• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Psoriasis Bisa Menyebabkan Rambut Rontok?

Apakah Psoriasis Bisa Menyebabkan Rambut Rontok?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Apakah Psoriasis Bisa Menyebabkan Rambut Rontok?

Halodoc, Jakarta – Tidak hanya memberikan sensasi gatal pada kulit kepala, psoriasis ternyata juga bisa menyebabkan rambut rontok. Garukan pada kulit kepala akibat psoriasis dapat memicu iritasi pada kulit kepala, sehingga menyebabkan rambut rontok. 

Sebenarnya bukan kondisi psoriasis itu sendiri yang menyebabkan rambut rontok melainkan infeksi yang dipicu oleh garukan di kulit kepala. Psoriasis kulit kepala bisa mengakibatkan gatal yang hebat, sehingga dapat memengaruhi kualitas tidur dan aktivitas sehari-hari. Selengkapnya mengenai psoriasis dan rambut rontok bisa dibaca di sini!

Psoriasis dan Rambut Rontok

Psoriasis adalah kondisi kulit menyebabkan bercak merah bersisik ataupun sisik keperakan yang membentuk plak dan berlokasi di permukaan kulit termasuk kulit kepala. Psoriasis kulit kepala bisa muncul di sebagian area kulit kepala atau malah di seluruh area. 

Baca juga: Wanita yang Stres Rentan Alami Psoriasis

Gejala psoriasis kulit pada kulit kepala dengan skala ringan bisa berupa bercak ataupun sisik halus. Sedangkan gejala psoriasis yang parah adalah: 

1. Bercak bersisik, merah, bergelombang.

2. Sisik putih keperakan.

3. Pengelupasan seperti ketombe.

4. Kulit kepala kering.

5. Gatal.

6. Rasa terbakar atau nyeri.

7. Rambut rontok.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, psoriasis kulit kepala itu tidak menyebabkan kerontokan rambut. Namun, aktivitas menggaruk yang intens dengan tekanan yang keras, serta stres yang menyertai dapat memicu kerontokan rambut sementara. Rambut bisa kembali tumbuh setelah kulit kepala bebas dari psoriasis. 

Informasi selengkapnya mengenai psoriasis dan kaitannya dengan rambut rontok, bisa ditanyakan langsung di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Penanganan Psoriasis untuk Cegah Kerontokan

Perawatan yang efektif dapat mengobati kondisi psoriasis. Food and Drug Administration merekomendasikan salicylic acid dan coal tar. Kemudian jenis bahan lain yang dinilai dapat memberikan perawatan signifikan buat kondisi psoriasis adalah:

Baca juga: Kulit Kering Bersisik, Waspada Gangguan Psoriasis

1. Anthralin.

2. Antimikroba, yang mengobati infeksi bakteri atau jamur yang bisa muncul bersamaan dengan psoriasis kulit kepala

3. Kalsipotrien, turunan kuat dari vitamin D.

4. Kalsipotrien dan betametason dipropionat (turunan vitamin D yang dikombinasikan dengan steroid yang kuat).

5. Steroid topikal lainnya.

6. Tazarotene, turunan dari vitamin A.

Bahan-bahan ini dapat ditemukan dalam bentuk krim (seperti steroid topical), minyak (seperti minyak mineral yang bisa dioleskan ke kulit kepala semalaman), semprotan (seperti clobetasol propionate/clobex), busa seperti busa steroid, sampo obat yang mengandung bahan seperti selenium atau tar.

Supaya berhasil, perawatan ini harus dilakukan di kulit kepala bukan hanya di rambut. Ikuti petunjuk dengan tepat sampai kulit kepala sembuh. Perawatannya biasa memakan waktu 8 minggu atau lebih. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Penyakit Psoriasis Dipicu oleh Alergi Telur

Setelah psoriasis hilang, kamu dapat melakukan pencegahan dengan keramas secara teratur atau dua kali seminggu dengan produk yang bahan-bahan direkomendasikan tadi. Perubahan gaya hidup tertentu dapat membantu mengobati psoriasis kulit kepala dan meningkatkan kesehatan rambut. Tentu saja dengan mengombinasikannya dengan perawatan psoriasis kulit kepala.

Perubahan gaya hidup yang dimaksud adalah:

1. Kurangi asupan alkohol. Alkohol dapat memicu flare psoriasis, membuat psoriasis kulit kepala semakin parah.

2. Kurangi tingkat stres.

3. Hindari menggaruk. Banyak orang dengan psoriasis kulit kepala akan menggaruk kulit kepala untuk menghilangkan rasa gatal atau menghilangkan sisik. Seiring waktu, hal ini bisa menyebabkan rambut rontok.

4. Berhati-hatilah dalam cuaca ekstrim. Ini pemicu umum lainnya untuk psoriasis.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Scalp Psoriasis
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Psoriasis
Healthline. Diakses pada 2020. Does Psoriasis Cause Hair Loss?