10 Tips Agar Hubungan Asmara Jauh dari Orang Ketiga

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 April 2022

“Perselingkuhan akan terjadi jika pasangan sudah tidak memiliki keterikatan emosional. Saling support, tidak mengekang, menjaga komitmen, dan berbicara jujur jadi beberapa tips mencegah perselingkuhan.”

10 Tips Agar Hubungan Asmara Jauh dari Orang Ketiga10 Tips Agar Hubungan Asmara Jauh dari Orang Ketiga

Halodoc, Jakarta – Menjaga keharmonisan memang gampang-gampang susah.  Tanpa pengertian, hubungan kamu dan pasangan yang sudah lama terjalin serasi bisa saja retak. Apalagi bila ada kehadiran orang ketiga, menjaga hubungan asmara jadi terasa makin sulit.

Nah, kamu perlu tahu bahwa setiap hubungan asmara punya potensi hadirnya orang ketiga. Tentunya hal itu bisa disebabkan berbagai macam hal, baik yang dipengaruhi oleh pasangan atau pun dirimu sendiri. Singkat kata, kamu atau pasangan sama-sama punya potensi untuk berselingkuh dengan orang ketiga. Ingat, masalah klasik ini bisa terjadi pada siapa pun lo. 

Makanya, kamu dan pasangan perlu menerapkan berbagai strategi agar hubungan asmara tetap harmonis. Caranya memang tidak mudah, tapi tak ada salahnya kan untuk mencobanya. 

Penasaran? Berikut tipsnya:

1. Bebas, Tapi Ada Batasnya

Tips mencegah perselingkuhan yang pertama adalah membebaskan pasangan, tetapi ada batasnya. Tidak ada salahnya membebaskan pasangan untuk melakukan hal yang disukai. Namun, ingat batasannya dan jangan lupa untuk menjaga komitmen yang sudah dibuat bersama, ya!

2. Mencintai, Tanpa Mengekang

Tips mencegah perselingkuhan selanjutnya adalah mencintai tanpa mengekang. Perubahan adalah bagian integral hubungan manusia. Jadi, jangan heran kalau ini dialami oleh pasangan. Contohnya saja jika pasangan memiliki aktivitas atau hobi baru bersama teman-temannya, seperti futsal, golf, atau sekedar berkumpul bersama. Kamu tidak perlu marah, apalagi merasa dilupakan, ya.

3. Gunakan “Kita”

Penelitian dari  University of California menemukan bahwa pasangan yang langgeng, kerap menggunakan kata “kami” dan “kita” ketimbang “aku” untuk menunjuk pada diri mereka. Dengan kebiasaan bicara seperti ini, kamu dan pasangan pun jadi merasa punya rasa memiliki.

4. Pegang Teguh Komitmen

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “komitmen” berarti tindakan untuk melakukan sesuatu. Kata tersebut merupakan bentuk dedikasi atau kewajiban untuk melakukan tindakan atau hal tertentu. Nah, jika sudah memiliki komitmen dengan pasangan, jangan coba menyeleweng, ya!

5. Jaga jarak

Tips mencegah perselingkuhan selanjutnya dilakukan dengan menjaga jarak. Jika ada lawan jenis mendekatimu dengan maksud dan tujuan lebih dari berteman, segera jauhi, ya! Ini menjadi salah satu upaya yang kamu lakukan untuk menjaga komitmen dengan pasangan.

6. Ikuti Tips dan Nasihat

Jika menghadapi hal sulit terkait dengan hubungan, bicarakan dengan psikolog di Halodoc. Tidak ada salahnya lo berkonsultasi dengan ahlinya agar hubungan bisa terjalin semakin hangat. Selain berdiskusi dengan ahlinya, kamu juga bisa membaca buku yang cocok dengan keadaanmu sekarang.

7. Selesaikan Masalah Bersama-sama

Tips mencegah perselingkuhan selanjutnya dilakukan dengan menyelesaikan masalah bersama-sama. Memaafkan memang berat, tetapi harus dilakukan demi kelangsungan hubungan. Jangan biarkan masalah sampai berlarut-larut sampai bosan, karena ini awal mula perselingkuhan terjadi.

8. Saling Mendukung dan Mengapresiasi

Dukungan dari pasangan diperlukan untuk menghadapi situasi sulit. Jika tidak mendapatkannya, bisa saja pasangan mencari dukungan dengan lawan jenisnya. Langkah ini terbilang sepele, tapi sulit dilakukan. Senantiasa mendukung pasangan jadi pertanda kamu siap melanjutkan hubungan ke jenjang selanjutnya.

9. Berhenti Membandingkan Pasangan

Membandingkan pasangan dengan orang lain akan membuat kamu tidak merasa puas dengan sosok yang dimiliki. Jika terus begitu, bukan hal yang tidak mungkin jika kamu berselingkuh dengan sosok yang diidamkan. Jadi, berhenti membandingkan dan fokus saja dengan yang sudah dimiliki.

10. Selalu Berkata Jujur

Tips mencegah perselingkuhan yang terakhir dilakukan dengan berkata jujur. Komunikasi menjadi hal terpenting dalam menjalin hubungan. Jika tidak berbicara jujur, proses komunikasi akan terhambat. Hal tersebut akan menghambat pasangan dalam mencari solusi terhadap masalah yang tengah dihadapi.

Itulah tips mencegah perselingkuhan agar hubungan awet dengan pasangan. Ingat, baik tidaknya hubungan dengan pasangan dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisikmu. 

Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai informasi kesehatan mental lainnya, download Halodoc segera, ya! 

Referensi:

Lifehack. Diakses pada 2022. 10 Ways to Prevent Cheating in Relationship.
Psychology Today. Diakses pada 2022. How to Prevent Infidelity and Adultery.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan