3 Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Pinguecula pada Mata

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Desember 2022

“Pinguecula atau bintik kuning pada mata sebenarnya tidak memerlukan penanganan dan bisa membaik dengan sendirinya. Akan tetapi, apabila tidak merasa nyaman, kamu bisa menggunakan obat tetes mata yang mengandung NSAID, operasi, atau perawatan dengan laser.”

3 Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Pinguecula pada Mata3 Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Pinguecula pada Mata

Halodoc, Jakarta – Pinguecula merupakan benjolan yang berwarna kekuningan pada mata. Tepatnya pada selaput tipis yang membungkus bagian putih mata atau konjungtiva bulbar. Meski tidak menginfeksi area kornea, benjolan ini juga dapat memicu terjadinya iritasi dan mengurangi rasa percaya diri. 

Benjolan atau bintik pinguecula akan terlihat berwarna kuning dan memiliki bentuk seperti segitiga. Bintik juga lebih sering terlihat pada bagian kornea yang letaknya tidak jauh dari hidung. Meski begitu, bintik juga bisa muncul pada bagian kornea yang lain. 

Pilihan Pengobatan Pinguecula

Beberapa kondisi menunjukkan benjolan pinguecula yang ukurannya bisa membesar. Akan tetapi, biasanya pertumbuhannya akan cenderung lebih lambat dan kondisi ini juga jarang terjadi. Meski dapat terjadi pada siapa saja, pinguecula lebih berisiko terjadi pada lansia berusia 80 tahunan.

Sebenarnya, benjolan pinguecula tidak memerlukan pengobatan medis. Sebab, gangguan mata ini bisa sembuh dan membaik dengan sendirinya. Selain itu, kondisi ini juga tidak memicu gangguan kesehatan lebih lanjut maupun masalah pada penglihatan. 

Meski demikian, apabila kamu merasakan gejala yang membuat aktivitas sehari-hari jadi terganggu, terutama pada area mata, dokter merekomendasikan beberapa pilihan pengobatan berikut ini.

1. Penggunaan obat

Pengobatan pertama bisa menggunakan obat tetes mata yang mengandung air mata buatan. Obat ini bisa membantu mengurangi gejala berupa sensasi seperti terbakar, gatal, kering, dan kemerahan. 

Selain itu, dokter juga dapat memberikan resep berupa obat salep mata untuk kondisi mata kering yang lebih parah. Bila gejala yang kamu rasakan masih belum membaik, dokter dapat mengganti resep dengan obat tetes mata dengan kandungan steroid atau NSAID. 

Obat ini bisa membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, dan rasa seperti mengganjal pada area mata.

2. Pembedahan atau operasi

Selain menggunakan obat tetes mata, dokter juga dapat memberikan pilihan pengobatan berupa operasi untuk gejala pinguecula yang tidak membaik. Biasanya, tindakan ini banyak dipilih untuk pengidap yang merasa terganggu dan tidak nyaman dengan munculnya bintik kuning. 

Setelah selesai melakukan tindakan operasi, dokter akan memakai lem tertentu untuk memindahkan jaringan konjungtiva mata yang sehat pada area tempat pengangkatan pinguecula. 

3. Fotokoagulasi dengan menggunakan laser argon

Terakhir adalah prosedur fotokoagulasi dengan menggunakan laser. Jenis laser dengan daya tinggi khusus untuk mengatasi bintik pinguecula yang tebal, sedangkan laser dengan daya rendah dapat membantu mengatasi bintik kuning yang lebih tipis. 

Prosedur fotokoagulasi terbilang aman untuk kondisi kecantikan. Selain itu, komplikasi yang mungkin terjadi setelah melakukan prosedur ini juga terbilang sangat minim.

Ketahui Cara Pencegahannya

Oleh karena bisa terjadi pada semua usia, sebisa mungkin sebaiknya kamu melakukan tindakan pencegahan pinguecula, seperti:

  • Menggunakan kacamata hitam guna membantu menghalau paparan langsung sinar matahari, kotoran, dan debu. 
  • Menggunakan obat tetes mata yang memiliki kandungan air mata buatan apabila kamu merasa kondisi mata sangat kering, perih, dan gatal. 
  • Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A yang tinggi, seperti wortel dan ikan salmon. 

Jangan ragu untuk segera bertanya pada dokter di Halodoc apabila kamu mendapati adanya bintik kuning pinguecula pada salah satu atau kedua mata. Cek dan download aplikasi Halodoc sekarang juga, gratis dari App Store dan Play Store. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Pinguecula.
MSD Manual Professional Version. Diakses pada 2022. Pinguecula and Pterygium.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What is a pinguecula?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan