4 Cara Berpikir Positif pada Pasangan Usai Diselingkuhi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Agustus 2022

“Memang, sulit untuk dapat berpikir positif pada pasangan setelah mendapatinya berselingkuh. Ternyata, ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin memulai kembali, salah satunya mengetahui penyebab pasangan berselingkuh.”

4 Cara Berpikir Positif pada Pasangan Usai Diselingkuhi4 Cara Berpikir Positif pada Pasangan Usai Diselingkuhi

Halodoc, Jakarta – Perselingkuhan adalah sesuatu yang tidak mudah untuk dimaafkan. Hal ini dapat menimbulkan sakit hati hingga trauma pada pasangan yang dikhianati. Meski begitu, beberapa orang tetap berusaha mempertahankan hubungannya, akibat satu dan lain hal.

Memang tidak mudah untuk berpikir positif pada pasangan yang pernah selingkuh, terlebih jika sudah terjadi beberapa kali. Jika ingin tahu cara agar tidak mudah curiga meski sudah pernah dikhianati, cobalah terapkan beberapa cara ini.

Cara Berpikir Positif Setelah Diselingkuhi

1. Ketahui Penyebab yang Mendasarinya

Selingkuh bisa terjadi akibat perilaku tertentu pada diri kamu atau pasangan. Meski tidak dibenarkan, perselingkuhan bisa terjadi karena perasaan yang tidak divalidasi secara emosional atau kebutuhan emosi tidak terpenuhi.

Kebutuhan emosional membuat seseorang merasa dihargai dan dicintai oleh pasangannya. Jika tidak terpenuhi, bisa jadi pasangan mengejar orang lain untuk memenuhi kebutuhan emosionalnya.

2. Berkomitmen untuk Berhenti

Saat pasangan yang selingkuh sudah berkomitmen untuk berhenti, cobalah untuk berpikir positif. Dengan menghentikan hubungan dengan selingkuhannya, perasaan nyaman dan kepercayaan tentu bisa timbul kembali.

Tentunya setelah itu pasangan perlu berjanji tidak mengulanginya lagi. Pastikan untuk membuat batasan bersama dan standar yang perlu diikuti, terutama oleh seseorang yang berselingkuh. Hal ini dapat membantu seseorang untuk membangun kembali kepercayaannya.

3. Terbuka dalam Segala Hal

Untuk membangun kepercayaan dan penyembuhan, cara yang perlu dilakukan adalah terbuka dalam semua hal. Dengan cara ini, seseorang yang diselingkuhi dapat berpikir positif, sehingga bisa menaruh lagi kepercayaannya.

Sangat penting untuk mengungkapkan emosi yang sebenarnya terkait situasi yang dirasakan. Cobalah untuk menghabiskan waktu bersama kembali, seperti pergi kencan, menonton film, atau sekedar menghabiskan waktu bersama. Cara ini terbilang ampuh untuk membangun kembali kepercayaan, serta dapat berpikir positif tentang pasangannya.

4. Mencari Konseling Pernikahan

Alternatif lainnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan pasca diselingkuhi, yaitu dengan bantuan konseling pernikahan. Para terapis membantu dalam mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya.

Setelah alasannya diketahui, membicarakan kebutuhan emosional dan bentuk komunikasi juga diperlukan. Konseling juga dilakukan untuk membangun rasa percaya, serta menimbulkan pikiran yang positif pada pasangan yang selingkuh.

Jika sedang alami masalah terkait perselingkungan, atau ada kemungkinan ini terjadi, cobalah untuk proaktif mencari cara untuk menyelesaikannya dengan pasangan. Terkadang, menemukan kembali api-api asmara pasca selingkuh adalah sesuatu yang memungkinkan.

Tingkat kepercayaan dalam suatu hubungan mungkin sulit berubah setelah alami perselingkuhan. Namun, masalah ini bisa terlewati jika seseorang yang diselingkuhi mau berusaha untuk memaafkan. Tentunya, seseorang yang selingkuh tidak mengulangi lagi perbuatannya.

Itulah pembahasan mengenai cara untuk berpikir positif pada pasangan pasca diselingkuhi. Jika masih ingin merajut kembali hubungan yang ternoda ini, cobalah untuk melakukan semua hal yang disebutkan. Diharapkan setelahnya sikap terbuka dari keduanya menjadi lebih baik.

Jika masih memiliki pertanyaan terkait cara agar bisa berpikir positif pasca diselingkuhi, psikolog dari Halodoc bisa membantu melalui fitur tanya dokter. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja. Makanya, gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Biltmore Psychology and Counseling. Diakses pada 2022. 5 Ways to Repair Your Marriage After Cheating.
Insider. Diakses pada 2022. A relationship expert believes couples can be stronger after cheating, but there are 4 important steps to rebuilding trust again.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan