4 Cara Agar Tetap Bahagia di Hari Tua

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   17 April 2018
4 Cara Agar Tetap Bahagia di Hari Tua4 Cara Agar Tetap Bahagia di Hari Tua

Halodoc, Jakarta – Untuk sebagian orang, menginjak usia 50-an ke atas adalah hal yang cukup menakutkan dan mencemaskan, sebab banyak sekali hal-hal yang senantiasa berubah. Harus diakui kamu tidak lagi memiliki kondisi kesehatan sebaik masa muda. Kamu menjadi lebih cepat lelah, pikun, atau bahkan mulai merasakan keluhan-keluhan kesehatan.

Meski begitu, kamu harus segera berhenti mengeluh akan kondisi fisik yang semakin menurun. Mulailah untuk menikmati yang kamu miliki sekarang, dan besyukurlah bahwa kenyataanya tidak banyak orang yang dapat menikmati hari tua dengan kondisi yang baik.

Jika kamu sudah menerapkan pola hidup sehat sejak muda, masa ini adalah waktunya kamu menuai hasil jerih payahmu tersebut. Terbukti di negara-negara maju, kita dapat menemui banyak lansia yang masih sehat, berumur panjang dan produktif.

Untuk tetap sehat dan bahagia memasuki usia tua, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar masa tuamu dapat dilewati dengan menyenangkan.

Menjaga Kehidupan Sosial

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Psychological Association mengungkapkan bahwa memiliki kehidupan sosial yang baik dan memprioritaskan aktivitas sosial mampu menekan penurunan kesehatan lansia. Hal ini dapat kita jadikan pengingat bahwa mempertahankan pertemanan dalam kondisi apapun dan menjalin pertemanan baru adalah hal yang penting sebagai bekal di hari tua. (Baca juga: Kesepian Bisa Menurunkan Kesehatan, Kok Bisa?)

Tetap Aktif

Saat usia sudah tidak lagi muda, perasaan seperti tidak lagi berguna lagi bisa jadi akan muncul. Begitu juga perasaan sesal karena tidak dapat lagi dengan mudah melakukan kegiatan seperti dulu. Pikiran seperti ini harus segera kamu buang. Alihkan perhatian kamu dengan tetap aktif melakukan berbagai kegiatan. Jangan batasi diri kamu hanya pada karir, keluarga, dan pasangan. Kamu harus tetap mengekspresikan diri kamu di luar itu semua agar muncul perasaan puas terhadap diri sendiri dan bahagia. Kamu juga harus tetap ingat bahwa kebahagiaan akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta menjauhkan kamu dari perasaan cemas dan depresi.

Memiliki Tabungan dan Pendapatan Pasif

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kondisi finansial yang mencukupi saat usai tua adalah salah satu bekal utama. Kamu tidak perlu merasa sungkan saat harus meminta bantuan kepada anak, karena dengan memiliki tabungan yang cukup, anak tidak akan merasa terbebani. Untuk mendapatkan kondisi finansial yang baik ini, kamu harus mulai menabung sejak muda. Selain itu, kamu juga harus segera memulai bisnis menguntungkan sebagai pendapatan pasifmu. (Baca juga: Tak Hanya Uang, Tabungan Tulang Juga Penting)

Tetap Berolahraga dan Menjaga Asupan Gizi

Poin inilah yang paling penting diantara semuanya untuk tetap merawat kesehatan di hari tua. Kamu harus tetap berolahraga rutin meskipun kondisi fisikmu tak lagi prima. Namun pilihlah jenis olahraga yang ringan seperti yoga, pilates, tai chi, atau senam kebugaran. Selain itu, menjaga asupan gizi yang baik juga sangat penting. Hindari mengonsumsi makanan instan, gorengan, dan minuman beralkohol. Buat kamu yang merokok, pikiran segera untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Perbanyak makan sayur hijau dan buah serta vitamin untuk menjaga tubuh kamu selalu prima.

Walaupun terasa berat, proses penuaan memang tidak dapat dihentikan. Semakin hari, kamu akan merasakan perbedaan kemampuan fisik yang kamu miliki, sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak melakukan pola hidup sehat. Apabila kamu punya pertanyaan lebih lanjut mengenai hal ini, tanyakan saja langsung lewat Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan