3 Budaya Korea yang Baik untuk Diajarkan pada Anak

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   05 Juli 2018
3 Budaya Korea yang Baik untuk Diajarkan pada Anak3 Budaya Korea yang Baik untuk Diajarkan pada Anak

Halodoc, Jakarta – Saat ini Korea Selatan sedang menjadi sorotan. Mulai dari film, drama, K-Pop, bahkan budaya Korea juga sedang menjadi hal yang sangat diminati oleh kaum muda, khususnya para wanita. Namun, tidak ada salahnya jika ibu muda juga menyukai segala yang berbau Korea. Sebab, banyak sekali hal-hal positif yang bisa diambil dari kebudayaan Korea yang mungkin bisa diajarkan pada anak-anak.

Baca juga: Bukan Dekorasi Rumah, Ini Cara Didik Anak Ala 5 Orangtua Skandinavia

Ibu yang sering menyaksikan drama Korea pasti sudah mengerti banyak hal-hal positif yang bisa ditiru untuk Si Kecil. Budaya ini sering diajarkan orangtua pada anak-anak mereka dalam drama Korea. Namun tentunya, sangat baik sekali jika mengajarkan anak kita budaya yang sama.

Berikut adalah beberapa budaya Korea yang bisa diajarkan pada anak sejak dini:

 

  • Peran Keluarga yang Begitu Erat, Khususnya Kakak Beradik

 

Budaya Korea menganut sistem senior dan junior yang sangat kental, yaitu junior harus memiliki sikap sopan jika berada di depan senior. Ini yang bisa kita ajarkan pada anak sejak dini, yaitu bagaimana menghormati orang yang lebih tua, khususnya dalam hubungan kakak-beradik. Ibu bisa mengajarkan kepada kakak untuk selalu menjaga adik dalam keadaan apapun dan kakak berarti memiliki tanggung jawab lebih besar daripada sang adik. Begitu juga dengan adik, ibu bisa mengajarkan untuk selalu bersikap sopan dan hormat kepada orang yang lebih tua, khususnya kakak.

 

  • Etika saat Makan

 

Dalam setiap adegan makan bersama keluarga, budaya hormat kepada yang lebih tua juga diajarkan di dalamnya. Anak diajarkan untuk tidak mendahului orang yang lebih tua saat mengambil dan menyantap makanan di meja makan. Hal ini berperan untuk melatih kesabaran dan rasa sopan santun anak terhadap orang yang lebih tua.

Seperti pada budaya lain, mereka juga diajarkan untuk mengambil makanan secukupnya dan menghabiskan makanan untuk menghormati orang yang telah membuatkan makanan. Selain itu, mereka juga dibiasakan untuk mengucapkan selamat makan kepada orang-orang yang berada di meja makan sebelum makan.

 

  • Pantang Menyerah

 

Sejak kecil, anak-anak di Korea Selatan diajarkan untuk tidak mudah menyerah dan bekerja keras. Mereka diajarkan untuk bekerja keras dan pantang menyerah. Maka dari itu, mereka bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Ini hal positif yang bisa ibu ajarkan untuk anak agar anak juga tidak mudah putus asa ketika menginginkan sesuatu.

Saat anaknya berusaha, digambarkan orangtua akan memberikan semangat. Ibu juga bisa melakukan ini pada anak jika ingin mengajarkan anak untuk belajar pantang menyerah. Jangan lupa berikan pujian pada anak jika anak berhasil mendapatkan yang mereka inginkan dari hasil usaha mereka sendiri. Berikan ekspresi yang terbaik, misalnya tersenyum atau pelukan hangat.

Baca juga: 5 Cara Didik Anak Agar Cepat Mandiri

Setiap orangtua pasti memiliki cara sendiri untuk membuat anaknya menjadi yang terbaik. Namun, tidak ada salahnya mencoba mendidik anak dengan budaya Korea yang sangat positif ini. Jika ada keluhan dengan tumbuh kembang anak, ibu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor, ibu bisa bertanya seputar keluhan terhadap tumbuh kembang anak melalui Video/Voice Call atau Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan