10 May 2018

Apakah Anak Ibu Mengalami Depresi? Bantu Kondisinya dengan Tips Berikut.

Apakah Anak Ibu Mengalami Depresi? Bantu Kondisinya dengan Tips Berikut.

Halodoc, Jakarta — Apakah anak ibu mengalami depresi? Meskipun ibu tidak bisa menyembuhkan depresi tersebut, ibu bisa kok mengatasi depresi pada anak ibu dengan memberikan dukungan moral dan membantu anak ibu melewati masa-masa sulit itu.

Tanyakan pada dokter mengenai tanda-tanda depresi yang bisa ibu deteksi pada anak ibu. Kalau ibu menduga anak ibu mengalami depresi, sebaiknya ibu segera membawanya ke pihak profesional. Depresi adalah penyakit mental yang serius. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah anak ibu benar-benar mengidap depresi, sebuah diagnosa resmi dari pihak profesional terpercaya pun diperlukan.

Meskipun begitu, ada kalanya anak ibu menolak untuk mendapatkan pertolongan karena berbagai alasan. Saat mereka menolak, hindari memaksa mereka. Sebaliknya, cobalah tanyakan alasannya dan carilah solusinya bersama-sama.

Remaja juga seringkali merasa tidak dimengerti oleh orang-orang di sekitarnya, termasuk orang tua. Makanya, pastikan ibu bisa mendengarkan anak tanpa menghakiminya, supaya dia merasa diterima dan berani untuk menjadi lebih terbuka. Sebelum ibu memberikan saran atau kritik, tanyakan dulu apakah anak ibu membutuhkannya atau apakah dia hanya butuh pendengar yang baik.

Setelah menemukan dokter yang tepat untuk anak, diskusikan juga cara ibu bisa membantu mengatasi depresi pada anak ibu. Ibu juga bisa mengawasi perkembangan anak melalui diskusi dengan dokter. Di luar itu, hindari bertanya terlalu banyak pada anak. Kalau mereka tidak mau bicara, ibu tidak perlu memaksa mereka. Hargailah keinginan mereka untuk diam dan biarkan mereka bicara saat mereka merasa siap.

Yang paling penting adalah bersabar. Depresi bukanlah sebuah penyakit mental yang mudah disembuhkan. Kadang penyembuhannya memakan waktu yang cukup lama. Di masa penyembuhan ini, mungkin saja ibu merasa capek menghadapi sikap anak yang kelihatannya tidak juga membaik. Bersabar ya, bu!

Kalau ibu merasa terlalu lelah, bicarakan langsung dengan dokter yang merawat anak ibu. Atau ibu juga bisa menghubungi dokter yang ada di aplikasi Halodoc dan mintalah sarannya. Melalui aplikasi ini, ibu juga bisa membeli obat/vitamin serta cek lab, lho! Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.