Kebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur, Bentuk Latihan, dan Manfaatnya

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Desember 2023

“Tidak hanya untuk penampilan, kebugaran jasmani dapat memberikan manfaat hebat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari tetap sehat di usia lansia, mood lebih baik, hingga meningkatkan performa seks.”

Kebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur, Bentuk Latihan, dan ManfaatnyaKebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur, Bentuk Latihan, dan Manfaatnya

Kebugaran jasmani adalah kondisi umum dan kemampuan tubuh seseorang, untuk menjalankan aktivitas fisik sehari-hari dengan efisien dan tanpa merasa terlalu lelah. 

Kebugaran jasmani mencakup berbagai aspek. Termasuk kekuatan otot, daya tahan kardiorespiratori, fleksibilitas, dan komposisi tubuh yang sehat.

Ada banyak manfaat saat memiliki tubuh yang bugar. Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat kebugaran jasmani beserta jenis olahraganya? Berikut ulasan selengkapnya. 

Apa itu Kebugaran Jasmani?

Kebugaran jasmani merujuk pada kondisi tubuh yang mampu berfungsi dengan baik dalam aktivitas fisik sehari-hari tanpa merasa lelah atau terbatas. Ini termasuk kemampuan otot-otot tubuh untuk menghasilkan tenaga fisik. 

Kekuatan ini diperlukan untuk melakukan berbagai tugas sehari-hari, seperti mengangkat barang, berjalan, dan menjalankan aktivitas fisik lainnya. Latihan kekuatan, seperti angkat beban atau senam, adalah cara untuk meningkatkan kemampuan ini.

Daya tahan tubuh juga menjadi tolak ukur kebugaran jasmani.  Ini berkaitan dengan kemampuan tubuh untuk bertahan dalam aktivitas fisik dalam jangka waktu yang lama tanpa merasa lelah. Demikian juga fleksibilitas yang  mengacu pada kemampuan sendi dan otot untuk bergerak dengan leluasa. 

Unsur atau Komponen Kebugaran Jasmani

Tubuh yang bugar dapat terlihat dari performanya dalam melakukan aktivitas dan ketahanan fisiknya. Untuk mengukur hal tersebut, ada sepuluh komponen untuk mengukur kebugaran  jasmani, yaitu:

1. Daya tahan kardiovaskular

Ini mencakup kemampuan sistem tubuh dalam memproses dan mengantarkan oksigen. Kamu memiliki kesehatan paru yang baik ketika tidak mudah lelah. 

2. Kebugaran jasmani membentuk stamina yang baik

Stamina yang baik tentu dapat meningkatkan daya tahan, kekuatan, dan ketahanan dalam melakukan aktivitas fisik.

3. Kekuatan

Misalnya, kemampuan kamu mengangkat atau memindahkan barang. Ini bisa jadi tolok ukur komponen kebugaran fisik dari sisi kekuatan.

4. Fleksibilitas

Komponen kebugaran jasmani jenis ini adalah kemampuan untuk memaksimalkan rentang gerak pada sendi tertentu. 

5. Ketahanan

Merupakan kemampuan dan kombinasi otot untuk menerapkan kekuatan maksimum dalam waktu tertentu. Contoh penerapannya seperti ketika berdiri mengantre sesuatu. 

6. Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan untuk meminimalkan waktu siklus dari gerakan berulang. Hal ini bisa terlihat dari seberapa cepat kamu menyelesaikan kegiatan tertentu yang membutuhkan kekuatan fisik.

7. Koordinasi

Kemampuan untuk menggabungkan beberapa pola gerakan yang berbeda, misalnya gerakan kepala.

8. Kebugaran jasmani melatih kelincahan tubuh

Kelincahan ini juga berarti sebagai kemampuan adaptasi dengan lingkungan. 

9. Keseimbangan

Kemampuan untuk mengontrol gerak tubuh dan keseimbangan fisik saat bergerak, baik gerakan rutin maupun tiba-tiba. Contoh nyatanya ketika berjalan di jalan yang sempit atau saat hendak menghindari jalan berlubang.

10. Akurasi

Merupakan kemampuan untuk mengontrol gerakan dalam arah atau pada intensitas tertentu sehingga bisa tepat sasaran. Contohnya seperti olahraga basket.

Mau tahu lebih jauh mengenai jenis latihan fisik untuk kebugaran jasmani? Baca di artikel ini: “Mengenal Latihan untuk Menjaga Kebugaran Jasmani”.

Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani 

Kebugaran jasmani dapat diperoleh melalui beberapa bentuk latihan. Berikut adalah jenis latihan yang bisa kamu coba untuk mendapatkan tubuh yang fit:

  • Latihan kardiovaskular (aerobik), latihan aerobik seperti berlari, bersepeda, atau berenang membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan menyehatkan jantung. Ini juga membantu membakar kalori dan meningkatkan daya tahan.
  • Angkat beban,  latihan kekuatan dengan mengangkat beban, baik itu menggunakan dumbbell, barbell, atau mesin kekuatan, membantu memperkuat otot tubuh. Ini penting untuk mengembangkan kekuatan otot dan meningkatkan metabolisme.
  • Yoga, yoga adalah latihan yang fokus pada fleksibilitas, keseimbangan, dan meditasi. Ini membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan keseimbangan. Cek di sini Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Senam Yoga? 
  • Senam, senam adalah kombinasi gerakan aerobik, kekuatan, dan fleksibilitas. Ini membantu memperbaiki postur tubuh, mengembangkan kekuatan, dan meningkatkan koordinasi.
  • Peregangan, latihan peregangan membantu meningkatkan fleksibilitas dan mencegah cedera. Ini juga membantu mengurangi ketegangan otot setelah latihan intens.
  • Latihan intervall, ini melibatkan periode intensitas tinggi diikuti oleh periode pemulihan. Ini adalah metode yang efektif untuk meningkatkan kardiovaskular dan membakar lemak.
  • Pilates, berfokus pada otot inti (core) dan memperkuatnya. Ini membantu meningkatkan postur tubuh dan mengurangi ketegangan otot.
  • Latihan kettlebell, kettlebell adalah alat berbentuk bola besi dengan pegangan yang membantu melatih otot inti, dan menggabungkan latihan kekuatan dengan kardiovaskular.
  • Bersepeda statis, latihan ini menyehatkan sistem kardiovaskular, dan membantu memperkuat otot kaki dan meningkatkan daya tahan.
  • Latihan berat badan tubuh sendiri (calisthenics), konsepnya adalah menggunakan berat badan sendiri. Jadi, bentuk latihan yang bisa dilakukan adalah push-up, pull-up, dan squat.
  • Latihan pertahanan diri, seperti muay thai, boxing, capoeira, karate, judo. Jenis latihan ini tidak hanya menyehatkan melainkan juga membantu mempertahankan diri.

Mau tahu jenis latihan lainnya yang lebih menantang? Baca di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Olahraga High-Intensity Interval Training (HIIT) untuk Kesehatan”.

Berbagai Manfaat Menjaga Kebugaran Jasmani

Menjaga kebugaran jasmani dapat meningkatkan kemampuan fisik dan ketahanan emosional. Berikut ini manfaat lainnya dari tubuh yang kuat: 

1. Berat badan yang terkontrol

Penelitian berjudul Systematic review of the health benefits of physical activity and fitness in school-aged children and youth/ menyatakan, kebugaran jasmani dapat membantu mencegah penambahan berat badan berlebih atau membantu mempertahankan penurunan berat badan.

Sebab, saat kamu melakukan aktivitas fisik, tubuh akan membakar kalori. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang akan tubuh bakar. Aktivitas fisik dalam jumlah sedang pun dapat memiliki manfaat kesehatan pada anak muda yang berisiko obesitas.

Untuk mencapai manfaat kesehatan yang spesifik, aktivitas fisik harus setidaknya dengan intensitas sedang. Olahraga juga bisa kamu lakukan di rumah. 

Baca rekomendasinya di artikel 15 Jenis Olahraga Kardio yang Bisa Dilakukan di Rumah.

2. Menurunkan risiko penyakit

Tubuh yang bugar dapat menurunkan risiko penyakit. Ini termasuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan trigliserida. Manfaat ini termuat dalam jurnal ilmiah berjudul Health benefits of physical activity: the evidence yang terbit di Canadian Medical Association Journal

Jurnal ilmiah ini menemukan bahwa fisik yang sehat melancarkan sirkulasi darah secara lebih baik. Pada akhirnya, manfaat ini dapat membantu mengurangi risiko sejumlah penyakit. Salah salah satunya seperti penyakit kardiovaskular. 

3. Membuat mood lebih baik 

Kebugaran jasmani juga dapat memengaruhi suasana hati. Sebab, aktivitas fisik atau olahraga dapat merangsang berbagai bahan kimia otak, yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia dan mengurangi rasa cemas.

4. Memberikan semangat 

Jasmani yang bugar berarti menunjukkan otot dan daya tahan tubuh yang kuat.  Olahraga memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. 

Ketika kesehatan jantung dan paru-paru dalam keadaan optimal, tandanya kamu memiliki banyak energi untuk melakukan aktivitas harian.

5. Mendapatkan tidur yang berkualitas

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu tertidur lebih cepat, teratur, dan pastinya lebih nyenyak. Namun, pastikan kamu tidak berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur. Sebab, kondisi ini justru berisiko mengganggu jam tidurmu.

6. Meningkatkan performa seks 

Kebugaran jasmani juga berkaitan dengan performa dan kualitas seks yang baik. Tahukah kamu, kalau aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan energi dan kepercayaan diri? Termasuk jenis olahraga atletik. 

Baca informasinya di tulisan 15 Macam Olahraga Atletik yang Bermanfaat bagi Tubuh

7. Hidup lebih sehat di usia lansia

Apa yang kamu lakukan dan jalani di masa muda akan menentukan bagaimana kualitas hidupmu di usia senja. Menjaga kesehatan fisik dengan menjaga kebugaran jasmani sedari muda secara proaktif membantu menjaga kesehatan secara menyeluruh. Perubahan kecil di masing-masing area ini dapat membantu mendukung penuaan yang sehat.

8. Meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan

Latihan kebugaran seperti yoga atau pilates membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dan keseimbangan. Hal ini akan membantu mengurangi risiko cedera dan membantu memperbaiki postur tubuh secara keseluruhan.

9. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Latihan fisik yang teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat kamu lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit. Ini karena aktivitas fisik dapat meningkatkan peredaran limfosit, sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi.

Itulah seputar komponen kebugaran jasmani dan manfaatnya bagi tubuh. Agar kebugaran jasmani bisa didapatkan secara optimal, pastikan kamu dan keluargamu berolahraga secara rutin. 

Untuk mengoptimalkan dan menjaga kesehatan tubuh, kamu dan keluarga juga bisa melengkapinya dengan produk kesehatan yang ada di Halodoc. Tak perlu khawatir, karena produk yang ada di Halodoc dijamin 100 persen asli. ✔️ Yuk, cek sekarang juga untuk tahu lebih lanjut!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2023. Benefits of Physical Activity.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Exercise: 7 benefits of regular physical activity.
Human Kinetics. Diakses pada 2023. What is Physical Fitness?
Crossfit.com. Diakses pada 2023. “What Is Fitness?” Part 1: 10 Physical Skills.
Canadian Medical Association Journal. Diakses pada 2023.  Health benefits of physical activity: the evidence.
International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity. Diakses pada 2023. Systematic review of the health benefits of physical activity and fitness in school-aged children and youth.
Zoe.com. Diakses pada 2023. Examples of physical activities for different fitness levels.
Better Health Channel. Diakses pada 2023. Physical activity – choosing the one for you.
Harvard Medical School. Diakses pada 2023. The 4 most important types of exercise.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan