4 Cara Ampuh untuk Mencegah Pinguecula pada Mata

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Desember 2022

“Faktor risiko munculnya pinguecula adalah paparan sinar UV dari matahari. Maka itu untuk mencegahnya, kamu perlu mengenakan kacamata hitam, alat pelindung mata, dan mengenakan topi saat berada di luar ruangan.”

4 Cara Ampuh untuk Mencegah Pinguecula pada Mata4 Cara Ampuh untuk Mencegah Pinguecula pada Mata

Halodoc, Jakarta – Pinguecula adalah lapisan bening yang menutupi bagian putih mata atau konjungtiva mata. Lapisan tersebut terdiri dari beberapa hal, seperti lemak, kalsium, atau protein. Awalnya, ukuran pinguecula mungkin kecil dan hampir tidak terlihat. Namun, seiring waktu ukurannya bisa membesar. 

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan pinguecula. Namun, ahli melihat bahwa kemunculannya berhubungan dengan paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlangsung selama beberapa bulan atau tahun. Untungnya kondisi tersebut tidak serius, meski begitu beberapa orang tetap merasa terganggu.

Lantas, bagaimana cara efektif mencegah pinguecula?

Cara Efektif Mencegah Pinguecula

Para ahli meyakini bahwa ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan tumbuhnya pinguecula, yaitu:

  • Bekerja di luar ruangan.
  • Menghabiskan sebagian besar waktu di luar ruangan. 
  • Terpapar sinar UV dalam waktu lama.
  • Sering terpapar angin dan debu.

Karena tampaknya sinar matahari menjadi faktor risiko yang paling memicu munculnya pinguecula, maka kamu perlu melindungi mata dari sinar matahari. Melindungi mata dari sinar UV  juga dapat mencegah masalah mata lainnya, seperti katarak dan kanker mata.

Berikut ini beberapa cara efektif untuk mencegah munculnya pinguecula:

1. Mengenakan kacamata hitam

Pastikan selalu mengenakan kacamata hitam selama berada di luar ruangan dan terpapar sinar UV. Pilihlah kacamata hitam yang dapat menghalangi sinar UV sebanyak 99 hingga 100 persen. 

2. Mengenakan topi

Mengenakan topi bertepi lebar juga dapat menghalangi sinar matahari dari wajah dan mata. Pastikan untuk selalu mengenakan topi saat berada di luar ruangan atau di pantai. 

3. Gunakan alat pelindung mata

Jika kamu memiliki pekerjaan yang berisiko yang mengharuskan selalu berada di luar ruangan dan di tempat berdebu, maka gunakanlah alat pelindung mata. Dengan begitu mata tidak hanya terlindungi dari paparan matahari, tapi juga debu dan kotoran yang dapat menyebabkan iritasi mata. 

4. Rawat mata kering

Jika kamu memiliki mata yang cenderung kering, maka gunakan obat tetes mata yang dapat menjaga mata tetap terlumasi. Kamu bisa bertanya pada dokter tentang obat yang tepat untuk merawat mata kering. Kemudian teteskan obat mata setiap mata terasa kering, atau gunakan obat sesuai anjuran dokter. 

Bisakan Pinguecula Diobati?

Pinguecula biasanya tidak memerlukan pengobatan, meski begitu keberadaannya tidak bisa hilang dengan sendirinya. Jika pertumbuhan pinguecula menyebabkan gejala yang mengganggu, kamu bisa mengobatinya dengan obat bebas resep ataupun resep. Sementara itu, prosedur operasi juga bisa dilakukan jika pinguecula menyebabkan iritasi mata yang parah atau menyebabkan masalah estetika.

  • Obat bebas resep. Obat tetes mata dapat mengelola gejala seperti mata kering, sensasi terbakar, dan gatal. Obat tetes mata bebas resep bekerja seperti air mata alami untuk membantu melumasi mata kering. 
  • Salep mata. Obat ini lebih tahan lama dibandingkan obat tetes. Maka itu, salep mata mungkin lebih cocok untuk kondisi mata kering yang tingkatnya lebih parah. 
  • Obat resep. Jika obat bebas resep tidak bekerja dengan baik, dokter dapat merekomendasikan resep obat tetes mata. Obat tetes mata dari dokter biasanya mengandung steroid yang dapat mengatasi pembengkakan dan peradangan. Dengan begitu kondisi mata bisa jadi lebih nyaman.
  • Operasi. Prosedur operasi sering kali menjadi pilihan jika obat bebas resep dan resep tidak membuat gejala pinguecula terasa membaik. Operasi juga sering dipilih untuk menghilangkan tampilan pinguecula yang sudah tampak mencolok karena alasan estetika. 

Itulah yang perlu diketahui tentang cara ampuh mencegah pinguecula. Jika kamu memiliki kondisi serupa dengan gejala yang membuat penglihatan tidak nyaman, sebaiknya segera kunjungi dokter spesialis mata. Kamu juga bisa membuat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Pinguecula
WebMD. Diakses pada 2022. What to Know About Pinguecula
Med India. Diakses pada 2022. Pinguecula
Medical News Today. Diakses pada 2022. What is a pinguecula?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan