• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Kista Ganglion Termasuk Penyakit Berbahaya?

Apakah Kista Ganglion Termasuk Penyakit Berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Munculnya benjolan pada tubuh tentu akan membuat seseorang yang mengalaminya merasa khawatir. Namun, bagaimana jika muncul benjolan pada bagian pergelangan tangan? Jika benjolan yang muncul dapat berubah ukuran saat kamu menggerakan sendi pergelangan tangan dan tidak menyebabkan rasa nyeri, sebaiknya jangan khawatir, bisa jadi itu tanda munculnya kista ganglion pada pergelangan tangan.

Baca juga: Bagian Tubuh yang Rentan Terkena Kista

Kista ganglion merupakan salah satu kondisi di mana muncul tumor jinak pada bagian sendi. Tidak hanya pada pergelangan tangan, nyatanya kista ganglion juga rentan muncul di beberapa bagian sendi lainnya, seperti pangkal jari di sisi telapak tangan serta bagian atas ujung hari. Lalu, apakah kista ganglion termasuk penyakit berbahaya? Tidak ada salahnya untuk simak ulasannya di bawah ini.

Kista Ganglion Tidak Berbahaya

Kista ganglion, nyatanya merupakan tumor jinak yang muncul pada jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang tendon. Umumnya, benjolan yang muncul berisi cairan sendi sehingga ukurannya pun dapat berubah. Semakin besar pergerakan pada bagian sendi di mana munculnya kista ganglion, maka akan semakin cepat kista ganglion membesar.

Tidak hanya pada orang dewasa, nyatanya kondisi kista ganglion dapat muncul pada siapa saja. Benjolan dapat muncul ketika cairan sendi menumpuk dan membentuk sebuah kantung pada sendi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penumpukan cairan sendi pada tendon, seperti mengalami kondisi osteoarthritis dan juga alami cedera pada bagian sendi.

Lalu, apakah kondisi kista ganglion berbahaya? Melansir Medical News Today, kista ganglion menjadi salah satu penyakit kista yang tidak berbahaya karena tidak dapat menyebar pada organ tubuh dan tidak memicu penyakit kanker. Bahkan, beberapa kondisi kista ganglion tidak membutuhkan pengobatan karena dapat menghilang dengan sendirinya sesuai aktivitas sendi pada lokasi kista ganglion.

Baca juga: Adakah Cara Ampuh untuk Mencegah Kista?

Kenali Gejala Kista Ganglion

Tidak ada salahnya kenali beberapa gejala yang menjadi tanda dari kista ganglion agar kamu dapat mengatasi kondisi ini dengan tepat. Melansir Mayo Clinic, sebaiknya perhatikan beberapa tanda yang terkait dengan munculnya kista ganglion pada tubuh.

  1. Kista ganglion paling sering muncul pada area sendi dan pergelangan tangan. Tidak hanya itu, pergelangan kaki juga menjadi lokasi lain yang bisa menjadi lokasi munculnya kista ganglion. 
  2. Perhatikan bentuk dan ukuran benjolan yang muncul. Benjolan kista ganglion umumnya akan berbentuk bulat atau oval. Biasanya, kondisi kista memiliki diameter sekitar 2,5 sentimeter dengan ukuran yang dapat berubah-ubah. Semakin sering kamu melakukan gerakan pada sendi yang terdapat benjolan, maka akan semakin membesar ukuran dari kista ganglion.
  3. Kista ganglion juga tidak menyebabkan rasa sakit. Namun, ukuran kista yang semakin membesar nyatanya dapat berisiko untuk menekan saraf pada sekitar sendi yang mengakibatkan kamu mengalami kesemutan, nyeri, atau mati rasa.

Sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat dengan tempat tinggalmu dan lakukan pemeriksaan. Pemeriksaan lebih dini untuk mengatasi gangguan kesehatan yang kamu alami lebih cepat.

Diagnosa Kista Ganglion

Pemeriksaan fisik dilakukan untuk memastikan kondisi benjolan yang muncul. Melansir Mayo Clinic, pemeriksaan fisik dari kista ganglion sangat diperlukan untuk memastikan benjolan berisi cairan atau massa padat. Selain pemeriksaan fisik, diagnosis dengan tes pencitraan melalui X-Ray atau MRI akan dilakukan sebagai pemeriksaan lanjutan untuk memastikan kondisi kista dengan lebih detail.

Selain itu, pemeriksaan dengan metode aspirasi juga digunakan untuk memastikan cairan yang terdapat dalam kista ganglion. Caranya, dokter akan menggunakan jarum suntik dan mengambil sampel cairan dari benjolan. Cairan yang membentuk kista ganglion, nyatanya akan terlihat kental dan bening atau tembus cahaya.

Baca juga: Jangan Sepelakan 7 Gejala Kista Ini

Beberapa kondisi pada kista ganglion tidak membutuhkan pengobatan. Namun, jika kista menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman, penggunaan beberapa jenis obat-obatan akan dilakukan untuk menghilangkan rasa nyeri dan tidak nyaman yang dialami oleh pengidap kista ganglion.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Ganglion Cyst and How to Remove Them.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Ganglion Cyst.
The National Health Service UK. Diakses pada 2020. Ganglion Cyst.