3 Kegiatan Bermain dengan Hewan Peliharaan yang Wajib Dicoba

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   21 Januari 2021
3 Kegiatan Bermain dengan Hewan Peliharaan yang Wajib Dicoba3 Kegiatan Bermain dengan Hewan Peliharaan yang Wajib Dicoba

Halodoc, Jakarta - Bukan hanya memberikan tempat berlindung yang nyaman dan sesuai dengan kondisi hewan. Memelihara hewan merupakan komitmen dalam jangka panjang yang perlu benar-benar dijalankan agar hewan dapat hidup dengan baik. Selain memastikan kenyamanan dan kesehatan fisik, pemilik hewan juga perlu memastikan kesehatan mental hewan selalu terjaga dengan baik.

Baca juga: 3 Pilihan Mainan Terbaik untuk Anjing Kesayangan

Melakukan aktivitas fisik bersama dan memberikan perhatian menjadi hal yang perlu dilakukan agar hewan peliharaan terhindar dari kondisi stres. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah melakukan kegiatan bermain dengan hewan peliharaan secara rutin. Nah, simak ulasan kegiatan bermain dengan hewan peliharaan yang wajib dicoba dalam artikel ini!

Manfaat Bermain Bagi Hewan Peliharaan

Bukan hanya bagi manusia, nyatanya kegiatan bermain juga dapat membantu hewan peliharaan menurunkan berbagai gangguan kesehatan. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh hewan peliharaan ketika kamu rutin mengajaknya bermain. 

Bukan hanya fisik, kegiatan bermain dengan hewan peliharaan juga mampu meningkatkan kemampuan otak hewan. Dengan begitu, hewan peliharaan dapat menjadi lebih fokus dan pintar. Selain manfaat pada otak, kegiatan bermain mampu membuat hewan peliharaan bergerak lebih banyak. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan tubuh hewan.

Tidak hanya itu, kegiatan bermain dengan hewan peliharaan juga bisa meningkatkan bonding antara pemilik dan hewan peliharaan. Jadi, tunggu apalagi? Jangan ragu mengajak hewan peliharaan bermain sesuai dengan jenis hewan yang kamu miliki. 

Baca juga: Inilah Jenis Latihan yang Bisa Dilakukan Oleh Kucing

Inilah Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Bersama Hewan Peliharaan

Beragam permainan menarik mungkin bisa kamu tawarkan pada hewan peliharaan. Namun, pastikan hewan peliharaan bermain sesuai dengan kondisinya. Berikut ini beberapa kegiatan bermain dengan hewan peliharaan yang bisa kamu pilih.

1.Ajak Hewan Peliharaan Mencari Mainan Kesayangannya

Jika kamu memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, mengajaknya mencari mainan kesayangannya menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan. Selain dapat membuat hewan peliharaan bergerak aktif, kegiatan ini juga mampu meningkatkan kemampuan otak hewan untuk lebih fokus.

Bukan hanya anjing dan kucing, kamu juga bisa mengajak bermain hewan kesayangan lain, seperti burung untuk melakukan permainan ini. 

2.Bermain Bola Menjadi Pilihan Menarik bagi Hewan Peliharaan

Tentunya bagi kucing dan anjing bermain bola merupakan kegiatan bermain yang sangat menyenangkan. Kamu bisa dengan mudah mengajak hewan untuk bermain mengejar bola.

3.Siapkan Permainan dalam Kandang untuk Hewan Kecil

Kelinci atau hamster menjadi hewan peliharaan yang tentunya juga perlu kamu ajak bermain. Hewan seperti kelinci, hamster, atau marmut merupakan hewan yang sulit berkomunikasi untuk mengungkapkan perasaan. Untuk itu, sebaiknya siapkan permainan yang cocok di dalam kandang. 

Hal yang perlu kamu lakukan adalah memastikan kandang hewan kecil berada di lokasi yang nyaman. Hindari hewan kecil dari paparan langsung sinar matahari. Kondisi ini dapat memicu heatstroke pada hewan.

Itulah beberapa kegiatan bermain dengan hewan peliharaan yang bisa kamu lakukan. Pastikan kamu rutin melakukan kegiatan ini selama 30 menit setiap harinya. Selain itu, kamu bisa mengganti mainan dengan mainan yang berbeda di setiap sesi bermain untuk menstimulasi hewan peliharaan agar tertarik dengan mainan yang baru.

Baca juga: Manfaat Bayi Bermain dengan Hewan Peliharaan

Untuk mengakhiri kegiatan bermain dengan hewan peliharaan, kamu bisa memberikan makanan kesukaan sebagai treats. Kamu bisa bertanya pada dokter hewan melalui Halodoc untuk mengetahui jenis permainan dan manfaatnya bagi hewan peliharaan. Kamu bisa download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Pedigree. Diakses pada 2021. The Serious Benefits of Play.
Fetch by Web MD. Diakses pada 2021. Enriching Your Dog’s Life.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. How to Play With Your Cat.
Hartz. Diakses pada 2021. Safety Tips for Small Animal Play.
Avian Enrichment. Diakses pada 2021. Games to Play With Your Bird.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan