• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Rekomendasi Alat untuk Mengolah MPASI Si Kecil di Rumah

3 Rekomendasi Alat untuk Mengolah MPASI Si Kecil di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Semakin bertambah usia bayi maka bayi, semakin membutuhkan asupan nutrisi. Ketika bayi menginjak usia 6 bulan, direkomendasikan untuk ibu memberikan MPASI supaya pertumbuhan bayi tetap terjaga.

Pastinya memberikan MPASI tidak boleh sembarangan, ibu perlu memperhatikan jenis makanan, tekstur, rasa, dan teknik pengolahan, sehingga bisa dicerna oleh pencernaan bayi yang belum maksimal tersebut. Lantas, alat seperti apa yang biasa diperlukan untuk mengolah MPASI Si Kecil di rumah? Simak pembahasannya di bawah ini!

Rekomendasi Alat Pengolah MPASI

Tekstur makanan bayi menginjak usia 6 bulan disarankan semi kental untuk itu pengolahan yang tepat dan penggunaan alat yang baik sangat menjadi penentu. Berikut ini adalah rekomendasi alat untuk mengolah MPASI.

Baca juga: Resep MPASI untuk Bayi Usia 6-8 Bulan

1. Slow Cooker

Slow cooker adalah alat masak yang baik untuk mengolah MPASI. Ibu tinggal memasukkan semua bahan makanan dan menuangkan air sesuai takaran lalu alat dihidupkan. Jangan lupa memasang timer supaya ibu tahu kalau proses mengolah makanan sudah selesai. Slow cooker direkomendasikan karena selain membuat ibu bisa mengerjakan hal lain, sehingga proses kematangan makanan juga merata. 

2. Kukusan

Sebenarnya mengolah makanan MPASI dengan cara dikukus juga bisa jadi pilihan. Toh peralatan makanan pendukung untuk mengukus seperti panci umumnya tersedia di dapur para ibu. Hanya saja perhatikan jenis makanan yang dikukus, tidak semua makanan dapat mengalami kematangan yang sama. Misalnya, untuk mengukus daging ayam membutuhkan waktu lebih lama ketimbang mengukus tahu.

3. Blender

Pilihan rekomendasi alat untuk mengolah MPASI Si kecil adalah blender. Blender menjadi alat yang bagus digunakan karena menjawab kebutuhan tekstur makanan bayi, yaitu semi kental. Pastikan setelah memblender bahan makanan ibu menyaringnya terlebih dahulu.

Ini dikarenakan supaya makanan yang dikonsumsi bayi lebih mudah untuk diolah oleh sistem pencernaannya. Pastikan jenis saringan yang digunakan terbuat dari besi atau jenis bahan lain yang tahan karat. Supaya tidak menimbulkan risiko pada bayi.

Baca juga: Pentingnya Tekstur Makanan dalam Pemberian MPASI

Informasi selengkapnya mengenai alat yang direkomendasikan untuk mengolah MPASI bisa ditanyakan ke aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

MPASI Penting untuk Cegah Malnutrisi

Nutrisi yang tepat sangat penting untuk kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan Si Kecil. Ketika anak tidak makan atau mendapatkan kalori yang cukup dan nutrisi yang tepat, dapat meningkatkan risiko kesehatan kedepannya, salah satunya adalah malnutrisi.

Malnutrisi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, dan memperlambat proses penyembuhan. Berikut ini lima tanda peringatan yang harus ibu ketahui yang dapat menunjukkan gejala malnutrisi:

1. Penurunan Berat Badan

Anak-anak menambah berat badan dengan laju yang berbeda. Jika anak mengalami kesulitan menambah berat badan atau kehilangan berat badan, sekarang saatnya untuk berbicara dengan dokter. 

2. Tidak Bertumbuh 

Setiap anak berbeda dan anak harus mempertahankan laju pertumbuhannya sendiri. Jika ibu merasa anak tidak mengalami pertumbuhan sebagaimana mestinya, ini bisa menjadi pertanda kekurangan gizi.

3. Frekuensi Makan Kurang dari Biasa

Perhatikan bagaimana anak makan. Jika mereka hanya menggigit atau mengambil beberapa gigitan sebelum mendorong makanan, mereka mungkin berisiko mengalami kurang gizi. 

4. Tidak Makan dengan Baik karena Masalah Perut

Jika anak mengalami masalah perut, mungkin sulit bagi mereka untuk makan dengan baik. 

5. Kurang Aktif 

Anak-anak tumbuh dan belajar hal-hal baru setiap hari. Jika anak memiliki tingkat aktivitas yang lebih rendah dari biasanya atau tidur lebih dari biasanya, segera konsultasikan dengan dokter.

Referensi:
Ibupedia.com. Diakses pada 2020. 9 Rekomendasi Alat MPASI untuk Bayi 6 Bulan.
Feeding Matters.org. Diakses pada 2020. FIVE WARNING SIGNS THAT YOUR CHILD IS MALNOURISHED.