga menyebabkan terganggunya sistem saraf sensorik dan menyebabkan salah satu organ tubuh seperti kebal. Namun kebanyakan kasus, area tubuh yang sering mengalami kesemutan adalah kaki.  Tanda dari kaki kesemutan yakni telapak kaki yang berasa sangat tebal atau membengkak. Bahkan sampai ada yang mengalami rasa panas seperti banyak semut yang menggigit kaki kamu.

(Baca juga: Sering Kesemutan, Tanda Adanya Penyakit ini)

Penyebab Kesemutan Sementara
Kesemutan sementara terjadi karena ada anggota tubuh yang mengalami tekanan dalam waktu lama. Kondisi ini menyebabkan pasokan darah ke saraf di daerah itu menjadi terhambat. Kaki kesemutan bisa terjadi setelah duduk bersila atau memakai sepatu terlalu kecil. Sementara tangan yang kesemutan bisa terjadi karena ketika tidur posisi kepala menindih lengan.

Karena bersifat sementara, tangan maupun kaki kesemutan bisa mereda dengan sendirinya bila kamu membebaskan kedua area tersebut dari tekanan, seperti meluruskan kaki setelah duduk bersila atau melepaskan tangan yang tertindih. Dengan begitu aliran darah akan kembali lancar. Kesemutan sementara bukan  hanya terjadi karena dua hal itu saja, melainkan bisa disebabkan oleh dehidrasi dan penyakit Raynaud. Penyakit ini berpengaruh pada pasokan darah ke area tertentu pada seperti jari-jari tangan dan kaki. Penyakit Raynaud biasanya menyerang saat pengidap sedang berada di ruangan bersuhu dingin, gelisah, atau mengalami stres.

Penyebab Kesemutan Berkepanjangan
Tangan maupun kaki kesemutan yang terjadi secara berkepanjangan biasanya berhubungan dengan kondisi kesehatan yang kurang baik, misalnya mengidap penyakit diabetes, gangguan ginjal, penyakit hati, kanker, stroke, tumor otak, ketidakseimbangan hormon, multiple sclerosis atau sklerosis ganda, atau CTS (carpal tunnel syndrome). Selain itu, obat-obatan yang sedang dikonsumsi juga bisa menjadi penyebab tangan maupun kaki kesemutan, misalnya antibiotik, obat pencegah kejang, obat-obatan kemoterapi yang digunakan untuk mengatasi kanker payudara dan limfoma, dan obat untuk penyakit HIV/AIDS.

Tangan dan kaki kesemutan biasanya bisa dikurangi  dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, seperti berhenti merokok, menghindari atau membatasi konsumsi minuman beralkohol, menghindari terpapar racun, pola makan yang sehat, rutin berolahraga, menjaga berat badan ideal, mengobati dan mengontrol penyakit kronis, seperti diabetes atau gagal ginjal.

(Baca juga: Sering Kesemutan, Tanda Masalah Kesehatan)

Kebanyakan kasus tangan dan kaki kesemutan yang terjadi bersifat sementara. Namun bila kondisi kesemutan terjadi secara terus menerus bahkan berdampak negatif, diiringi pusing, disertai kemunculan ruam, kehilangan kesadaran, kejang otot atau gejala lain yang tidak biasa, sering buang air kecil, timbul rasa nyeri di leher, tubuh terasa lemah atau tidak bisa bergerak, sebaiknya segera tanyakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan secepatnya.

Kamu bisa menanyakan kondisi tersebut pada dokter yang ada di Halodoc. Aplikasi kesehatan ini bisa menjadi jembatan bagi kamu untuk menanyakan dan berdiskusi dengan ribuan dokter ahli yang terpercaya untuk memberikan saran dan pengobatan untuk masalah kesehatan yang kamu alami melalui menu Contact Doctor. Selain itu, kamu bisa membeli keperluan obat maupun vitamin melalui menu Pharmacy Delivery yang sampai hanya dalam 1 jam. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play sekarang juga.

(Baca juga: Terlalu Ketat, Bahaya Mengincar Pemakai Celana Jeans)