13 Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 September 2021
13 Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah13 Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

“Spesialis jantung dan pembuluh darah adalah titel yang disematkan pada dokter yang sudah menyelesaikan pendidikan spesialis khusus, dalam hal ini terkait jantung dan pembuluh darah. Seperti istilahnya, dokter spesialis ini berperan dalam menangani penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskular, seperti serangan jantung, gagal jantung, hingga henti jantung.

Halodoc, Jakarta – Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah memiliki keahlian spesifik untuk mengobati penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah alias kardiovaskular. Sebelum bisa menjadi dokter spesialis, seorang dokter umum harus kembali menyelesaikan pendidikan spesialis sesuai dengan minat, dalam hal ini spesialisasi jantung dan pembuluh dan pembuluh darah.

Lantas, apa saja penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis ini? Kedokteran jantung dan pembuluh sebenarnya dipelajari oleh dokter spesialis penyakit dalam. Maka dari itu, terkadang kedua dokter spesialis ini akan bekerja sama untuk menangani keluhan kesehatan, terutama yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

Baca juga: Bahaya dari Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Penyakit yang Harus Ditangani Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Secara umum, dokter bertugas untuk mengatasi penyakit yang dikeluhkan oleh pasien. Namun, ada kondisi kesehatan tertentu yang harus ditangani oleh dokter spesialis. Untuk dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah, kemampuan yang dimiliki adalah pencegahan, diagnosis, dan pengobatan berbagai penyakit kardiovaskular.

Berikut ini daftar penyakit yang harus ditangani oleh dokter dengan spesialisasi tersebut:

1.       Penyakit jantung koroner;

2.       Penyakit otot jantung (kardiomiopati);

3.       Penyakit jantung bawaan;

4.       Serangan jantung;

5.       Infark miokard atau angina;

6.       Penyakit katup jantung;

7.       Penyakit aorta;

8.       Henti jantung;

9.       Gangguan irama jantung (aritmia);

10.   Tumor jantung;

11.   Penyakit pembuluh darah;

12.   Perikarditis;

13.   Gagal jantung.

Baca juga: Stres Bisa Memicu Sakit Jantung di Usia Muda, Apa Sebabnya?

Selain daftar penyakit di atas, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah juga menangani konsultasi terkait gangguan kesehatan atau gejala yang terasa pada kardiovaskular. Penyakit ini sangat mematikan, terutama jika terlambat ditangani. Maka dari itu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat dan temui dokter spesialis jantung jika mengalami gejala penyakit, seperti:

–          Sesak napas atau kesulitan bernapas,

–          Nyeri pada dada yang menjalas hingga ke punggung, lengan, dagu, dan tenggorokan,

–          Detak jantung terasa tidak beraturan,

–          Mual hingga muntah,

–          Pusing dan lemas,

–          Sering berkeringat,

–          Mudah merasa lelah, meskipun hanya melakukan aktivitas fisik yang bersifat ringan.

Baca juga: Ini 5 Fakta Henti Jantung yang Perlu Diketahui

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat. Biar lebih cepat dan mudah, gunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit terdekat yang bisa dikunjungi. Atur lokasi dan temukan rumah sakit yang menyediakan layanan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah terbaik. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!  

Itulah daftar penyakit dan keluhan yang ditangani oleh dokter spesialis penyakit jantung. Jika mengalami gejala tersebut, atau mengetahui orang yang menunjukkan tanda-tanda penyakit di atas, jangan ragu untuk segera membawanya ke rumah sakit terdekat. Semakin cepat ditangani, risiko munculnya komplikasi mematikan bisa dihindari.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
American Heart Association AHA. Diakses pada 2021. What is Cardiovascular Disease?
Harvard Health Publishing Harvard Medical School. Diakses pada 2021. Do You Need a Cardiologist?
WebMD. Diakses pada 2021. Symptoms of Heart Disease.
Heartology. Diakses pada 2021. DOKTER SPESIALIS JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan