• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Kebiasaan Natal Khas Masyarakat Indonesia

3 Kebiasaan Natal Khas Masyarakat Indonesia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Perayaan natal di Indonesia biasanya diisi dengan beberapa aktivitas atau kebiasaan yang menyenangkan. Dalam merayakannya, biasanya anggota keluarga akan saling berkumpul, pergi beribadah bersama, serta menikmati santapan khas hari raya Natal. Selain acara keagamaan, ternyata kebiasaan yang dilakukan selama Natal juga bisa memberi dampak kesehatan, lho!

Perayaan hari raya Natal di Indonesia biasanya akan dimulai dengan pergi ke rumah ibadah atau geraja. Namun, beberapa keluarga mungkin saja memilih untuk beribadah bersama keluarga di rumah. Setelah melakukan ibadah, anggota keluarga biasanya akan saling berkumpul dan menikmati suasana hari raya, bercengkrama, kemudian diakhiri dengan menikmati makanan yang sudah dihidangkan. 

Baca juga: 6 Perawatan Wajah Wajib Sebelum Rayakan Natal

Perayaan Natal dan Hal yang Harus Diwaspadai

Di Indonesia, beberapa tradisi biasanya akan dilakukan dalam perayaan Natal. Tidak hanya menyenangkan, tradisi Natal khas masyarakat Indonesia juga bisa memberi sederet manfaat, termasuk untuk kesehatan. Apa saja manfaat kesehatan dari kebiasaan Natal di Indonesia? 

1.Pergi ke Gereja 

Saat perayaan Natal, umat Kristen biasanya akan memulai hari dengan melakukan ibadah ke gereja. Pergi ke gereja untuk beribadah ternyata bisa memberi manfaat untuk kesehatan, lho. Sebuah studi panjang yang dilakukan Harvard University, menyebut bahwa wanita yang rutin pergi ke gereja, setidaknya dua kali seminggu, cenderung lebih panjang umur jika dibandingkan dengan yang tidak beribadah ke gereja. 

Penelitian lain juga menemukan bahwa beribadah ke gereja bisa membantu mengontrol tekanan darah serta menjaga kestabilan mental. 

2.Bertemu bersama Keluarga 

Hari raya tidak akan lengkap tanpa bertemu dan berkomunikasi dengan keluarga. Nah, hal ini nyatanya juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Menghabiskan waktu bersama keluarga bisa mempererat hubungan, memberikan perasaan bahagia, membangun kedekatan dengan anak dan anggota keluarga lain, serta memfasilitasi Si Kecil untuk saling berinteraksi. Hal ini bisa membantu melatih kemampuan bersosialisasi dan meningkatkan rasa percaya diri anak. 

Baca juga: Natal Tiba, Hindari 4 Makanan Tidak Sehat Ini

3.Konsumsi Makanan 

Natal di Indonesia juga identik dengan beragam hidangan makanan yang bisa dinikmati setelah beribadah. Jika disiapkan dengan benar dan memilih makanan yang tepat, yaitu menyajikan makanan yang kaya akan nutrisi seimbang, acara makan-makan bisa menjadi hal yang menyenangkan serta menyehatkan. 

Namun Waspadai….. 

Risiko penyakit atau kenaikan berat badan yang mungkin muncul usia perayaan natal. Sebab, Natal di Indonesia juga kerap diisi dengan hidangan yang memiliki rasa manis, seperti kue, cookies, serta permen. Jika tidak berhati-hati, hal ini bisa meningkatkan risiko serangan penyakit atau lonjakan berat badan. Belum lagi, kemungkinan hidangan utama yang biasanya disajikan, seperti daging-dagingan dan makanan berlemak. 

Saat natal, seseorang juga cenderung menjadi malas bergerak. Nah, hal itu juga bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Maka dari itu, selama merayakan natal, sebaiknya tetap waspada dan menjaga diri. Boleh saja mengonsumsi segala makanan yang dihidangkan, tetapi sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Selain itu, sempatkanlah untuk bergerak, misalnya berjalan kaki setelah makan. Pastikan juga untuk cukup minum air putih agar kesehatan tubuh senantiasa terjaga selama perayaan Natal. 

Baca juga: Tips Makan Enak Tanpa Khawatir Kolesterol Naik

Nah, cara-cara tersebut bisa dilakukan untuk mencegah serangan penyakit saat perayaan Natal. Kalau butuh obat atau produk kesehatan lain, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbelanja kebutuhan dengan mudah. Dapatkan diskon hingga 50 persen hingga Rp100 ribu untuk produk pilihan selama tanggal 25–31 Desember 2020 untuk satu kali transaksi bagi pengguna baru. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
INH. Diakses pada 2020. Harvard Study: Going to Church Boosts Health.
Center for Parenting Education. Diakses pada 2020. HOLDING FAMILY MEETINGS.
Lifehack.org. Diakses pada 2020. 12 Practical Tips To Stay Fit For Christmas.