10 May 2018

Apakah Pola Makan Vegetarian Aman untuk Bayi?

Apakah Pola Makan Vegetarian Aman untuk Bayi?

Halodoc, Jakarta — Kalau ibu berencana untuk memberikan diet vegetarian atau pola makan vegetarian pada Si Kecil yang masih balita atau masih bayi, boleh saja, kok! Academy of Nutrition and Dietetics dan American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa pola makan atau diet vegetarian untuk anak-anak itu sehat. Yang paling penting adalah ibu mengaturnya dengan baik, sehingga si kecil tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya untuk bisa tumbuh dengan baik.

Untuk enam bulan pertama, semua bayi perlu diberikan ASI. Kalau ASI tidak keluar atau berkurang, ibu bisa memberikan si kecil susu formula yang dilengkapi mineral. Hindari memberikan bayi susu sapi, susu kedelai, susu beras, dan susu formula buatan sendiri karena takaran protein, lemak dan karbohidratnya tidak sesuai dengan kebutuhan bayi. Hal ini bisa mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkannya untuk kesehatan dan perkembangannya.

ASI kaya akan nutrisi. Makanya, ibu sebaiknya menyusui bayi sampai umurnya sudah lebih dari satu tahun. Setelah dua belas bulan, ibu bisa mulai memberikan susu kedelai formula yang mengandung kalsium, vitamin B-12 dan D. Kalau ibu sudah berhenti menyusui sebelum si bayi berumur satu tahun, ibu tetap harus menunggu sampai si kecil berumur satu tahun sebelum ibu memberikannya susu vegan formula ini.

Para ahli tidak merekomendasikan ibu untuk memberikan bayi alternatif susu seperti susu kedelai, susu beras, atau almond sebagai minuman utama mereka di usia satu tahun. Sebab, bayi berumur satu tahun belum memiliki jumlah nutrisi yang cukup. Dikarenakan si kecil sedang dalam masa pertumbuhan, ia membutuhkan asupan gizi yang banyak. Meskipun begitu, mendapatkan nutrisi-nutrisi ini kadang tidak mudah kalau ibu mau membentuk pola makan atau diet vegetarian untuk si kecil.

Kalau ibu masih bingung atau butuh saran dari dokter ahli mengenai diet vegetarian untuk bayi ibu, ibu bisa langsung hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc ini tidak mengharuskan ibu untuk keluar rumah dan bertemu langsung dengan dokter. Kemudahannya tidak hanya itu, lho! Ibu bisa juga membeli obat dan vitamin di sini. Pesanan ibu akan diantar langsung, sehingga ibu tidak perlu meninggalkan si kecil. Selain itu, ibu juga bisa cek lab melalui aplikasi ini. Makanya, yuk, download aplikasinya di App Store atau Google Play!