• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Gerakan Olahraga untuk Mata Sehat

4 Gerakan Olahraga untuk Mata Sehat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk bekerja di depan komputer? Ini bahkan belum termasuk kebiasaan kamu berlama-lama menatap layar smartphone dan televisi. Jika dijumlahkan, mungkin kamu menghabiskan lebih dari 12 jam menatap layar yang ternyata bisa mengancam kesehatan mata kamu, lho.

Sebenarnya, mata merasa lelah namun karena terlalu fokus dan asyik kamu jadi tidak menyadarinya. Mengantuk seringkali dianggap salah satu tanda bahwa mata sedang lelah, padahal mata lelah memberikan tanda lain yang seringkali diabaikan. Padahal, mata lelah enggak boleh diabaikan begitu saja, penanganan yang tepat terhadap mata lelah dapat membantu kamu terhindari dari penurunan kualitas melihat. Atau dampak terburuknya kehilangan penglihatan.

Saat ini, pengaruh mata lelah yang paling umum adalah penurunan fungsi penglihatan. Misalnya tiba-tiba saja pandangan menjadi buram sehingga kamu membutuhkan kacamata. Atau jika kamu memang pengguna kacamata, tiba-tiba kamu memerlukan kacamata baru karena penglihatan kian menurun.

Inilah alasan mengapa mata kamu butuh olahraga. Jangan kira olahraga hanya untuk fisik dan kesehatan tubuh saja. Sebagai bagian tubuh yang besar fungsinya, mata punya jenis olahraga sendiri yang yang bisa kamu lakukan secara rutin setiap hari. Manfaat dari olahraga mata ini adalah dapat membuat otot mata terlatih lebih baik sehingga enggak mudah lelah, tidak pusing, mata kabur dan kamu pun bisa lebih fokus bekerja.

Yuk, coba lakukan olahraga mata berikut ini. Kamu enggak berlu bergerak dari kursi, cukup duduk dan ikuti instruksinya dengan baik, ya.

1.  Lirik kanan kiri
Bukan untuk bertindak genit, melirik adalah langkah pertama olahraga mata. Mulai berkedip beberapa kali kemudian melirik ke kanan dan kiri tanpa menolehkan dan menggerakkan kepala. Tahan lirikan ke kanan selama lima detik dan lakukan lirikan ke kiri juga selama lima detik. Ulangi kegiatan ini sebanyak lima kali, ya.

2.  Lirik atas bawah serong
Selanjutnya kamu bisa mengganti lirikan ke arah atas dan bawah dan serong ke kanan bawah atas dan kiri bawah atas secara bergantian. Tahan di masing-masing lirikan selama lima detik kemudian ulangi selama lima kali hitungan.

3.  Melihat ke atas
Sekarang coba arahkan bola mata ke atas tanpa mendongakkan kepala ke atas. Tahan tatapan mata ke atas ini selama lima detik kemudian berganti melihat ke bawah selama lima detik. Ulangi gerakan mata ini sebanyak lima kali, ya.

4.  Putar bola mata
Gerakan olahraga mata selanjutnya adalah membuat bola mata bergerak memutar ke atas, kanan bawah kiri. Lalu ulangi ke arah sebaliknya sebanyak lima hitungan. Kamu bisa melakukan gerakan ini sambil memejamkan mata lalu ulangi dengan membuka mata.

5.   Pandangan ke depan
Terakhir kamu bisa mengerjap-kerjapkan mata sejenak. Caranya pejamkan mata dengan kuat, lalu buka lebar. Kemudian coba lihat benda dekat, agak jauh dan jauh. Olahraga ringan ini bisa membuat mata segar dan terasa ringan.

Jika sudah rutin melakukan olahraga mata, kamu juga mesti memenuhi asupan vitamin A yang dibutuhkan mata. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A misalnya wortel, bayam, salmon, alpukat, dan masih banyak lagi. Buat sebagai olahan makanan seperti salad atau jus buah yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Apabila kamu butuh bicara dengan dokter tentang masalah kesehatan yang kamu alami, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan seperti suplemen dan vitamin melalui Halodoc. Pesanan kamu akan diantar dalam satu jam ke tempat tujuan. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.