Apa Tanda Penyakit Beri-Beri Harus Diperiksakan ke Dokter?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Apa Tanda Penyakit Beri-Beri Harus Diperiksakan ke Dokter?

Halodoc, Jakarta – Beri beri adalah kondisi serius dan berpotensi mengancam jiwa yang berkembang jika seseorang memiliki kekurangan tiamin yang parah. Tiamin adalah nutrisi penting yang didapatkan orang melalui makanan.

Tiamin adalah berperan dalam banyak fungsi tubuh, termasuk:

  1. Memecah karbohidrat

  2. Kontraksi otot

  3. Konduksi dalam sel saraf

  4. Menciptakan glukosa

  5. Menciptakan asam yang membantu pencernaan

  6. Kekurangan tiamin yang parah dapat mencegah tubuh melakukan fungsi-fungsi ini dengan benar.

Bagian dari apa yang membuat beri-beri berbahaya adalah tiamin tidak perlu waktu lama untuk terkuras dalam tubuh. Pada orang dengan kekurangan, adalah mungkin untuk menghabiskan simpanan tiamin dalam tubuh hanya dalam 2 hingga 3 minggu.

Ada dua bentuk utama beri-beri:

  1. Beri-beri basah, yang terutama memengaruhi sistem kardiovaskular, menyebabkan sirkulasi dan penumpukan cairan yang buruk di jaringan.

  2. Beri-beri kering, yang terutama memengaruhi sistem saraf, menyebabkan degenerasi saraf. Degenerasi biasanya dimulai pada tungkai dan lengan dan dapat menyebabkan atrofi otot dan hilangnya refleks.

Gejala Beri-Beri Dapat Bervariasi Tergantung Pada Jenisnya

Gejala beriberi basah meliputi peningkatan denyut jantung, kekurangan energi atau kelelahan yang konstan, sesak napas, bangun di malam hari karena sesak napas, bengkak di kaki.

Gejala beri-beri kering meliputi sakit umum dan sakit tubuh, muntah, sulit berjalan, kebingungan, mati rasa di tangan atau kaki, dan kelumpuhan di kaki bagian bawah. Dalam kasus defisiensi ekstrem yang jarang terjadi, beriberi dapat menyebabkan kondisi yang disebut sindrom Wernicke-Korsakoff. Sindrom ini adalah bentuk kerusakan otak akibat defisiensi tiamin parah.

Seseorang dengan sindrom Wernicke-Korsakoff dapat mengalami gejala lain, termasuk kehilangan memori atau ketidakmampuan untuk membentuk memori baru, kebingungan umum, gerakan mata yang cepat, gerakan mata tak sadar, penglihatan kabur atau ganda, kehilangan koordinasi otot, dan halusinasi.

Dokter mengandalkan tes darah dan urin untuk membantu mengukur kadar tiamin dalam aliran darah seseorang untuk mendiagnosis beri-beri. Tim medis juga akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memeriksa tanda-tanda kerusakan neurologis lainnya atau masalah dengan jantung.

Tanda-tanda kerusakan neurologis dapat mencakup kesulitan berjalan atau tetap seimbang, kurangnya koordinasi, dan refleks yang lemah. Dokter juga akan memeriksa denyut jantung seseorang dan laju pernapasan serta mencari pembengkakan pada tungkai bawah, yang dapat mengindikasikan masalah jantung.

Perawatan Beri-Beri

Tujuan pengobatan untuk beri-beri adalah meningkatkan kadar tiamin dalam tubuh. Dokter dapat merekomendasikan suplemen atau suntikan oral untuk memberikan tiamin ini, tergantung pada kesehatan keseluruhan seseorang. Mereka mungkin juga menyarankan mengambil suplemen lain untuk mendukung perawatan.

Selama perawatan, dokter juga akan melakukan pemeriksaan darah secara teratur untuk memeriksa kadar tiamin orang tersebut sampai mereka kembali normal. Seseorang mungkin perlu untuk terus mengambil suplemen thiamine dengan dosis yang lebih rendah atau melakukan perubahan pada diet mereka setelah perawatan untuk memastikan beriberi tidak terulang kembali.

Dokter juga dapat mengobati komplikasi apa pun yang timbul dari beri-beri, seperti kerusakan saraf atau jantung yang berlangsung lama. Dengan perawatan dini, kerusakan pada jantung dan sistem saraf akibat beri-beri mungkin dapat dibalik. Jika seseorang memiliki kekurangan lebih lama, beberapa gejala dapat tetap ada bahkan setelah perawatan.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai tanda-tanda penyakit beri-beri, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.